12 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Tidak Perih

oleh
cara mengobati sariawan-min
Sumber image : surabaya.tribunnews.com

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih – Sariawan adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu kegiatan anda. Anda akan sulit makan hingga berbicara karena mulut anda akan terasa sakit saat melakukannya. Penyakit yang sangat mengganggu ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C dan dehidrasi sehingga kuman akan lebih cepat masuk ke dalam tubuh dan sebagai akibatnya muncullah sariawan ini.

Berikut adalah beberapa cara mengobati sariawan.

 

1. Garam dan Baking Soda

Garam dan Baking Soda

Cara pertama yang terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan sariawan adalah dengan menggunakan garam dan baking soda. Kedua bahan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut.

Karena di dalam garam dan baking soda terdapat zat antiseptik yang dapat membantu menjaga kebersihan rongga mulut anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Mengeras

Tentu saja hal ini juga akan berdampak baik terhadap sariawan yang sedang anda derita. Anda dapat mencampur garam, baking soda dan segelas air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Perbanyaklah makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi seperti yang ada pada seral, kalkun, ham, biji wijen, gandum, telur dan brokoli.

Makan dengan kandungan zat besi tinggi ini sangat baik untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan zat besi akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan saat tubuh menjadi kebal maka sariawan akan hilang secara perlahan.

Baca Juga : Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Tips Mengatasinya

Jika anda tidak mau repot dengan mencari makanan yang mengandung zat besi, anda bisa membeli suplemen zat besi yang bisa anda dapatkan di toko obat atau apotek di sekitar anda. Namun menggunakan bahan alami lebih dianjurkan karena akan memiliki efek jangka panjang yang lebih baik.

3. Mengkonsumsi Air Kelapa

Mengkonsumsi Air Kelapa

Air kelapa muda sudah lama dikenal berguna untuk membuang zat sampah atau racun yang mengendap di dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk detoksifikasi ternyata air kelapa muda juga baik untuk menghidrasi tubuh, perlu anda ketahui bahwa sariawan biasa tumbuh pada tubuh seseorang yang kurang terhidrasi dengan baik atau dengan kata lain dehidrasi.

Jadi mengkonsumsi air kelapa muda dapat membantu mengobati sariawan dengan cepat. Air kelapa yang baik adalah yang berasal dari kelapa hijau atau kelapa wulung.

Baca Juga : Kulit Kering? Atasi Dengan Cara Ini Supaya Lebih Fresh

Air dari kelapa hijau ini selain baik untuk sariawan juga mengandung zat anti oksidan yang sangat tinggi yang nantinya juga akan berdampak baik pada kesehatan tubuh anda.

4. Minyak Kelapa dan Madu

Minyak Kelapa dan Madu

Bahan berikutnya yang baik untuk mengobati sariawan adalah campuran dari minyak kelapa dan madu. Minyak kelapa dan madu yang dicampurkan bersama memiliki sifat anti bakteri sehingga baik untuk mengobati sariawan.

Baca Juga : Agar Lipstik Tahan Lama Supaya Tahu Baca Tipsnya Berikut Ini

Caranya cukup mudah, anda tinggal membuat pasta dari campur 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm madu. Oleskan campuran ini pada bagian yang terkena sariawan, dalam waktu singkat sariawan anda akan sembuh.

5. Kunyit

Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang sudah dikenal baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit pada tubuh. Untuk mengobati kunyit anda bisa membuat pasta dari parutan kunyit, oleskan pasta kunyit ini pada bagian mulut yang terserang sariawan.

Lakukan hal ini secara rutin 3 kali sehari untuk segera menyingkirkan sariawan dari mulut anda. Selain dengan membuat pasta kunyit anda juga bisa membuat minuman kunyit asam yang bisa anda minum setiap hari untuk membantu mengobati sariawan anda.

Mengkonsumsi kunyit secara rutin juga baik bagi daya tahan tubuh anda dan anda akan terhindar dari serangan-serangan sariawan berikutnya.

6. Mengkonsumi Buah-Buahan

Mengkonsumi Buah-Buahan

ini adalah salah satu cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Tubuh memerlukan vitamin C yang cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Jika anda tidak mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda maka akan timbul beberapa masalah seperti sariawan.

Sariawan salah satunya disebabkan oleh kekurangan vitamin C dalam tubuh. Untuk mengobati vitamin C cukup mudah, anda tinggal mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C maka sariawan akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga : 9 Cara Agar Kulit Putih Dengan Cepat Secara Alami Terbukti Ampuh

Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi antara lain jambu biji, mangga, jeruk, lemon, jeruk nipis, delima dan masih banyak lagi, anda bisa memilih buah apa yang akan anda konsumsi sesuai dengan selera anda. Pastikan anda mengkonsumsi buah tidak dalam jumlah yang terlalu berlebihan karena hal itu akan berdampak buruk pada kesehatan pencernaan anda.

7. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

Untuk mengobati sariawan dengan menggunakan jambu biji caranya cukup mudah, anda tinggal mengunyah daun jambu biji segar dan tempelkan hasil kunyahan anda pada bagian yang terserang sariawan. Hal ini sudah dikenal lama untuk mengobati sariawan secara tradisional.

Lakukan langkah ini secara rutin setiap hari hingga sariawan anda sembuh, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 3 hari. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik anda bisa menambahkan sedikit garam pada daun jambu biji yang anda kunyah.

8. Pisang dan Madu

Pisang dan Madu

Ada lagi bahan yang dapat anda manfaatkan sebagai obat sariawan, yakni campuran antara pisang dan madu. Pisang dan madu memiliki manfaat yang baik untuk mencegah dan mengatasi peradangan.

Sariawan sendiri sangat rentan terhadap peradangan, pisang dan madu ini akan sangat membantu anda dalam menghilangkan sariawan. Anda bisa membuat pasta dari campuran pisang dan madu atau anda juga bisa membuat jus dari bahan-bahan ini sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih.

9. Bawang Putih

Bawang Putih

Satu lagi rempah yang memiliki sejuta khasiat yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati sariawan, yakni bawang putih. Bawang putih terkenal memiliki zat yang dapat meredakan luka luar maupun dalam dengan waktu yang singkat.

Untuk mengobati sariawan anda cukup mengunyah satu siung bawang putih segar secara mentah dan tempelkan hasil kunyahan anda tadi pada bagian yang terserang sariawan, dalam waktu singkat sariawan anda akan lenyap.

10. Konsumsi Vitamin

Konsumsi Vitamin

Sariawan disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C harian. Salah satu cara mengobati sariawan yang paling praktis adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda dan menguatkan daya tahan tubuh anda. Dengan menguatnya sistem kekebalan tubuh anda maka sariawan juga akan lenyap sedikit demi sedikit.

11. Konsumsi Yoghurt

Konsumsi Yoghurt

cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih salah satunya adalah dengan yoghurt Mengkonsumsi yoghurt memang sangat baik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri di dalam tubuh, jumlah antara bakteri baik dan bakteri jahat.

Itulah sebabnya yoghurt juga merupakan bahan yang baik untuk mengobati sariawan karena peradangan yang terjadi akibat sariawan akan dapat ditekan dan bakteri penyebab sariawan akan mati karena dilawan oleh bakteri baik dari yoghurt.

12. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Selain disebabkan karena kekurangan vitamin C harian, sariawan juga dapat disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh yang mengakibatkan tubuh bereaksi dan muncullah sariawan ini. Oleh karena itu saat anda terserang sariawan jangan sampai tubuh anda dehidrasi.

Minumlah air putih sebanyak-banyaknya minimal mengikuti anjuran dokter yang menyarankan untuk meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Dengan tercukupinya cairan tubuh sariawan akan hilang dengan sendirinya.

Demikianlah beberapa cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *