Hati-Hati, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Anda Ketahui

  • Whatsapp
Penyebab Rambut Rontok
Gambar oleh Martin Slavoljubovski dari Pixabay

Mengalami masalah berupa rambut rontok haruslah Anda ketahui penyebab rambut rontok tersebut. Karena masalah ini tidak dialami oleh beberapa orang saja, tetapi banyak orang baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini pun menyebabkan kekhawatiran tersendiri.

Apalagi Anda akan menjadi lebih sering untuk menemukan rambut berceceran di lantai kamar yang sangat membuat tidak nyaman. Penyebab dari kerontokan rambut bisa bermacam-macam. Dan hal ini haruslah Anda ketahui agar bisa segera diatasi.

Bacaan Lainnya

Penyebab Rambut Rontok

1. Tidak Sehatnya Kulit Kepala

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menimbulkan kerontokan rambut. Kondisi kulit yang bisa memicu kerontokan rambut misalnya berupa seboroik, dermatitis, psoriasis, dan infeksi jamur atau ketombe.

Kulit kepala yang tidak sehat ini bisa dikarenakan pemilihan shampo yang kurang tepat. Sehingga rambut rontok pun tidak terhindarkan lagi. Jadi, pastikan Anda memilih sampo yang tepat dan bisa menutrisi kulit kepala Anda.

2. Faktor Keturunan

Rambut yang rontok juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Di mana Anda diturunkan oleh salah satu orang tua, baik ayah atau ibu. Ada hal yang berbeda dari kasus ini.

Di mana jika biasanya rambut rontok akan digantikan dengan yang baru, namun di sini rambut akan memiliki tekstur yang lebih tipis dan halus dikarenakan folikel rambut telah mengecil. Dan lama-lama rambut pun akan berhenti untuk tumbuh.

3. Kekurangan Protein

Diketahui bahwa pprotein adalah zat pembangu utama pada tubuh serta untuk sel rambut Anda. Oleh karena itu, jika Anda kekurangan mendapat asupan protein, maka akan melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhannya. Untuk kasus ini, biasanya akan terlihat setelah 2 sampai 3 bulan, sesudah Anda mengalami penurunan protein.

4. Anemia

Anemia atau kurang darah ini juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Terutama bagi para perempuan yang sedang masanya menstruasi dalam jumlah yang banyak, saat itulah dirinya tidak memiliki zat besi yang cukup. Sehingga akan lebih mudah untuk terserang anemia.

Dampaknya pada tubuh adalah menjadi pucat, lemah sulit untuk berkonsentrasi, tangan dan kaki menjadi dingin, serta mengalami kerontokan rambut.

5. Stres

Inilah yang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Di mana tidak hanya stres karena pekerjaan atau permasalahan, tetapi juga bisa karena pasca melahirkan, kecelakaan, dan penyakit yang serius, sehingga membuat rambut menjadi rontok. Lalu pemicu rambut rontok ini juga bisa karena berubahnya suasana hati akibat ditinggal meninggal dan perceraian.

6. Sering Menggunakan Hairdryer Dan Catok Rambut

Bertujuan agar rambut cepat kering dan rapi, namun penggunaan hairdryer dan catok rambut yang terlalu sering bisa membuat sifat alami dari rambut menjadi rusak. Apalagi jika Anda mengatur alat tersebut dengan suhu yang sangat panas.

Karena panasnya bisa menghilangkan kelembaban rambut dan membuat rambut menjadi kering, bercabang, dan rusak. Bahkan penggunaan alat-alat tersebut juga akan menghambat pertumbuhan rambut lagi.

7. Kekurangan Vitamin B

Vitamin B tidak hanya dibutuhkan untuk tubuh Anda, tetapi juga untuk rambut Anda. Di mana jika Anda kekurangan vitamin B, maka rambut akan lebih mudah rontok. Oleh karena itu, teraturlah di dalam mengonsumsi makanan yang bervitamin B, seperti ikan, jagung, daging, kentang, kacang polong, dan ubi. Serta buah-buahan yang mengandung lemak baik dan tanpa sitrus, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Jika sudah mengetahui penyebab-penyebab dari kerontokan rambut Anda, saat ini mulailah untuk menghindarinya. Baik dengan memilih sampo yang tepat, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan menghindari penggunaan pemanas rambut yang berlebih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *