13 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

oleh
Cara Mengobati Gusi Bengkak
Sumber image : Adasehat.net

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang – Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh gigi yang berlubang dan kemasukkan kuman sehingga menimbulkan iritasi dan menyebabkan pembengkakan. Gusi yang bengkak rasanya sangat sakit bahkan akan sangat mengganggu anda pada saat makan dan berbicara. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengobati gusi yang bengkak.

CARA MENGOBATI GUSI BENGKAK KARENA GIGI BERLUBANG

 

1.Kumur Air Garam

Kumur Air Garam

Gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi berlubang memang sangat menjengkelkan dan juga mengganggu aktivitas anda. Saat makan dan berbicara pun menjadi sulit anda lakukan karena saat mulut digerakkan akan terasa sangat sakit. Anda dapat mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak ini dengan cara berkumur menggunakan larutan air hangat dan juga garam dapur halus.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Mengeras

Di dalam garam terdapat kandungan yang bersifat alami dan dapat membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di dalam rongga mulut dan gusi.

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah kuman yang ada di dalam rongga mulut ini menempel pada gigi berlubang anda dan menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat.

Cara memanfaatkan garam dapur ini sangat mudah, anda tinggal melarutkan garam di dalam air hangat kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur secara rutin. Gusi bengkak anda akan segera kempis setelah rutin melakukan cara ini.

2. Kumur Air Baking Soda

Kumur Air Baking Soda

Cara mengobati gusi bengkak yang satu ini juga sangat mujarab dan pastinya menggunakan bahan-bahan alami yang bisa anda manfaatkan di sekitar anda. Anda bisa memanfaatkan baking soda yang biasa terdapat di dapur anda untuk membuat ramuan penyembuh gusi bengkak ini.

Baca Juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Caranya cukup mudah anda tinggal melarutkan baking soda ke dalam air hangat lalu gunakan ramuan ini untuk berkumur-kumur. Ramuan tradisional ini memiliki khasiat yang baik untuk membantu membunuh kuman dan juga bakteri yang menjadi penyebab gusi bengkak. Berkumurlah secara teratur dengan larutan ini agar gusi bengkak anda segera sembuh.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih untuk menghilangkan jerawat
Image : Pixabay

Dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak maka produksi air liur di dalam rongga mulut pun akan meningkat. Dengan begitu kuman-kuman yang terdapat di dalam rongga mulut akan mati dan gusi bengkak anda dapat kembali normal.

Air putih selain memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh ternyata juga baik untuk mencegah gusi bengkak yang biasanya datang secara mendadak.

4. Memijat Gusi Anda

Memijat Gusi Anda

Cara ini sangat efektif untuk mengurangi bengkak pada gusi anda. Dengan memijat gusi maka aliran darah di dalam gusi anda akan semakin lancar dan proses penyembuhan gusi bengkak anda dapat semakin cepat.

Cara melakukannya adalah dengan memijat gusi anda dengan jari, lakukan gerakan melingkar. Cara ini adalah yang paling praktis dan efektif namun sebelum anda melakukannya anda harus memastikan bahwa tangan anda bersih dari kuman dan bakteri, karena jika tidak maka anda hanya akan memperparah kondisi gusi anda.

5. Mengubah Pola Makan Harian

Mengubah pola makan adalah salah satu cara yang tepat untuk mengobati gusi bengkak anda karena dampaknya akan lebih jangka panjang.

Hindari makanan-makanan yang dapat menempel di gusi seperti roti dan biskuit. Serta tingkatkan makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti buah-buahan da sayuran segar. Dengan asupan vitamin C yang cukup, masalah gusi bengkak dapat selesai dengan mudah dan cepat.

6. Menyikat Gigi Secara Teratur

menggosok gigi dan lidah
Image : Pixabay

Jika anda rutin menyikat gigi setiap setelah makan dan sebelum tidur maka resiko terkena gusi bengkak karena gigi yang berlubang dapat ditekan.

