in

8 Cara Mengusir Tokek dari Rumah Anda Supaya Tidak Ada

Pada kesempatan kali ini mandirisaja.com akan menjelaskan tentang cara mengusir tokek  yang terbukti ampuh.Tokek, alias cicak berukuran besar, kerap ditemukan di sekitar rumah. Tentunya, tidak semua orang menyukainya. Bahkan, anak-anak kerap ketakutan melihat tokek, belum lagi suaranya yang kerap mengganggu. Anda pernah merasa seperti berada di tengah hutan karena suara tokek yang berisik? Nah, anda tentu membutuhkan cara mengusir tokek yang ampuh.

Dengan demikian, kenyamanan di rumah anda tidak akan terganggu oleh keberadaan binatang melata ini Selain itu, tokek juga berpotensi berbahaya.

Jika merasa terancam, tokek juga bisa menggigit. Konon, gigitannya sangat sulit dilepaskan. Jadi, bukankah lebih baik jika hewan melata ini diusir dari sekitar rumah kita?,

Cara Mengusir Tokek dengan Bahan Berbau Tajam

Bagaimana Cara Mengusir Tokek di Rumah Anda
Image : Wikimedia Commons

Untungnya, cara mengusir tokek tidaklah terlalu sulit. Ada banyak bahan yang bisa anda manfaatkan di rumah untuk mengusir hewan melata ini tanpa harus membunuhnya.

Ternyata, hewan melata ini tidak menyukai aroma yang kuat dan menyengat. Bahan-bahan rumahan seperti bawang merah, tembakau, merica, kapur barus, atau bahan lainnya cukup ampuh mengusir tokek dari rumah anda.

Wajib Di baca nih : 16 Cara mengusir tikus yang terbukti ampuh

Nah, daripada membunuh tokek, lebih baik anda mengusirnya dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut:

Anti Nyamuk

cara mengusir tokek dengan anti nyamuk

Tentunya, cairan anti-nyamuk biasanya tersedia di rumah anda, bukan? Nah, anda bisa menggunakannya untuk mengusir tokek.

Caranya mudah: cukup semprotkan cairan anti-nyamuk ke arah tokek yang lewat. Dengan menggunakan cairan atau lotion anti-nyamuk, niscaya tokek akan kabur. Mengapa? Hewan melata ini tidak menyukai aroma yang menyengat.

Opsi berikutnya adalah menggunakan lotion anti-nyamuk. Atau, oleskan cairan anti-nyamuk ke tempat yang kerap dilalui tokek atau tempat persembunyian tokek. Namun untuk mencegah hal yang tak diinginkan, pastikan lotion atau cairan anti-nyamuk disimpan di tempat yang tidak terjangkau anak-anak.

Baca Juga  Cara Mencerahkan Dan Memutihkan Kulit Wajah Secara Tradisional

Air Merica

cara mengusir tokek dengan Air Merica

Tahu dong seperti apa sifat yang dihasilkan merica (Piper Nigrum L)? Panas dan pedas. Nah, tokek pastinya tidak menyukai keduanya. Untuk mengusir tokek yang mengganggu, lakukan langkah berikut:

  • Siapkan bubuk merica dan air secukupnya;
  • Campurkan air dengan bubuk merica, dan masukkan ke dalam botol semprotan.
  • Semprotkan cairan merica di tempat persembunyian tokek atau daerah yang biasanya dilalui hewan melata ini.

Semprotkan beberapa kali, hingga tokek benar-benar menghilang dari rumah anda. Aroma merica yang kuat dan sensasi panas yang dihasilkan membuat tokek tidak tahan berada di rumah anda. Seperti diketahui, merica mengandung sejenis senyawa kimia bernama piperin. Partikel kecil inilah yang berbau tajam.

Ketika seseorang menghirup merica, maka senyawa piperin akan masuk dan mengganggu membran. Pada manusia, reaksi yang paling umum dalam bersin. Namun, tokek, cicak, atau serangga tidak akan tahan dengan aroma piperin.

Kapur Barus

cara mengusir tokek dengan Kapur Barus

Satu lagi bahan rumahan yang tidak disukai aromanya oleh tokek adalah kapur barus. Jadi, anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir hewan ini. Aroma kapur barus memang tidak disukai banyak hewan, terutama jenis serangga dan hewan melata.

Cara penggunannya juga sederhana.

Cukup taruh kapur barus di tempat di mana tokek sering berada, misalnya pada dinding perabot, di belakang lemari, atau di atas plafon.

Rumah anda tidak hanya akan bebas dari tokek, namun juga dari serangga dan hewan melata yang dapat mengganggu kenyamanan anda dan keluarga.

Kapur barus saat ini dibuat dari bahan bernama naftalena dan paradichlorobenzene yang menghasilkan bau yang sangat khas dan tajam. Menurut para ahli, bau ini berasal dari proses perubahan dari benda padat menjadi gas.

Selain mengusir tokek, aroma yang dikeluarkan kapur barus juga dapat membunuh larva nyamuk atau ngengat. Namun, perlu diingat bahwa kapur barus mengandung zat kimia yang mungkin dapat mengganggu kesehatan. Jadi, hindari menaruh kapur barus di tempat yang berdekatan dengan makanan.

Baca Juga  Bagaimana Canva Mengubah Industri Grafis Desain di Era Digital

Bawang Merah/ Bawang Putih

cara mengusir tokek dengan Bawang Merah: Bawang Putih

Bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak kegunaan. Aromanya yang kuat menyengat dan rasa yang pedas ternyata ampuh untuk menjauhkan tokek dari rumah anda. Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Siapkan beberapa siung bawang merah atau bawang putih, lalu iris.
  • Masukkan irisan bawang merah/bawang putih pada wadah atau cawan kecil.
  • Letakkan di tempat persembunyian tokek.
  • Ganti setiap minggu.

Tokek pastinya tidak akan mau mendekati cawan yang berisi irisan bawang. Selain baunya yang menyengat, sejenis minyak atsiri pada bawang merah akan menghasilkan rasa perih pada badan tokek.

Manusia saja kerap merasa tidak tahan dengan rasa panas yang dihasilkan bawang merah. Apalagi tokek yang berukuran kecil?

Jika menggunakan bawang putih, anda bisa menggeprek beberapa siung bawang putih (jangan terlalu halus), masukkan ke dalam kantong plastik yang sedikit dilobangi, dan taruh di daerah di mana tokek sering ditemukan.

Tembakau

Satu lagi cara mengusir tokek dengan bahan-bahan berbau menyengat adalah menggunakan tembakau. Ya…tembakau memiliki aroma yang tajam dan rasa yang cenderung pedas. Tokek maupun cicak akan sama-sama menjauhinya. Berikut cara menggunakannya:

Siapkan segenggam tembakau

Masukkan ke dalam kantong plastik, dan beri sedikit lubang agar aroma tembakau bisa keluar.
Letakkan di tempat yang kerap dilalui tokek.

Jika anda terganggu dengan banyaknya cicak di plafon, gantung kantong tembakau di dekat lampu.
Aroma tembakau yang tajam akan membaut tokek menjauh.

Kulit Jeruk

cara mengusir tokek dengan kulit jeruk

Apakah mata anda pernah terasa perih akibat mencium kulit jeruk? Bagi manusia, aroma kulit jeruk mungkin terasa segar dan khas. Tidak heran jika bahan ini digunakan sebagai bahan pembuatan aroma terapi.

Baca Juga  Kata Kata Bijak Pilihan Dari Orang Berpengaruh Di Dunia

Nah, ternyata kulit jeruk juga ampuh untuk mengusir tokek dari rumah anda. Minyak atsiri yang terdapat pada kulit jeruk menebarkan aroma yang khas dan tidak disukai tokek.

Anda bisa menggunakan kulit jeruk bali atau kulit lemon sebagai pengusir tokek. Adapun cara menggunakannya adalah:

  • Siapkan kulit jeruk dan remas sedikit hingga aromanya keluar
  • Taruh di beberapa tempat yang kerap dilewati tokek
  • Ganti secara teratur hingga tokek tidak ada lagi di rumah anda.

Kopi

cara mengusir tokek dengan kopi

Anda tentu menyukai aroma kopi bukan? Bahan minuman ini menebarkan aroma yang enak saat diseduh dengan air panas. Siapa sangka kalau kopi justru bisa membantu anda mengatasi tokek yang merajalela.

Hewan melata ini ternyata tidak menyukai aroma yang dihasilkan kopi. Jadi, tebarkan biji kopi atau bubuk kopi di tempat-tempat yang kerap dilalui tokek.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi Yang Sangat Luar Biasa Perlu Di Ketahui

Kesimpulan

Bahan-bahan alami di atas dapat membantu anda menyingkirkan tokek tanpa harus membunuhnya. Tentunya masih banyak bahan alami lain yang fungsinya sama.

Namun yang terpenting adalah bagaimana anda meminimalisir faktor-faktor yang dapat mengundang datangnya tokek. Sebagai contoh, nyamuk dan lalat yang berada di rumah adalah makanan tokek.

Jika di rumah anda terdapat banyak nyamuk, besar kemungkinan tokek juga akan datang.

Sebaliknya, jika rumah anda dijaga kebersihannya dan anda tidak menyisakan banyak ruang untuk persembunyian tokek, maka hewan melata ini secara alami akan menjauh.

Kuncinya berada pada kebersihan rumah anda. Bahan-bahan di atas hanyalah media untuk menjauhkan tokek dari lingkungan rumah anda.demikian artikel tentang Cara mengusir tokek yang sudah saya jelaskan di atas alangkah baiknya anda harus mempraktekan supaya tidak penasaran sukses selalu.

What do you think?

147 points
Upvote Downvote

Written by Mandirisaja

Mandirisaja.com mencoba memberikan hal yang bermamfaat bagi penikmat pembaca artikel karena semakin banyak membaca ! ilmu pengetahuan otomatis semakin bertambah.

" Kasih saya masukan dan comentar yang bersifat positive"

hubungan jarak jauh

5 Tips Hubungan Jarak Jauh Semakin Awet Dan Langgeng

cara mengusir tikus

16 Cara Mengusir Tikus Di Rumah