11 Tips Jitu Bersaing di Era Bisnis Online Shop

oleh -60 views
11 Tips Jitu Bersaing di Era Bisnis Online Shop

Bisnis mulai digemari akhir akhir ini. Jika kita jeli mengambil peluang, kita bisa memulai kapan saja dengan modal seminim mungkin. Jika ingin mencoba memulai bisnis, tidak ada salahnya mencoba bisnis online shop. Bisnis mudah dengan resiko dan modal yang kecil.

Jika ingin mencoba memulai bisnis, tidak ada salahnya mencoba bisnis online shop. Bisnis mudah dengan resiko dan modal yang kecil.

Jika kita suka berselancar di internet, atau menatap HP berjam jam, tidak ada salahnya memanfaatkan hobi kita untuk mendapatkan income. Kita bisa memulai membuka bisnis online shop milik kita sendiri. Sesuai namanya, kita berjualan lewat sistem online. Beberapa hal atau tips bersaing di bisnis online shop antara lain adalah:

  1. Tips Bersaing di Bisnis Online Shop yang pertama dan paling utama adalah menentukan produk yang ingin dipasarkan. Kamu perlu memperhatikan segmentasi pasar pula. Apa yang harus kamu jual? Apa sesuai dengan minat dipasaran? Sebaiknya ketika memulai bisnis online, hindari menjual barang dengan resiko tinggi seperti menjual gadget atau barang barang elektronika lainnya.
  2. Cari Dropship. Kamu membutuhkan Dropship untuk mendapatkan barang yang ingin kamu jual. Kamu bisa mulai mencarinya diinternet, sebuah dropship yang mau diajak kerjasama. Beberapa dropship meminta anda membayar uang muka sebagai jaminan dan kamu bisa mendapat harga reseller. Pada dropship lain menggunakan sistem pay after order. Pilihlah dropship dengan bijak! Kamu juga perlu pula memastikan dropship tepat melalui pengecekan website dan lainnya atau bila letak dropship dekat dari wilayahmu, kamu bisa mengecek langsung ke gerainya. Jika telah menemukan dropship, tidak ada salahnya mencari refrensi dropship lain untuk pertimbangan harga.
  3. Mulai mencari nama onlineshop kamu! Gunakan nama yang mencerminkan barang yang akan dijual. Misalnya kamu menjual barang barang yang berbau girly, kamu dapat memberi nama onlineshop anda seperti: girlstuff shop, pinkyshop, dan lain lain. Kamu juga bisa menggunakan nama kamu untuk online shop kamu seperti, “Shintia Agustina” menamai online shop menjadi “Shintia shop” Buatlah nama seunik dan sekreatif mungkin karena itu menguntungkan untuk olshop kamu!
  4. Membuat Sosial Media untuk sarana memasarkan produk kamu. Banyak sekali sosial media yang bisa kamu gunakan. Usahakan membuat akun khusus untuk onlineshopmu, dengan tautan ke akun owner. Kamu bisa membuat akun dibanyak sosmed antara lain: facebook fanspage, twitter, instagram, line@, whatsapp. Bila perlu, anda dapat membuat website Toko online kamu. Semakin banyak sosial media yang digunakan untuk pemasaran, semakin banyak dong peluang onlineshop mu makin terkenal dan terpercaya! Jangan lupa cantumkan informasi disetiap sosial media. Hal ini memudahkan calon pembeli untuk mengkontak kamu kalau dia minat membeli. Keunggulan lain ketika kamu memiliki bisnis mu sendiri adalah kamu bisa menentukan jam kerjamu sendiri! Misalnya kalau weekend ingin merasakan waktu luang, kamu bisa menulis di kolom bio bahwa kamu hanya melayani transaksi dan cp pada senin-jumat.
  5. Mempromosikan kepada orang terdekat dan meminta untuk memfollow akun sosial media yang kamu buat! Tidak disarankan untuk membeli followers secara instan. Untuk beberapa calon pembeli, terkadang pertimbangan followers juga penting. Akun sosial media yang memiliki followers sangat banyak dengan likes sedikit tampak mencurigakan sehingga pembeli akan ragu. Kamu juga bisa mulai memfollow akun akun yang berkaitan dengan bisnis kamu. Ini membantu nama onlineshop kamu muncul ditimeline dan otomatis bisnis kamu semakin terkenal.
  6. Mulai memposting barang yang anda jual. Kamu bisa menggunakan judul semenarik mungkin. Jangan lupa menuliskan detail barang yang kamu jual. Detail barang seperti warna yang tersedia, jumlah barang, ukuran, berat benda, dan spesifikasi spesifikasi lain nya. Jangan lupa beri informasi tentang cara yang harus dilakukan calon pembeli jika berminat. Manfaatkan fungsi tagar jika kamu memposting produk kamu di Line@, twitter, dan instagram. Hal ini memudahkan pembeli mencari produk yang diinginkan dengan cara random. Kalau kamu memposting di website atau blog, maksimalkan pada judul dan kata kunci. Penggunaan judul dan kata kunci akan memudahkan post produk kamu muncul pada mesin pencarian. Kalau kamu kesulitan menentukan judul dan kata kunci, kamu bisa mencoba menggunakan google keyword tools atau Adword.
  7. Tetap rajin memposting produk kamu dalam jangka waktu terntentu. Sering kali ketika pembeli akan membeli sebuah produk, pembeli akan memperhatikan ke aktifan akun sosial media tempat pemasaran produk. Daripada telah mencoba mengkontak tetapi tidak aktif, maka pembeli akan memilih mencari onlineshop lain.
  8. Membuat testimoni. Testimoni kadang sangat penting dilakukan. Testimoni bisa berupa banyak hal, dari hasil screenshoot transaksi antara penjual dan pembeli hingga produk yang akan dikirim. Testimoni membuat onlineshop menjadi semakin terpercaya dan pembeli tidak ragu ragu untuk membeli di onlineshop kamu!
  9. Jika sudah mulai berkembang, gunakan jasa pengiklanan pada instagram, website, atau pada official line. Pengiklanan sangat penting dilakukan jika ingin onlineshopmu berkembang.
  10. Mencoba pengiklanan lewat endorse artis. Produk yang dipakai artis tampak cantik dan pastinya terpercaya, bukan? Maka bila onlineshop kamu sudah mulai , kamu bisa mencoba menginvestasikan sebagian uangmu dengan ini. Artis yang digunakan tidak perlu melulu artis ibukota. kamu bisa menggunakan artis instagram atau artis artis yang terkenal pada sosmednya. Mengapa? Karena terkadang harga yang ditawarkan untuk paid promote lebih terjangkau daripada artis ibukota. Padahal, kualitas artis instagram dan lain nya tidak kalah dengan artis ibukota dalam segi pempromosian produk.
  11. Tips Bersaing di Bisnis Online Shop terakhir adalah, ketika online sudah berkembang, kamu bisa menggunakan sistem admin. Ini kabar baik! Kamu adalah bos dalam bisnis kamu sendiri. Malahan, kamu bisa memperkerjakan orang orang disekitarmu. Kamu bisa bertindak sebagai penerima transaksi ketika pembeli sudah fix membeli produk.
Baca Juga  Cara Meningkatkan Efektivitas Meeting Room

Nah, itu tadi beberapa Tips Bersaing di Bisnis Online Shop yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis onlineshop.

Baca juga : Bagaimana Canva Mengubah Industri Grafis Desain di Era Digital

Kamu bisa menambah pemasukan atau sekedar menambah uang jajan. Berbisnislah sedini mungkin. Jangan takut akan resiko dan teruslah berkarya!

Comments

comments