Kebiasaan baik ini sangat baik untuk membuang sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan gusi yang akhirnya dapat menyebabkan pembusukan dan menjadikan gigi anda sakit serta gusi anda membengkak. Lakukan kebiasaan baik ini sejak dini supaya anda terhindar dari masalah gigi apapun.

7. Menggunakan Cengkeh

Menggunakan Cengkeh
Sumber Image : hellosehat.com

Zat-zat yang terkandung di dalam cengkeh sangat baik untuk membunuh bakteri yang hidup di dalam rongga mulut. Cengkeh memiliki sifat anestesi yaitu dapat menyembuhkan luka dan juga mempunyai kandungan yang baik seperti anti bakteri, anti oksidan dan juga anti inflamasi.

Cara memanfaatkan cengkeh untuk menyembuhkan gusi bengkak cukup mudah, anda tinggal membeli sebotol minyak cengkeh yang banyak dijual di apotek. Teteskan minyak cengkeh pada 1/2 gelas air putih lalu gunakan larutan tadi untuk berkumur. Atau anda juga dapat meneteskan minyak cengkeh ke atas kapas atau cotton bud lalu langsung menempelkannya di daerah gusi yang membengkak.

8. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terkandung vitamin C yang sangat tinggi dan hal ini sangat baik untuk membantu meredakan sakit akibat gusi bengkak. Cara memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat gusi bengkak cukup mudah anda tinggal meneteskan perasan air jeruk nipis ke daerah gusi yang membengkak. Memang rasanya sangat sakit di awal namun dengan segera gusi anda akan normal kembali.

9. Bawang Putih

Di dalam bawang putih terkandung zat antiseptik atau zat anti mikroba. Zat inilah yang sangat berguna untuk mengobati gusi bengkak. Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengobati gusi bengkak cukup mudah, anda tinggal menghaluskan satu siung bawang putih lalu tempelkan bawang putih halus tadi pada daerah gusi yang membengkak. Lakukan terapi ini hingga gusi anda menjadi normal lagi.

10. Lada

Lada
Sumber image : rumahmesin.com

Bahan berikutnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak adalah lada. Cara memanfaatkan lada untuk mengobati gusi bengkak juga sangat mudah, anda cukup mencampurkan lada bubuk dan sedikit garam, lalu tuang sedikit air hangat dan dicampur hingga menjadi seperti krim kental. Oleskan ramuan ini pada bagian gusi yang bengkak. Lakukan cara ini secara rutin supaya gusi anda lekas sembuh.

11. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji
Sumber image : www.go-dok.com

Daun jambu biji ternyata juga memiliki manfaat yang baik sebagai penyembuh gusi bengkak. Cara memanfaatkannya cukup mudah anda tinggal memetik beberapa daun jambu muda lalu haluskan hingga halus.

Setelah halus aplikasikan daun jambu biji tadi ke daerah gusi yang membengkak. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar gusi cepat mengempis.

12. Biji Alpukat

Alpukat
Image : Pixabay

Siapa yang sangka jika biji alpukat ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan gusi bengkak. Caranya cukup mudah anda harus menjemur biji alpukat di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering lalu sangrailah biji alpukat ini hingga benar-benar kering.

Setelah itu biji alpukat kering tadi ditumbuk hingga halus lalu setelah itu bubuk biji alpukat ini bisa langsung digunakan untuk mengobati gusi bengkak dengan cara dioleskan secara langsung ke daerah gusi yang membengkak.

13. Cabe Rawit

Cabe Rawit
Sumber image : budidayacabe.ptnasa.net

Bahan makanan yang biasa dimanfaatkan sebagai pemberi rasa pedas ini ternyata juga baik untuk mengobati gusi bengkak. Hal ini dikarenakan di dalam cabe rawit terkandung senyawa capcasain yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi bengkak dan pada gigi berlubang.

Caranya cukup mudah, anda tinggal menarub cabe rawit ke dalam air panas kemudian celupkan kapas ke dalam air rendaman cabe rawit tadi kemudian tempelkan kapas tadi ke bagian gusi yang bengkak dan sakit.

Demikianlah beberapa cara untuk mengobati sakit akibat gusi bengkak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *