5 Tips Dapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Dengan Nilai TOEFL

0 29

Menuntut ilmu atau pendidikan ternyata bisa dilakukan di dalam negeri ataupun di luar negeri. Banyak impian untuk bisa belajar dan mengambil cara untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan jalur gratis akan tetapi untuk bisa seperti itu harus ada beberapa tisp menanggulanginya dari pada harus pupus dengan alasan biaya dan nilai TOFL kurang dari 500.

Memang TOEFL sangatlah penting untuk memberi petunjuk mengenai kemampuan Bahasa Inggris Anda.

Tidak hanya digunakan untuk mendaftar sekolah luar negeri saja, TOEFL juga bisa memberikan informasi lebih akurat di bagian curriculum vitae atau CV mengenai kemampuan mengolah berbagai bahasa.

Belajar di luar negeri memang membutuhkan biaya tinggi, akan tetapi kini banyak beasiswa ditujukan untuk belajar ke luar negeri.

Meskipun dari nilai beasiswanya terbilang tinggi, akan tetapi dari untuk mendapatkannya bisa sangat sulit karena saingannya bisa sangat banyak tidak hanya dari satu daerah saja.

TOEFL menjadi satu syarat mutlak untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan nilai TOEFL tinggi mencapai 500 bahkan lebih.

Sebenarnya dari potensi mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi lebih dari 500 bisa saja dilakukan dengan kursus privat, namun itu malah membuat biaya semakin meningkat bahkan dari segi waktu masih kurang menguntungkan.

Nah, bagi Anda yang menginginkan belajar ke luar negeri namun dari skor TOEFL masih kurang maksimal ada beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : 5 Tips Hubungan Jarak Jauh Semakin Awet Dan Langgeng

Agar Anda bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri, ada beberapa tips yang tepat bagi Anda yang belum bisa mendapatkan nilai TOEFL lebih dari 500.

1. Mencari Surat Rekomendasi

mencari surat rekomendasi
Image : Pixabay

 

Surat rekomendasi sebenarnya bisa didapatkan dari dosen yang sangat menguntungkan bagi Anda untuk bisa mengajukan beasiswa ke luar negeri.

Dari mencari surat rekomendasi tersebut maka pihak penyelenggara beasiswa ke luar negeri akan melihat bahwa Anda benar-benar serius untuk belajar ke luar negeri.

Surat rekomendasi tersebut bisa jadi sebuah senjata utama untuk mendukung semua berkas bahkan bisa memperbesar peluang lolos mendapatkan beasiswa.

Namun untuk menentukan dosen yang bisa mengeluarkan surat rekomendasi harusnya memilih dari dosen dengan jaringan luas bahkan mengenal pemeri rekomendasi.

Nantinya bila Anda berhasil mendapatkan surat rekomendasi tersebut maka pemberi beasiswa akan mempertimbangkan siapa saja yang akan menrima rekomendasi.

Baca Juga : Ini Nih 5 Peralatan Wajib Anak Kost Yang Harus Ada?

Jika dosen yang Anda pilih sangat terkenal maka peluang untuk mendapatkan beasiswa semakin lebar, jadi dalam memberi jaminan beasiswa wajib memilih dosen yang terkenal dan memiliki kredibilitas tinggi.

2. Membuat Surat Motivasi

Membuat Surat Motivasi
Image : Pixabay

 

Setelah mendapatkan surat rekomendasi maka Anda bisa membuat surat motivasi yang mana mampu meyakinkan orang-orang untuk menerima Anda bisa masuk ke jalur beasiswa.

Dari surat motivasi tersebut bisa berisi mengenai keyakinan dan bisa mendapatkan beasiswa dalam waktu cepat.

Membuat surat rekomendasi memang cukup penting akan tetapi melalui surat tersebut si pemberi beasiswa akan lebih mengetahui tentang kesungguhan Anda mendapatkan beasiswa tersebut.

Tentu saja dari pemberi beasiswa akan mempertimbangkan semua aspek dari calon penerima apakah sudah layak atau belum.

Baca Juga : Museum Di Singapura Yang Wajib Anda Kunjungi

Tujuan utama dari surat motivasi tersebut untuk memberikan spirit lebih baik dalam mendapatkan beasiswa belajar ke luar negeri.

3. Berusaha Maksimal Dalam Tes Wawancara

Related Posts
1 of 12
Tes wawancara
Image : Pixabay

 

Banyak calon penerima beasiswa merasa kurang percaya diri ketika menghadapi tes wawancara.

Menjadi satu hal wajib bagi para calon penerima beasiswa bahwa tes wawancara harus dijalani dengan maksimal.

Meskipun dari keterampilan berbahasa Inggris terbilang pas-pasan, namun jangan merasa gugup ataupun cemas karena bisa merusak suasana bahkan memberi efek buruk pada saat wawancara.

Berusahalah untuk bersikap tenang dan berusaha menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan jawaban terbaik.

Tidak hanya itu saja, dari segi penampilan harus maksimal dan tidak terlalu fulgar. Berusahalah untuk menutup semua ketidakbiasaan Anda dalam berbahasa Inggris yang mana nilai TOEFL masih kurang memuaskan.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Script-Sweet Selesai Tepat Waktu

Tips jitu dalam sesi wawancara adalah bersikaplah seolah Anda sangat mengerti bahasa Inggris sehingga dari pemberi tes akan menilai kecakapan Anda berbicara.

4. Mempelajari Tes TOEFL Lebih Dalam

Mempelajari Tes TOEFL Lebih Dalam
Image : Pixabay

 

Selain memaksimalkan sesi wawancara, terkadang setiap calon penerima beasiswa perlu mempelajari materi mengenai tes TOEFL. Bila Anda dinyatakan tidak lolos karena nilai TOEFL maka sebaiknya Anda harus bangkit untuk bisa lolos tes. Belajarlah lebih giat untuk bisa mendapatkan tes TOEFL lebih dari 500.

Meskipun pada awalnya nilai TOEFL terbilang pas-pasan atau kurang cakap, namun dengan mempelajari bahasa Inggris maka Anda akan lebih mengerti dan bsa fasih berbahasa Inggris.

Ada beberapa cara untuk mempelajari bahasa Inggris mulai dari mendengarkan lagu, mempelajari lirik lagi, kemudian mengobrol langsung dengan narasumber yang sudah mahir berbahasa Inggris.

Anda bisa menggunakan jasa lembaga bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, dan mendengarkan bahasa Inggris. Ingatlah bila Anda semakin mahir berbahasa Inggris maka peluang untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri semakin besar.

5. Berdoa

jangan lupa berdoa
Image : Pixabay

 

Selain mempelajari berbagai macam surat ataupun belajar bahasa Inggris sebaiknya Anda terus berdoa untuk bisa mengabulkan berbagai macam usaha yang sudah Anda lakukan.

Kita semua tahu bahwa semua usaha akan lebih mudah terkabul bila kita berdoa, maka dari itu dari usaha dan doa akan memperbesar peluang Anda mendapatkan beasiswa belajar keluar negeri.

Meskipun dari peluangnya terbilang kecil karena sangat banyak orang berminat belajar ke luar negeri, namun Anda masih tetap berpeluang mendapatkannya.

Janganlah terlalu rendah diri ketika nilai TOEFL kurang dari 500, masih ada harapan dan masih ada waktu untuk belajar lagi mengenai bahasa Inggris sehingga Anda sudah lebih siap sebelum mendapatkan beasiswa menuju ke luar negeri.

Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

Tips Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri
Image : Pixabay

 

Peluang emas belajar dari beasiswa ke luar negeri memang cukup ketat, maka dari itu jangan berputus asa, lakukan segala sesuatu untuk bisa menggapai cita-cita Anda untuk menimba ilmu di luar negeri.

Tidak hanya dari orang-orang pintar saja, namun dari orang-orang yang mau berusaha pasti akan membuahkan hasil maksimal, jadi berjuang untuk bisa mendapat TOEFL lebih dari 500 kemudian pelajari berbagai hal mengenai negara yang akan dituju.

Jika nantinya Anda sudah mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan sudah pasti belajar ke disana, sebaiknya eksplorasi kebudayaan warga setempat atau bisa juga mempelajari budaya tanah air untuk diperkenalkan di luar negeri.

Dari para siswa yang belajar di luar negeri akan sangat tertarik dengan kebudayaan dari luar, sehingga sangat potensial sekali bila Anda semakin memperdalam materi budaya dari dalam negeri.

Tak ada pencapaian yang berhasil tanpa doa, usaha dan kerja keras, maka dari itu sebisa mungkin kerahkan kemampuan dari akal dan pikiran untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Tak perlu membatasi diri, Anda perlu membuka diri untuk mau belajar sesuatu yang baru terutama dalam berbahasa Inggris atau bahasa lainnya dimana sangat berguna kelas saat menggali ilmu ataupun kehidupan sehari-hari.

Sekian informasi seputar 5 tips dapatkan beasiswa ke luar negeri semoga bisa memotivasi anda supaya lebih giat lagi belajar dan belajar karena kuci kesuksesan itu selalu sabar dan melaksanakan yang seharusnya di laksanakan,semoga teman teman semua bisa berkuliah ke luar negri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.