Bagaimana Canva Mengubah Industri Grafis Desain di Era Digital

0 39

Sebuah bisnis besar bisa terwujud dari ide-ide yang dikembangkan potensinya. Contoh konkrit dari hal ini adalah Canva.Platform ini dibentuk oleh Melanie Perkins dan Cliff Obrecht. Mereka sebelumnya mengembangkan sebuah website platform desain online untuk buku tahunan sekolah. Mereka menamakannya Fusion Books.

Bisnis ini berkembang dengan sangat cepat. Dalam lima tahun, platform ini menjadi salah satu platform desain yang banyak digunakan orang. Tidak heran, bisnisnya bisa berkembang hingga Selandia Baru dan Perancis.

Website ini digunakan karena banyak orang yang tidak bisa melakukan desain. Mendesain sebuah buku tahunan itu merupakan hal yang sulit, rumit, memakan waktu, dan juga mahal. Sementara Fusion Book membuat desain menjadi mudah, sederhana, cepat, dan murah. Menjadikannya lebih banyak dipilih oleh banyak orang.

Canva Situs Membuat Grafis Online Terbaik

Kesuksesan Fusion Books tidak membuat Melanie Perkins dan Cliff Obrecht berpuas diri. Mereka melihat peluang besar teknologi di belakang Fusion Books. Platform yang mereka kembangkan ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih besar; bukan hanya sebuah platform untuk mendesain buku tahunan saja.Kemudian mereka membangun Canva. Website ini dibangun dengan semangat yang sama: membuat desain jadi lebih mudah, sederhana, cepat, dan murah. Hanya saja peruntukkannya lebih luas. Tidak hanya buku tahunan saja.

Kata desain lekat dengan hal yang berbau rumit, sulit, dan juga mahal. Tidak sepenuhnya salah. Karena sejak dulu ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam desain.
Orang awam akan sulit untuk mempelajari banyak hal yang lekat dengan dunia desain. Sebut saja seperti color palate, tipografi, hierarki, space, font, skala, brand, hingga ide desain dan banyak istilah lainnya.

Selain itu, desain juga rumit karena alatnya sulit untuk dipelajari. Ada banyak alat atau software desain yang perlu dioperasikan oleh desainer ahli. Ditambah lagi, harganya yang juga mahal untuk bisa digunakan.

Baca Juga : 2710+ Kata Kata Romantis Buat Pacar Yang Jauh Disana

Related Posts
1 of 12

Menjawab Kesulitan Desain Banyak Orang di Dunia

Sudah banyak orang yang menggunakan Canva. Baik itu untuk keperluan pribadi, kantor, sekolah, bahkan hingga bisnis dan usaha kecil.

Para pelaku usaha kecil kini tidak perlu takut untuk mendesain logo bisnis mereka. Atau sekadar untuk mendesain header banner untuk akun halaman Facebook mereka sehingga lebih menarik. Dengan desain yang lebih menarik, bisnis pun semakin berkembang dan terlihat lebih profesional.

Di tahun pertamanya, Canva bisa menarik lebih dari 750 ribu pengguna aktif. Tahun ini, jutaan orang mulai menggunakannya di seluruh dunia. Berkembang dengan cepat, Canva juga sudah membangun dua buah kantor. Pertama ada di Sydney, Australia sementara kantor mereka yang kedua terletak di San Francisco, Amerika Serikat.Perkembangan ini tentunya memudahkan seluruh orang di dunia. Karena dahulu, desain merupakan sebuah hal yang menakutkan.

Sejak diluncurkan pada 2012, Canva sudah memiliki banyak template untuk menjawab masalah desain sehari-hari. Mulai dari template kartu nama, CV, poster, infografis, presentasi, proposal, undangan digital, blog, website, atau kartu ucapan kata kata romantis untuk kekasih.

Penggunanya tinggal memilih template yang diinginkan. Kemudian, kemudahan menjawabnya. Semudah drag-and-drop gambar, menyesuaikan ukuran elemen, memilih font, mengaplikasikan warna, dan menulis teks.

Masalah gambar? Jangan khawatir. Canva memiliki jutaan gambar dan foto yang bisa dipilih dan digunakan. Gambar ini bisa membuat desain pengguna semakin berwarna dan sesuai dengan kegunaannya.

Dengan itu semua, sudah jelas jika Canva merupakan platform desain grafis yang kini telah membantu banyak orang. Yang terpenting menjadikan desain tidak menakutkan lagi.
Canva adalah sebuah platform desain grafis yang bisa digunakan oleh semua orang. Ya, semua orang. Bahkan bagi mereka yang belum pernah melakukan desain pun bisa menggunakannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.