9 Cara Menghilangkan Ketombe Cepat Dan Ampuh

0
46 views
menghilangkan ketombe dengan cepat

9 Cara Menghilangkan Ketombe Cepat dan Ampuh – Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang menjengkelkan dan sangat dibenci oleh banyak orang khusunya saya pribadi. Hal ini dikarenakan orang yang berketombe akan kehilangan rasa percaya dirinya dan menjadi tidak percaya diri di depan orang lain.

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang diakibatkan oleh penumpukan sel kulit mati di kepala, jamur, minyak yang berlebihan di kulit kepala dan juga kulit kepala serta rambut yang lembab. Banyak sekali produk sampo yang menawarkan dapat membersihkan ketombe dari kulit kepala anda namun kenyataannya banyak produk yang tidak ampuh. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan ampuh.

Baca Juga : Cara Alami Menghaluskan Rambut Kasar Yang Benar

Tips Cara menghilangkan ketombe dengan Cepat dan Ampuh

cara menghilangkan ketombe-min

1.  Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Salah satu bahan dapur yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe adalah jeruk nipis. Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis ini dan menggunakannya setiap hari tanpa perlu takut efek samping buruk yang akan anda dapatkan.

Cara memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat penghilang ketombe adalah dengan cara berikut ini. Siapkanlah sebuah jeruk nipis lalu potong-potong menjadi beberapa bagian kecil.

Lalu peras airnya dan basahilah rambut anda dengan menggunakan air, setelah basah aplikasikan air jeruk nipis ini ke kulit kepala dan rambut anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu anda bisa membilas kepala anda dengan menggunakan sampo hingga bersih.

Baca Juga : Cara Melembutkan Rambut yang Kaku Secara Alami

2. Menggunakan Lidah Buaya

Menggunakan Lidah Buaya

Sepertinya lidah buaya sudah menjadi rahasia umum bagi anda yang ingin mendapatkan rambut yang sehat dan terawat. Dan salah satu manfaat dari lidah buaya sendiri adalah dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe yang ada pada kulit kepala anda.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mengambil sebatang lidah buaya lalu kupas kulitnya. Setelah itu haluskan daging lidah buaya hingga menjadi gel atau pasta.

Baca Juga  Manfaat Sayur Sawi Untuk Kesehatan Tubuh

Aplikasikan pasta tersebut ke kulit kepala anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu anda bisa membilas rambut anda hingga bersih dengan menggunakan sampo. Anda bisa menggunakan ramuan ini setiap hari tanpa perlu khawatir dengan efek sampingnya.

3. Menggunakan Cuka Putih

Menggunakan Cuka Putih

Cara Menghilangkan Ketombe yang ketiga adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih atau yang juga dikenal sebagai cuka apel ternyata selain dapat digunakan sebagai pelengkap bahan makanan juga bisa digunakan sebagai penghilang ketombe yang cukup ampuh.

Cuka putih akan membantu anda mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala yang nantinya akan menjadi ketombe. Penggunaan cuka putih juga bermanfaat untnuk mengangkat jamur yang ada di kepala sehingga anda akan terhindar dari ketombe.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan 1/2 cangkir cuka apel dan juga 1/2 cangkir air hangat, aduk rata. Setelah itu aplikasikan ke seluruh kulit kepala anda dan diamkan selama kurang lebih 8 jam.

Baca JugaCara Merawat Rambut Bercabang yang Alami Efektif

Lebih baik menggunakan ramuan ini saat sebelum tidur. Setelah anda bangun tidur, bilas rambut anda hingga bersih menggunakan sampo.

4. Menggunakan Fenugreek

Menggunakan Fenugreek

Mungkin beberapa dari anda masih sangat asing dengan nama fenugreek. Tanaman ini adalah salah satu bumbu populer yang berasal dari India. Nama lainnya adalah hilba, hilbah, klabet atau kelabat. Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai bumbu kare. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu kare ternyata tanaman ini juga sangat baik digunakan untuk membasmi ketombe.

Cara memanfaatkannya adalah dengan merendam 2 sendok makan biji fenugreek semalaman. Setelah itu haluskan fenugreek yang telah direndam semalaman dan aplikasikan pada kulit kepala anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 45 menit. Setelah itu anda bisa membilas rambut anda dengan menggunakan sampo. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe dengan cepat.

Baca Juga  11 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

5. Menggunakan Baking Soda

Menggunakan Baking Soda

Cara Menghilangkan Ketombe berikutnya yaitu dengan baking soda. Baking soda yang biasa dikenal sebagai salah satu bahan masakan yang ada di dapur ternyata juga memiliki beberapa manfaat lain. Manfaat tersebut antara lain dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe yang ada pada rambut anda.

Cara memanfaatkannya cukup mudah yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 cangkir air hangat. Kemudian aplikasikan baking soda cair ini ke kulit kepala anda hingga merata.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu anda bisa membersihkannya dengan sampo. Cara ini aman untuk dilakukan setiap hari dan sangat efektif untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala anda.

Baca Juga : Tips dan Cara Melebatkan Rambut Secara Alami Dan Aman

6. Menggunakan Garam

Menggunakan Garam

Selain dapat digunakan sebagai pemberi rasa asin pada masakan ternyata garam juga memiliki satu manfaat lain yang tak terduga. Garam dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala anda. Hal ini dikarenakan garam mengandung kristal-kristal abrasif yang dapat digunakan sebagai eksfoliator alami.

Cara menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe adalah dengan cara menyiapkan kurang lebih satu sendok makan garam. Setelah itu basahilah rambut anda dengan menggunakan air hingga merata lalu aplikasikan garam ke kulit kepala anda sambil digosok secara perlahan, hal ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit kepala anda. Pijatlah kepala anda secara perlahan selama kurang lebih 10 menit. Lalu cuci bersih rambut anda dengan menggunakan sampo.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

7. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah sebuah produk olahan yang dihasilkan dari tanaman khas Australia Melaleuca alternifolia. Tea tree oil sendiri adalah minyak esensial yang diolah dan didestilasi hingga menghasilkan minyak ini. Minyak ini memiliki sifat anti jamur yang akan membantu anda mengatasi ketombe di rambut anda.

Baca Juga  5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anda

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan tea tree oil dan satu cangkir air hangat, aduk rata lalu masukkan ke dalam wadah penyemprot. Setelah anda berkeramas anda bisa menggunakan ramuan ini dengan cara disemprotkan langsung ke rambut anda lalu diamkan selama beberapa saat.

8. Menggunakan Obat Aspirin

Menggunakan Obat Aspirin

Mungkin bagi beberapa dari anda pernah mendengar nama aspirin. Aspirin adalah obat yang dikenal baik sebagai obat sakit kepala namun siapa sangka jika obat ini dapat juga anda gunakan untuk mengatasi masalah ketombe anda.

Cara memanfaatkannya adalah dengan cara menghaluskan 2 butir aspirin putih kemudian dicampurkan ke sampo anda. Gunakan sampo anda untuk berkeramas seperti biasanya dan diamkan untuk beberapa menit. Setelah itu bilas rambut anda hingga bersih. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe membandel yang mengganggu penampilan anda.

9. Menggunakan Lemon

Menggunakan Lemon

Salah satu Cara Menghilangkan Ketombe tercepat untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala anda adalah dengan menggunakan lemon. Rasa asam yang ada pada buah lemon dapat membantu membasmi jamur yang menjadi penyebab ketombe di kulit kepala anda.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan satu buah lemon kemudian ambil airnya. Aplikasikan air lemon pada kulit kepala anda yang telah dibasahi sambil dipijat secara perlahan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu anda bisa membilas rambut anda hingga bersih dengan menggunakan sampo. Cara ini sangat efektif dan patut anda coba bagi anda yang telah lelah mengatasi ketombe anda yang tak kunjung hilang.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan ampuh. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here