cara menyapih anak

4+ Cara Menyapih Anak Dengan Benar

Diposting pada 21 views

Setelah anak sudah berusia lebih dari 2 tahun, maka saatnya untuk di sapih. Cara menyapih anak tentu harus dilakukan dengan benar. Proses ini penting, untuk memberikan hasil yang maksimal pada anak. Nutrisi yang diberikan juga harus dengan benar dan tepat. Jangan sampai, proses penyapihan yang salah justru membuat kondisi kesehatan anak kurang baik.

Menyapih anak memang memiliki banyak sekali manfaatnya. Terutama, untuk kesehatan fisik dari anak. Karena, hal ini memang merupakan proses yang harus dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Mungkin, banyak dari para orang tua yang belum tahu bagaimana cara menyapih anak dengan benar. Simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Beberapa Cara Menyapih Anak Dengan Tepat

Dalam melakukan proses penyapihan pada anak, harus menggunakan cara yang benar. Ini dia cara yang bisa digunakan:

Kurangi Menyusui Anak

Proses menyapih kepada anak memang tidaklah mudah. Salah satu hal yang memang sangat sulit yaitu mengurangi menyusui kepada anak. Dimana, pada sebelumnya proses menyusui ini dilakukan dengan rutin. Namun, saat menyapih ini memang harus mengurangi menyusui pada anak. Masih boleh diberikan, tetapi jangan secara rutin.

Baca Juga  Cara Supaya Anak Cepat Jalan Sesuai Yang Di Harapkan

Menyusui bisa diberikan pada beberapa waktu saja kepada anak. Jangan sampai, para orang tua dan ibu memberikan secara rutin. Karena, jika diberikan secara rutin hanya membuat anak menjadi lebih susah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebaiknya, berikan konsumsi ASI pada anak secukupnya saja!

Berikan MPASI Yang Tepat

Makanan pendamping ASI sudah seharusnya diberikan kepada anak. Termasuk saat dalam proses menyapih ini. Maka, sebaiknya untuk diberikan MPASI yang tepat. Karena, proses MPASI ini sangat membantu untuk memberikan nutrisi pada anak. Jangan sembarangan dalam memberikan makanan pendamping asi bagi anak.

Disarankan, untuk makanan yang diberikan yaitu memiliki nutrisi yang tinggi. Dengan adanya nutrisi yang tinggi, begitu membantu untuk kesehatan dari anak. Kita semua tahu, bahwa anak-anak masin sangat menyukai kegiatan bermain. Untuk itu, sudah seharusnya diberikan MPASI seperti perpaduan sayuran dan buah-buahan agar menjadi lebih sehat.

Perbanyak Aktivitas Bermain

Ya, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan oleh orang tua yaitu dengan memperbanyak aktivitas bermain. Siapa sangka, ternyata aktivitas bermain memang sangat membantu. Terutama, untuk menghilangkan kebiasaan dari mengkonsumsi ASI secara rutin. Hal ini justru baik untuk membuat anak menjadi lebih mandiri.

Banyak sekali aktivitas bermain yang bisa dilakukan. Disarankan, untuk aktivitas bermainnya berada di dalam ruangan saja. Terutama, pada kondisi siang hari yang cukup panas. Dengan begitu, kondisi kesehatan dari anak juga akan tetap terjaga. Karena, nutrisi pasca menyapih memang masih kurang stabil.

Baca Juga  Seperti Inilah Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB Yang Harus Anda Ketahui

Tetap Bersabar

Sebagai ibu, tentu akan cukup rumit untuk melakukan proses menyapih ini. Belum lagi dari sisi anak yang terkadang menolak untuk melakukannya. Karena, memang anak sudah terlalu biasa minum Air Susu Ibu. Hal inilah yang membuat anak malas untuk melepaskan kebiasaan tersebut.

Namun, ibu tetap harus sabar dan bekerja keras. Jangan sampai, menyerah untuk mengajarkan anak perlunya menyapih. Dengan proses menyapih yang dilakukan ini, membuat anda menjadi lebih paham pentingnya kemandirian pada anak nantinya. Selain itu, tetap berikan rasa sayang yang lebih kepada anak.

Nah, itulah cara menyapih anak dengan benar dan tepat. Bagaimana, sangat mudah bukan? Tentunya! Bahkan, anda bisa melakukannya secara langsung pada anak. Pastikan, menggunakan cara diatas sesuai pada prosedurnya. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Gambar Gravatar
Mandirisaja.com mencoba memberikan hal yang bermamfaat bagi penikmat pembaca artikel karena semakin banyak membaca ! ilmu pengetahuan otomatis semakin bertambah. " Kasih saya masukan dan comentar yang bersifat positive"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *