3 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik

oleh -58 views
3 Cara Menghemat Biaya Tagihan Listrik
Image : Pixabay

Tanpa kita sadari bahwa ketersediaan listrik saat ini mulai terbatas, sementara penggunaan listrik itu sendiri tidak bisa kita hentikan secara total berdasarkan kebutuhan sehari-hari. Penggunaan energi listrik di setiap rumah biasanya selalu menerapkan pemakaian yang tidak benar, sehingga efeknya terasa berat setelah mengetahui tagihan listrik di akhir bulan membengkak. Selain pemasangan alat penghemat listrik terbaik dari beberapa jasa perlistrikan, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar biaya tagihan listrik tetap stabil

  1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Ketika selesai menggunakan peralatan yang menggunakan daya listrik, sebaiknya jangan dibiarkan menempel pada saklar. Seperti pengisian daya ponsel, TV, setrika dan peralatan elektronik lainnya. Ketika sudah tidak diperlukan lagi, sebaiknya Anda mencabut kabel yang tertancap pada saklar. Dikarenakan suber daya listrik akan tetap mengalir dan terbuang sia-sia meskipun peralatan elektronik tersebut dalam keadaan matai atau off.

2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Salah satu yang membuat tagihan listrik lebih murah yaitu penggunaan sumber daya listrik dengan sistem pulsa. Penghematan menggunakan listrik jauh lebih efisien ketika Anda menggunakan pulsa listrik, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaanya pun bisa dikontrol setiap bulannya.

3. Hemat Pemakaian Lampu

Mengurangi penggunaan lampu yang tidak digunakan dengan cara dimatikan, akan memberikan keuntungan pada tagihan listrik di akhir bulannya. Jika dirasa lampu yang menyala tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya matikan saja, apalagi di siang hari.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Efektivitas Meeting Room

4. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Kebiasaan buruk yang sering terjadi yaitu ketika tidur, peralatan elektronik lupa dimatikan. Misalkan TV masih menyala ketika tidur, ponsel dibiarkan dalam keadaan di tambah daya dan lampu diseluruh ruangan sengaja tidak dimatikan. Hal tersebut akan memicu tagihan listrik yang membengkak. Sebaiknya seluruh peralatan yang berhubungan dengan listrik, ketika akan tidur biasakan untuk dimatikan dan semua colokan yang menempel pada saklar dicabut saja.


Cara – cara tersebut merupakan alternatif yang sangat aman dalam menghemat tagihan listrik di akhir bulan. Jangan sekali – kali mengakali arus listrik agar hemat tagihan dengan cara – cara yang tidak dibenaran, karena hal tersebut akan menjadi kerugian bagi Anda sendiri jika pihak PLN mengetahuinya. Jika Anda membutuhkan perangkat instalasi listrik, sekarang telah hadir sewatama.

Baca Juga : Ternyata Jalan Kaki Bisa Buat Tubuhmu Lebih Sehat Lho

Anda bisa menggunakan jasanya melalui situs sewatama.com.

Comments

comments