8 Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

oleh

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Ampuh. Radang tenggorokan ditandai dengan rasa sakit yang ada pada tenggorokan, disertai dengan rasa panas dan sulit untuk menelan makanan. Secara umum radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri Streptococcus Pyogenes.

Jenis bakteri ini sangat mudah menular melalui batuk atau bersin oleh karena itu para penderita radang tenggorokan ada baiknya memakai masker kesehatan agar bakteri ini tidak menular kepada orang di sekitarnya.

Radang tenggorokan paling umum ditandai dengan gejala seperti tenggorokan sakit, amandel membengkak, sulit menelan, kelenjar getah bening di leher membengkak, demam tinggi, sakit kepala, ruam, badan menjadi lelah, nyeri sendi dan sakit perut. Namun anda tidak perlu cemas karena di bawah ini telah kami rangkum Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Ampuh.

CARA MENGOBATI RADANG TENGGOROKAN

 

1.Teh jahe

menghilangkan jerawat dengan jahe
Image : Pixabay

Anda dapat menggunakan ramuan dari teh dan jahe untuk meringankan sakit radang tenggorokan anda. Caranya cukup mudah cukup rebus 1.5 gelas air putih lalu masukkan sepotong jahe yang sudah dimemarkan, rebus hingga air tersisa 1 gelas.

Baca Juga5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anda

Lalu buat teh dengan menggunakan air rebusan jahe tadi, gunakan madu untuk menambah rasa manis.

2. Teh Chamomile

Konsumsi Teh Hijau Tanpa Gula
Image : Pixabay

Teh chamomile yang disajikan dalam keadaan hangat juga sangat baik untuk mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan. Caranya mudah cukup seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih, tambahkan madu untuk memberi rasa manis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia Yang Menggangu Waktu Tidurmu

Minum sesering mungkin supaya peradangan cepat berkurang.

3. Berkumur Dengan Larutan Kunyit, Air dan Garam

menghilangkan bekas jerawat menggunakan kunyit
Image : pixabay

Ini adalah salah satu ramuan untuk radang tenggorokan yang paling efektif untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan. Larutan ini sangat mudah untuk dibuat karena bahan-bahannya pasti sudah tersedia di dapur rumah anda.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pipi Tembem Paling Efektif Dan Simple

Campurkanlah 1 sendok teh garam bersama dengan sepotong kunyit yang dimemarkan, campurkan bersama 200 ml air putih hangat. Gunakan larutan tadi untuk berkumur sesering mungkin untuk mengurangi peradangan.

3. Daun Kemangi

Daun kemangi berkhasiat untuk mengurangi peradangan karena memiliki khasiat sebagai anti inflamasi. Rebuslah daun kemangi kemudian minumlah air rebusannya.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi Yang Sangat Luar Biasa Perlu Di Ketahui

Berkumur dengan air rebusan daun kemangi juga baik untuk mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan.

4. Madu dan Lemon

tips kecantikan menggunakan madu
image : pexels

Perpaduan dari dua bahan ini memang sangat baik untuk memerangi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan.

Baca Juga : Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Caranya sederhana cukup minumlah secangkir air hangat yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan madu dan1 sendok makan air lemon. Minum larutan ini 3 kali sehari untuk segera mengatasi radang tenggorokan anda.

5. Mengkonsumsi Sup

Mengkonsumsi Sup

Saat sedang radang tenggorokan biasanya kita akan sulit sekali menelan makanan dan nafsu makan pun hilang. Oleh karena itu mengkonsumsi sup sangat baik bagi kesehatan anda, misalnya sup ayam. Selain untuk meringankan rasa sakit pada tenggorokan, anda juga akan mendapatkan cukup asupan nutrisi sehingga sistem imun akan menguat dan radang tenggorokan akan segera disingkirkan.

6. Jus Lemon

Menggunakan Lemon

Air lemon memang sangat baik untuk memelihara kesehatan tenggorokan. Caranya mudah dan sederhana cukup campurkan 2 sendok makan jus lemon yang didapat dari perasan 1/2 buah lemon ke dalam secangkir air hangat. Minum 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Diminum saat perut kosong sekitar 30 menit sebelum makan.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita Dan Kesehatan

7. Bawang Putih

menghilangkan jerawat dengan Bawang putih
Image : Pixabay

Di dalam bawang putih terkandung senyawa bernama allicin. Senyawa ini adalah agen pembunuh bakteri. Ambillah 1 siung bawang putih lalu kunyah mentah-mentah dan ditelan. Senyawa allicin akan keluar saat bawang dikunyah dan akan meringankan sakit tenggorokan.

8. Jus Belimbing

menghilangkan jerawat dengan Belimbing
Image : Pixabay

Buah belimbing memiliki khasiat yang baik sebagai agen anti-radang yang dapat digunakan untuk meringankan sakit radang tenggorokan. Caranya sederhana anda cukup membuat jus belimbing, untuk menambah rasa bisa anda tambahkan madu. Minum 3 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

Demikianlah informasi tentang Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Ampuh. Semoga kesehatan selalu anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *