,

Cara Meningkatkan Efektivitas Meeting Room

oleh -81 views
Meeting Room

Biasanya sebuah meeting atau rapat identik dengan suasana yang serius dan tegang baik dengan rekan kerja, rekan bisnis, klien maupun atasan namun hal itu dapat diatasi dengan membuat sebuah meeting room yang menyenangkan.

Meskipun jarang digunakan keberadaan meeting room dalam sebuah perusahaan maupun instansi menjadi hal yang krusial karena tempat ini berfungsi sebagai lokasi pertemuan yang berhubungan dengan bisnis baik dengan sesama karyawan, dewan direksi, klien, maupun partner bisnis.

Meeting room seharusnya dibuat senyaman mungkin oleh karena itu dalam pembuatannya sebaiknya dibuat minimalis dan fleksibel. Konsep ruangan minimalis membuat ruangan menjadi lebih luas dan menciptakan area gerak yang lebih leluasa.

Meeting room terbagi menjadi 2

1.Meeting room formal

Sebuah meeting room yang digunakan untuk rapat resmi biasanya membahas hal-hal penting dan penyelenggaraannya berdasarkan peraturan yang disertai protokol-protokol yang mengatur keberlangsungan rapat

2. Meeting room informal

Biasanya memiliki desain yang lebih santai dan digunakan untuk rapat tidak resmi antar karyawan dan tanpa persiapan yang istimewa

Cara membuat meeting room menjadi efektif adalah

1. Budget

Saat kita akan membuat sebuah meeting room yang perlu diperhatikan pertama kali adalah budget atau biaya yang harus dikeluarkan. Disini biaya tidak hanya tentang pembuatan namun juga termasuk biaya operasionalnya sebelum membuatnya sebaiknya buatlah perencanaan yang matang tanpa adanya perencanaan yang matang bisa mengakibatkan biaya yang kita keluarkan melebihi target.

Baca Juga  Review Sera Astra sebagai Perusahaan Logistik Indonesia

2. Penggunaan cat dinding

Dalam pemilihan warna cat dinding sebaiknya menggunakan warna netral mengapa demikian? Karena warna netral tidak terlihat mencolok sehingga fokus peserta rapat tidak terbagi, warna warna dari elemen alam dapat memberikan suasana santai rileks dan nyaman serta tidak membuat mata penat.

3. Cahaya

Cahaya ruangan ikut mengambil peran dalam menjaga kekondusifan sebuah rapat. Kurangnya pencahayaan dapat mengganggu peserta rapat yang memiliki gangguan penglihatan serta menurunkan semangat para peserta, selain itu ruangan yang redup rentan membuat tubuh menjadi mudah mengantuk hal tersebut sangat mempengaruhi daya tangkap informasi seseorang.

Untuk itu pencahayaan yang cukup sangat diperlukan namun penggunaan lampu yang cukup banyak dapat menambah beban biaya listrik operasional. Cara yang paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan sumber cahaya matahari yang dapat diakses melalui kaca jendela.

4. Perangkat elektronik

Saat ini teknologi sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama dibidang peralatan elektronik. Penggunaannya sangat dibutuhkan dalam sebuah meeting room karena dapat membantu keberlangsungan rapat lcd proyektor, komputer, serta speaker merupakan seperangkat elektronik yang tidak boleh dilupakan. Selain penggunaan beberapa alat elektronik adannya konektivitas jaringan internet juga perlu diperhatikan.

Meeting room tidak bisa dibuat asal-asalan melainkan harus memperhatikan beberapa hal penting diantaranya adalah mengetahui profil calon peserta. Siapakah yang akan hadir menjadi poin penting jika yang hadir karyawan biasa maka ruangan didesain dengan konsep yang lebih santai jika yang hadir para eksekutif ruangan dapat didesain dengan interior yang mewah.

Baca Juga  Seperti Inilah Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB Yang Harus Anda Ketahui

Kemudian perlu diperhatikan pula jumlah peserta yang akan hadir hal ini penting untuk menentukan ruangan yang hendak dipakai serta banyaknya kursi yang hendak digunakan .

Jika anda menginginkan sebuah meeting room yang lebih praktis tanpa harus memikirkan hal diatas anda dapat menyewa sebuah meeting room di GO-WORK. Disana menyediakan berbagai macam tipe meeting room dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Cara mengaksesnya sangat mudah cukup melalui smartphone kesayangan anda.

Comments

comments