6 Cara Ampuh Mengobati Bisul Yang Sudah Pecah

oleh
mengobati bisul

6 Cara Ampuh Mengobati Bisul yang sudah pecah agar Cepat Kering – Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisul dapat cepat sembuh dan kering. Bisul merupakan peradangan yang terjadi di kulit yang disebabkan karena adanya bakteri yang masuk.

Bakteri tersebut masuk lewat pori-pori dan masuk ke dalam kulit kita sehingga terjadi pembengkakan dan peradangan. Lama kelamaan peradangan tersebut bertambah besar dan menjadi bisul. Bisul yang sudah besar tersebut mengandung nanah yang merupakan cairan pertahanan tubuh untuk melindungi diri dari serangan bakteri.

Baca Juga : 12 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Tidak Perih

Bisul tersebut akan sangat mengganggu sekali apalagi jika timbul pada bagian pantat atau paha. Bisul yang semakin membesar tersebut akan rawan pecah dan bila pecah akan terasa sakit bahkan perih sekali.

Bisul yang semakin membesar tersebut akan terasa sakit jika tersentuh, maka dari itu jika bagian tubuh anda terdapat bisul anda harus melakukan beberapa cara untuk mengatasinya agar tidak terasa sakit sekali.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika terdapat bisul pada tubuh anda. Maka anda harus melakukan hal di bawah ini :

Cara Ampuh Mengobati Bisul yang sudah pecah

 

1. Tidak boleh menekan bisul

Tidak boleh menekan bisul-min
Sumber image : infoalami.com

Menekan bisul hanya akan menambah masalah lagi mulai dari rasa sakit hingga dapat menjadi infeksi yang berbahaya. Sebaiknya anda tidak menekan bisul tersebut agar dengan sendirinya pecah dan rasa sakitnya hilang.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Merusak Rambut Terbukti

Selain itu jika anda menekan bisul tersebut malah akan membuat bagian tubuh lain juga terserang sehingga penyebaran bakterinya semakin banyak. Hindari untuk menekan bisul tersebut.

2. Siapkan air hangat

Siapkan air hangat
Sumber image : www.cantiknyakulitsehat.com

Anda perlu menyiapkan kantong plastik yang berisi air hangat atau kain yang telah dibasahi dengan air hangat.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Cara tersebut sangat mudah dan bisa anda coba sendiri di rumah.

Baca Juga : 13 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Kompres pelan-pelan pada bagian yang terkena bisul tersebut. Anda bisa melakukannya dua kali sehari sampai rasa nyeri hilang.

3. Meminimalkan bakteri yang menyebar

Meminimalkan bakteri yang menyebar

Anda bisa meminimalkan penyebaran bakteri tersebut dengan cara menjaga kebersihan tubuh anda dan lingkungan sekitar anda.

Bakteri akan mudah tumbuh jika anda tidak bersih dan malah akan menimbulkan banyak bisul. Anda dapat menggunakan sabun anti bakteri dan menyemprot bagian rumah anda dengan anti bakteri.

Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami yang tersedia di alam untuk meminimalkan bakteri yang menyebar.

Beberapa cara tersebut bisa anda lakukan jika anda terkena bisul pada bagian tubuh anda. Penyebaran dan pertumbuhan bakteri penyebab bisul bisa kita minimalkan seperti cara yang di atas dan untuk dampak yang ditimbulkan oleh bisul anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Untuk cara mengobati bisul yang sudah pecah dengan cepat, anda bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut yang bermanfaat untuk mengobati bisul yang sudah pecah. Berikut cara mengobatinya :

4. Daun belimbing

Daun belimbing

Cara mudah mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering adalah menggunakan daun belimbing yang dicampurkan dengan air cucian beras.

Kedua bahan tersebut dapat dengan mudah mengobati dengan cepat bisul yang sudah pecah. Untuk menggunakannya anda dapat membuat ramuan dengan

  • Siapkan 10 lembar daun belimbing
  • Siapkan air bekas cucian beras
  • Tumbuk daun belimbing tersebut sampai halus lalu campurkan dengan air bekas cucian beras
  • Tempelkan pada bisul yang sudah pecah

Anda bisa melakukannya sehari 3 kali agar proses pengeringan bisul menjadi cepat

Cara tersebut akan mudah untuk mengobati bisul yang sudah pecah dengan cepat.Kandungan daun belimbing dan air cucian beras sangat baik untuk penyembuhan bisul tersebut.

