5 Cara Ampuh Agar Anak Sukai Sayur

oleh -19 views
anak suka sayuran

Anak-anak lebih menyukai makanan yang rasanya manis daripada makanan yang rasanya pahit. Hal ini ternyata berkaitan dengan ketidaksukaan anak-anak terhadap sayuran. Menurut sebuah penelitian, sebagian besar anak-anak tidak menyukai sayuran. Mengapa demikian? Penelitian yang dilakukan oleh Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, Amerika Serikat, gen TAS2R38-lah yang menyebabkan anak-anak tidak menyukai sayuran.

Gen TAS2R38 membuat anak-anak lebih peka terhadap rasa pahit. Kemungkina besar, gen ini jugalah yang bertanggung jawan terhadap ketidaksukaan anak-anak terhadap sayuran. Lalu, bagaimana cara membuat si kecil menyukai sayuran? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan!

Biarkan Ia Memilih Sayuran Sendiri

Biarkan Ia Memilih Sayuran Sendiri

Ketika Anda ingin berbelanja sayuran, sebaiknya Anda mengajak anak Anda. Biarkanlah si kecil memilih sayuran yang ia suka dan menarik baginya. Ajak juga ia untuk mencuci dan menyiapkan sayuran tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi si kecil untuk menyukai sayuran.

Jangan Berhenti Menawarkan

Ketika si kecil menolak untuk makan sayur, justru Anda tidak boleh berhenti menawarkannya. Anda harus terus menawarkan dan menyajikan berbagai sayuran di atas meja makan. Hal ini akan membuat anak Anda terbiasa dan lama kelamaan menyukai sayuran.

Baca Juga  10 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Sajikan Dengan Lucu dan Kreatif

Sajikan sayuran Dengan Lucu dan Kreatif

Sajian yang lucu dan kreatif juga dapat membuat si kecil menyukai sayuran. Pilihlah sayuran dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda. Lalu, susunlah sayuran-sayuran tersebut sesusai dengan bentuk yang ia sukai. Dengan begitu, si kecil pasti akan tertarik dan mau memakannya.

Sajikan Dengan Makanan Favoritnya

Sajikan sayuran Dengan Makanan Favoritnya

Anak Anda pasti mempunyai makanan favorit yang ia suka. Anda bisa membuat makanan tersebut dan mengganti beberapa bahan dengan sayuran.

Baca Juga : Hindari Unggah Foto Anak Anda di Medsos Tidak Baik

Si kecil yang sebelumnya tidak suka makan sayur, lama kelamaan akan menyukainya karena disajikan bersama makan favoritnya.

Berikan Contoh

Berikan Contoh makan sayuran

Anak-anak selalu belajar dari apa yang ia lihat. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda juga harus memakan sayur sebagai contoh untuk si kecil. Setelah beberapa kali melihat Anda memakan sayur, si kecil akan bisa mengikuti kebiasaan makan sayur yang Anda contohkan.

Comments

comments