2 Cara Membedakan Kucing Persia Murni Dan Medium

  • Bagikan
Cara Membedakan Kucing Persia Murni Dan Medium

Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui tentang istilah medium pada kucing Persia?

Ya, mungkin sebagian besar dari masyarakat belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan kucing Persia medium.

Hal tersebut wajar saja, karena istilah medium yang berkaitan dengan kucing ini hanya digunakan di beberapa negara saja seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan beberapa negara bagian timur lain.

Di negara-negara Eropa, istilah jenis Persia medium memang tidak pernah digunakan.

Sedangkan di Indoesia sendiri, tidak sedikit peternak atau pemilik yang melakukan kawin silang antara jenis Persia dengan jenis kucing impor lainnya.

Sehingga tidak sedikit pula pembeli atau penyuka kucing yang terkadang tertipu, bahwa kucing tersebut bukanlah kucing jenis Persia murni.

Lalu seperti apa kucing jenis Persia murni dan kucing jenis Persia medium, dan apa yang membedakan keduanya?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat diamati untuk mengenali mana kucing jenis Persia murni dan kucing jenis Persia medium.

Perbedaan kucing Persia murni dan kucing Persia medium

1. Kucing Persia Murni

kucing persia pesek

Seperti yang telah banyak diketahui mengenai kucing Persia ini, bahwa kucing jenis Persia merupakan salah satu jenis kucing yang berhidung pesek.

Maka slaah satu cara mudah untuk dapat mengetahui apakah kucing jenis Persia tersebut murni atau bukan, adalah dengan mengamati bentuk hidungnya.

Jika hidung kucing Persia tersebut pesek, maka bisa hampir dipastikan bahwa kucing tersebut adalah ras murni.

Namun apabila hidungnya mancung atau kurang pesek, kemungkinan besar kucing tersebut adalah kucing Persia medium.

Kucing jenis Persia medium adalah jenis kucing jenis Persia yang dikawinsilangkan dengan jenis kucing lainnya, baik kucing impor ataupun kucing lokal.

2. Kucing Persia Medium

kucing persia medium

Tak hanya itu saja, bahkan hasil perkawinan silang antara kucing Persia dan kucing Anggora juga disebut dengan istilah medium.

Kucing jenis Persia medium juga terdiri dari dua jenis bulu, yaitu long-hair (bulu panjang) dan short-hair (bulu pendek).

Karena bukan merupakan kucing jenis Persia murni tentu saja harga yang dibanderol untuk setiap ekor kucing jenis Persia medium jauh lebih murah.

Tapi hal tersebut tidak selalu menjadi patokan. Karena terkadang juga ditemukan kucing jenis Persia medium yang dijual dengan harga yang sama bahkan lebih mahal.

Harga kucing ini medium yang dibanderol lebih mahal dikarenakan tampilan fisik dan perilaku kucing tersebut bisa saja lebih lucu dan menggemaskan daripada kucing jenis Persia ras murni.

Selain dilihat dari tingkat kelucuan dan seberapa menggemasakan kucing jenis Persia tersebut, biasanya harga juga didasarkan pada jenisnya masing-masing.

Biasanya, harga kucing Persia, baik medium atau ras murni menjadi lebih mahal karena dikaitkan dengan vaksin. Kucing yang sudah atau belum di vaksin tentunya juga mempengaruhi harga jualnya.

Kucing jenis Persia biasanya dijual mulai dari harga sekitar Rp 350.000 – Rp 500.000,-/ ekor. Sedangkan untuk warna red tabby dan jenis peaknose dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal, yaitu sekitar 1 – 2 jutaan rupiah.

Baca Juga :

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *