Cara Menghentikan Kebiasaan Kucing Mengeong Berlebihan

oleh -19 views
Cara Menghentikan Kebiasaan Kucing Mengeong Berlebihan

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing memang merupakan hal yang menyenangkan, dengan tingkah dan perilakunya yang lucu dan menggemaskan. Namun, bagaimana jika kucing peliharaan Anda kerap mengeong atau mengeong secara berlebihan?

Tentu akan sangat mengganggu bukan? Mengeong memang merupakan cara mereka berbicara dan menyampaikan maksud atau keinginan mereka. Selain itu, kucing peliharaan sangat bergantung pada majikan atau pemiliknya, baik itu perihal pakan atau tempat tinggal. Lalu, apa yang terjadi ketika kucing peliharaan tersebut tidak berhenti mengeong?

Jika alasannya belum terlalu jelas mengapa, sebaiknya kucing tersebut dibawa ke dokter hewan. Biasanya, kucing yang sering mengeong atau merengek, berharap mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Oleh karena itu, kucing-kucing tersebut tidak akan berhenti mengeong sebelum mendapatkan apa yang mereka harapkan.

Baca Juga : Mengenal Gejala Glaukoma pada Kucing Kesayangan Kamu

Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan untuk menghentikan kucing mengeong berlebihan.

  1. Hindari membentak kucing pada saat ia mengeong terus menerus. Kucing tidak akan memahami apa maksud bentakan manusia, justru sebaliknya. Bentakan tersebut akan dianggapnya sebagai respon baik, bukan kemarahan. Karena dengan membentaknya, kucing tersebut telah berhasil mendapatkan perhatian. Selain itu, membentak juga dapat memunculkan rasa takut, yang tentu akan menimbulkan masalah di dalam relasi majikan dengan hewan peliharaannya.
  2. Periksalah kondisi kucing tersebut, apakah ia sedang dalam keadaan sakit atau tidak. Karena biasanya, kucing yang sedang dalam kondisi tidak sehat akan menjadi rewel atau justru sebaliknya, yaitu diam sama sekali. Selain itu, kucing termasuk binatang yang pandai menyembunyikan sakit, maka sebagai pemilik, Anda harus rajin-rajin mengecek kondisinya. Selalu sediakan pakan, minum, serta toilet seperti kotak pasir, supaya kucing tersebut tidak rewel.
  3. Jika semua perawatan dan pemeliharaan sudah dilakukan dengan baik, namun kucing tidak juga berhenti mengeong, maka yang harus dilakukan adalah mengubah kebiasaannya. Yaitu, mencoba untuk tidak terlalu memperdulikan suara meong mereka. Selain itu, perlu dibiasakan juga bahwa kucing tersebut tidak akan mendapatkan apa yang mereka inginkan jika mereka masih terus mengeong. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mulai memberikan pakan sedikit demi sedikit pada saat mereka mengeong berlebihan, sampai akhirnya mereka memahami jika mereka tidak mau diam, maka mereka tidak akan mendapatkan makanan itu.
  4. Beberapa orang menyatakan bahwa untuk menghentikan suara meong yang terus menerus dapat diatasi dengan cara meniup wajahnya. Tidak perlu keras meniup, hanya saja tiupan tersebut haruslah sedikit mengejutkannya, supaya ia beralih melakukan hal lain.
  5. Buatlah ia tertidur sebelum jam tidur Anda, supaya pada malam hari ia tidak rewel dan mengeong terus menerus. Ajaklah kucing peliharaan Anda bermain hingga kelelahan, setelah itu berikan juga makan. Pastikan juga banyak mainan yang mengelilinginya supaya ia tidak terfokus kepada Anda jika terbangun di malam hari.

Comments

comments

Baca Juga  Yuk Kita Berkenalan dengan Kucing Chantilly