ASI di Awal Kelahiran Bisa Selamatkan Bayi

oleh -78 views
ASI di Awal Kelahiran Bisa Selamatkan Bayi

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa air susu ibu (ASI) sangatlah bagus untuk perkembangan bayi. Bahkan kabar terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal kedokteran di Inggris, The Lancet, menyebutkan bahwa ASI yang diberikan pada saat bayi lahir bisa menyelamatkan bayi dari kematian.

Penelitian UNICEF

Dalam penelitian terbaru dari UNICEF menunjukkan bahwa sebagian dari bayi yang baru lahir tidak langsung disusui oleh ibunya. Ini artinya ada 77 juta bayi—lebih dari 50% bayi baru lahir setiap tahunnya—yang hilang kesempatan untuk diinisiasi. Risiko mudah terserang penyakit dan kematian pada mereka pun menjadi tinggi. Bayi yang terlambat disusui lebih dari satu jam setelah lahir, 80% berisiko tinggi terhadap kematian dibandingkan pada bayi yang langsung disusui.

The Lancet juga melaporkan bahwa menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan bisa menyelamatkan lebih dari 800.000 jiwa anak setiap tahunnya. Jumlah ini tentunya bisa mengurangi kematian anak-anak usia di bawah lima tahun sebanyak 13%.

Sebabnya, ASI yang diberikan bisa menjadi “vaksin” pertama bagi si bayi, melindungi bayi dari berbagai penyakit, dan memberikan mereka nutrisi yang tepat untuk setiap perkembangannya. Selain itu, ASI juga sangat mendukung perkembangan otak si bayi, peningkatan IQ, dan penampilan anak di sekolah menjadi lebih baik. Saat bayi yang baru lahir disusui, ada kontak skin to skin pada ibu sehingga keterikatan antara ibu dan anak akan terjalin kuat.

Baca Juga  8 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi Secara Alami

Baca Juga : Tips Memandikan Bayi Belum Lepas Tali Pusat

Hal ini menunjukkan bahwa inisiasi menyusui sejak dini punya peran penting untuk mengurangi kematian anak. Karena itu, penting sekali untuk mendukung para ibu agar menyusui bayi sejak mereka lahir. (Sumber: The Guardian/Foto: Shutterstock)

Comments

comments