8 Tips Membeli Kucing Ras Supaya Tidak Tertipu

oleh -80 views
8 Tips Membeli Kucing Ras Supaya Tidak Tertipu

Sangat penting bagi para pecinta hewan peliharaan memperhatikan kondisi hewan ketika akan membeli dan mengadopsinya. Hindari kelalaian dalam memilih hewan peliharaan untuk diadopsi. Hal ini sangat penting supaya menghindari rasa kecewa setelah membeli. Karena kalau sampai kekecewaan itu berlanjut, dan hewan sudah terlanjur dibeli, bukan tidak mungkin pemilik akan menelantarkannya. Kali ini akan diulas mengenai tips membeli kucing ras, supaya para pecinta kucing bisa lebih bijak ketika hendak memilih dan mengadopsi hewan kesayangannya.

Baca Juga :

Perhatikan! Inilah Beberapa Tips Membeli Kucing Ras

1. Warna.Meski terlihat sepele, namun memilih warna sangatlah penting. Mengapa? Karena hal inilah yang akan menentukan gen anakan kucing yang akan dilahirkan nantinya.

2. Bulu dan Badan. Periksalah keseluruhan bulu dan badan kucing untuk menghindari adanya jamur pada tubuhnya. Jamur yang menempel pada hewan peliharaan ini bisa ditularkan kepada manusia. Jadi, sebaiknya mengeceknya terlebih dahulu dengan cara meraba seluruh bagian tubuh kucing yang akan Anda pilih. Bila ditemukan adanya bulu yang menggumpal, hal itu perlu diwaspadai. Periksalah lebih dalam pada dasar kulitnya, karena biasanya gumpalan bulu tersebut merupakan rontokan bulu yang disebabkan oleh jamur. Selain itu, jika pada tubuh kucing ditemukan jerawat sebaiknya jangan membelinya. Jerawat pada kucing adalah bukti ia memiliki penyakit kulit.

Baca Juga  Mengenal Kucing Anggora Dan Cirinya

3. Karakter.Tak hanya manusia, kucing pun memiliki kepribadian. Pecinta kucing harus tahu betul seperti apa karakter kucing ras yang akan dia beli, apakah kucing itu penyayang, penurut, atau justru pemalas. Untuk memilih induk kucing, pilihlah indukan dengan sifat yang penyayang. Sedangkan untuk memilih anakan, pilihlah yang berkarakter manja dan aktif.

4. Gigi dan telinga. Perhatikan juga kebersihan telinga dan bentuk telinga, karena biasanya kucing juga memiliki penyakit telinga yang nantinya akan berpengaruh pada bentuk telinganya. Selain itu penting juga untuk memperhatikan kelengkapan giginya.

5. Kartu vaksinasi.Jangan buru-buru membeli hanya karena harga kucing ras yang dibanderol murah. Periksa dulu kartu vaksinasinya. Mengetahui kucing sudah divaksin atau belum sangatlah penting. Hal itu membuktikan bahwa kucing sudah lebih kuat daya tahan tubuhnya. Karena biasanya, kucing ras adalah kucing yang gampang terserang penyakit dan mati.
Jenis kucing. Bagi para pecinta kucing, sebelum membeli tentukan dulu jenis kucing ras apa yang ingin dipelihara. Jika masih bingung menentukan, sebaiknya mintalah pertimbangan para ahli kucing ras agar nasehat disesuaikan dengan kesukaan dan gaya hidup Anda.

6. Budget dan tempat. Siapkan budget yang cukup untuk membeli kucing dan memeliharanya. Hal ini penting, karena kucing ras membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Selain itu, siapkan juga tempat yang layak dan perlengkapan yang membuatnya nyaman.

Baca Juga  Cara Menghentikan Kebiasaan Kucing Mengeong Berlebihan

7. Bersertifikat. Belilah kucing ras di tempat jual beli hewan peliharaan yang terpercaya dan pilihlah kucing yang bersertifikat untuk memastikan keaslian silsilah dan riwayat kesehatan kucing tersebut.

8. Karakter kucing ras yang halus, tidak suka dibentak namun susah diatur membutuhkan pemilik yang benar-benar menyayanginya dengan meluangkan waktu untuk bermain dan berinteraksi dengannya. Jadi, jika Anda tidak memiliki waktu lebih, sebaiknya jangan memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, karena jika Anda melalaikannya maka akan berdampak buruk bagi hewan tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips membeli kucing ras. Semoga bermanfaat

Comments

comments