Cara Alami Menghaluskan Rambut Kasar Yang Benar

oleh -82 views
cara alami menghaluskan rambut
Ilustation : Pixabay

Cara alami menghaluskan rambut yang kasar adalah dengan memanfaatkan bahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Tekstur rambut kasar tentunya akan mengurangi penampilan, sebab rambut menjadi kering dan sulit diatur. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat rambut kasar menjadi halus.

cara alami menghaluskan rambut kasar dan kering

Langkah yang Baik untuk Menghaluskan Rambut Kasar

1. Tidak menggunakan banyak shampo saat keramas

Gunakan Jenis Shampo Yang Sesuai
Image : Pixabay

 

Keramas memang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut. Tapi terlalu sering keramas juga tidak baik untuk kesehatan rambut.

Sampo mengandung bahan kimia yang dapat mengurangi kelembaban rambut. Kandungan dalam sampo tidak hanya mampu menghilangkan kotoran, tapi juga minyak alami yang ada pada batang rambut dan kulit kepala.Agar rambut tidak menjadi kering,

cucilah dua hari sekali. Gunakan sampo lembut dengan kandungan pH antara 4,5 sampai 6,7. Sampo dengan pH seimbang juga dapat menjaga kelembaban rambut Anda. Rambut juga tidak menjadi kering dan kasar.

2. Menggunakan minyak jojoba

Menggunakan minyak jojoba
Ilustation : CewekBanget.ID

 

Rambut kering dan kasar bisa diakibatkan karena kurangnya produksi sebum di akar rambut.

Baca Juga  Yuk Cinta Diri Sendiri Dengan Supaya Lebih Percaya Diri : Be Your Self

Produksi sebum yang tidak mencukupi dapat membuat kulit kepala kekurangan nutrisi.

Kulit kepala yang tidak sehat juga berdampak pada rambut yang tidak sehat juga.Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan minyak jojoba untuk mengganti kekurangan sebum.

Caranya dengan menghangatkan dua sendok teh minyak jojoba, kemudian oleskan perlahan pada kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala, agar minyak jojoba merata di kulit kepala.

Bungkus rambut dengan handuk hangat selama 20 menit. Minyak jojoba akan bekerja dari akar hingga ujung rambut.

3. Menggunakan kondisioner tanpa dibilas

Penggunaan kondisioner leave on perlu dilakukan setiap kali akan keluar rumah. Kondisioner dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan polusi.

Lebih baik jika memilih kondisioner yang dibuat dari berbagai jenis minyak tumbuhan, seperti minyak urang aring, minyak kemiri, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

4. Menggunakan deep conditioning

Menggunakan deep conditioning
Ilustation : wikihow

 

Penggunaan deep conditioning dianggap sebagai cara terbaik merawat rambut kasar.

Memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala dengan lebih dalam akan mengubah rambut kering menjadi lembab dan lebih berkilau. Bahan deep conditioning yang terbaik adalah alpukat.Caranya cukup mengambil daging alpukat dan menghaluskannya.

Tambahkan kuning telur dan dua sendok minyak zaitun dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil memijat-mijat kepala dengan perlahan.

Selanjutnya, tutup kepala dengan menggunakan handuk atau plastik shower selama satu jam, setelah itu bersihkan rambut hingga bersih.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tidak Sedap Bekas Kaki

Merawat rambut tidak hanya dilakukan dari luar saja. Anda harus memberi asupan gizi yang cukup untuk rambut Anda dengan memakan makanan sehat.

Perbanyak makan sayuran hijau dan buah-buahan yang berwarna kuning. Tambahkan juga konsumsi air putih untuk menjaga kelembaban rambut. Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin.

5. Metode Merawat Rambut dengan Masker

Merawat Rambut dengan Masker
ilustation : Dreamers.id

 

Merawat rambut dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami dapat dilakukan siapa saja. Misalnya membuat masker dari santan kelapa,

meskipun santan kelapa umumnya digunakan unrtuk memasak, tapi dapat dipakai untuk melembabkan rambut dan mencegah rambut pecah-pecah.

Caranya dengan menyiapkan santan kental yang dapat Anda peras sendiri, setelah itu usapkan pada kulit kepala dan rambut secara merata.

Lakukan pijatan lembut di kulit kepala, setelah itu diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bersihkan rambut hingga bersih dengan menggunakan air dingin.

Untuk hasil maksimal lakukan metode tersebut seminggu sekali, hingga memperoleh kesehatan kulit kepala. Cara alami menghaluskan rambut yang kasar tersebut dapat dilakukan di rumah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Semoga dengan Penjelasan oleh admin mandirisaja.com anda dapat memiliki rambut halus yang sehat dan cantik.jangan lupa untuk share artikelnya kepada teman social media anda,eh iya jangan lupa juga untuk melihat artikel menarik lainnya seputar cara melembutkan rambut yang kaku mudah-mudahan bisa membantu anda dalam hal rambut.

Comments

comments