Baca Juga : 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat dan Alami

Anda bisa mengganti bubuhan yang sudah kering dengan bubuhan yang baru. Dalam beberapa hari bisul yang sudah pecah akan segera sembuh dan kering.

5. Daun bayam duri

Daun bayam duri
Sumber image : jitunews.com

Bayam duri merupakan jenis bayam yang tumbuh di daratan. Bayam ini sering kita temui sebagai gulma yang tumbuh liar di pekarangan rumah. Anda bisa menggunakannya sebagai obat bisul yang sudah pecah agar cepat kering. Untuk membuat ramuannya yaitu dengan cara :

  • Ambil 5 lembar daun lebar bayam duri
  • Tumbuk halus daun tersebut sampai halus
  • Bubuhkan pada bagian kulit yang terkena bisul

Anda bisa melakukannya selama dua kali sehari untuk hasil yang maksimal Menggunakan daun bayam duri merupakan cara yang efektif untuk mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering. Manfaat daun bayam duri yang cepat mengeringkan luka bisul tadi akan membuat proses penyembuhannya secara optimal.

Jika bubuhan sudah kering, anda bisa menggantinya dengan bubuhan yang baru. Banyak orang yang sudah mencoba melakukan hal tersebut dan hasilnya sesuai yang diinginkan.

6. Daun kembang pukul empat

Daun kembang pukul empat
Sumber image : bibitbunga.com

Anda juga memanfaatkan daun pukul empat untuk cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering. Manfaat daun kembang pukul empat memang tidak diragukan lagi. Anda bisa membuat ramuannya dengan cara berikut :

  • Ambil 10 lembar daun pukul empat
  • Tumbuk sampai halus daun tersebut
  • Campurkan tumbukan daun dengan air garam secukupnya
  • Aduk sampai rata dan siapkan kain

Tempatkan campuran bahan tadi di kain dan tutup bagian yang terkena bisul Anda bisa membuat balutan kain pada bagian tersebut atau jika tidak memungkinkan, anda bisa menggantinya dengan kasa steril dan plester Jika tempelannya sudah dirasa mengering, anda bisa membuat tempelan yang baru lagi Daun kembang pukul empat yang dicampur dengan air garam dengan cepat mengeringkan bisul yang sudah pecah. Manfaat tersebut sudah lama sekali dari nenek moyang kita.

Dari beberapa studi yang menyebutkan bahwa kandungan daun pukul empat akan membuat kulit meregenerasi dengan cepat dan air garam berfungsi agar bisul yang pecah dapat segera kering. Kedua bahan tersebut memang menjadi obat bisul yang pecah agar cepat kering paling ampuh.

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati Bisul yang sudah pecah agar cepat sembuh dan kering. Menggunakan bahan alami merupakan hal terbaik disamping tidak memiliki efek samping juga membuat proses penyembuhan akan semakin cepat.

Bahan alami tersebut mudah kita temukan di sekitar pekarangan rumah. Anda juga bisa menggunakan obat kimia yang dijual di apotek agar memudahkan proses penyembuhan.

Ada baiknya jika anda terus menjaga kebersihan tubuh anda agar tidak terjangkit bakteri penyebab bisul tersebut. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi jika bisul ada di tubuh anda.

Manfaat bahan alami yang untuk Mengobati Bisul yang sudah pecah agar cepat sembuh tersebut sudah teruji dalam beberapa penelitian.

Bisul akan mudah ditangani dan cepat mengering menggunakan bahan alami tersebut. Jangan mencoba untuk meletuskan bisul karena akan membuat infeksi yang lebih parah lagi.

Jika anda masih ingin hasil yang lebih baik, anda bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat anda, dan apabila bisul tidak kunjung sembuh, anda wajib membawanya ke medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *