Cara Merawat Bayi Kelinci Baru Lahir Sampai Dewasa

0 168

Ditulisan kali ini mandirisaja.com akan membahas tuntas seputar cara merawat bayi kelinci baru lahir yang dimana sangat bermamfaat bagi yang lagi ternak kelinci di rumah.Bagi Anda yang memelihara kelinci, pasti sangat menyenangkan bila melihat kelinci peliharaan Anda melahirkan anak-anaknya. Selain itu, hal ini juga akan sangat menguntungkan bagi peternak kelinci. Perlu diketahui, dalam satu tahun, kelinci bisa mengandung sebanyak lima kali. Uniknya, kelinci adalah hewan yang memiliki dua rahim. Oleh karena itu, kelinci mampu melahirkan dalam jumlah yang cukup banyak dalam satu waktu. Untuk merawat bayi kelinci diperlukan perlakuan khusus. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk merawat bayi kelinci supaya kesehatannya tetap terjaga dan  dapat bertumbuh kembang dengan baik.nah oleh karena itu saya sebagai admin dari mandirisaja.com akan membahas tuntas seputar cara merawat bayi kelinci baru lahir disimak yah guys semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermamfaat bagi anda,

Cara Merawat Bayi Kelinci Baru Lahir

merawat bayi kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

Memperhatikan Induk Kelinci

indukan kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

Setelah melahirkan, induk tidak boleh dipisahkan dengan bayi-bayinya minimal sampai usia dua bulan. Hal ini bertujuan untuk menghindari serangan hewan-hewan pemangsa lainnya dan supaya anaknya bisa selalu diperhatikan oleh induknya,Biasanya hewan yang memangsa anak kelinci yang sering terjadi yaitu tikus.maka dari itu alangkah baiknya si indukan kelinci harus tetap merawat bayinya Jika induk kelinci ingin keluar dari kandangnya, usahakan bayi-bayi kelinci tersebut sudah disusui supaya bayi kelinci bisa tidur dan sebaiknya anda harus memantau prilaku indukan kelinci ke bayinya.

Makanan Untuk Bayi Kelinci Baru Lahir

cara merawat bayi kelinci baru lahir
Sumber gambar : http://kelinci-wongkito.blogspot.co.id/

Pemberian makanan untuk indukan kelinci yang masih menyusui bayi-bayi mereka sangat penting untuk diperhatikan. Karena bayi kelinci yang usianya sudah menginjak satu bulan, biasanya ia ikut memakan makanan yang dimakan oleh induknya. Usahakan untuk tidak memberi makanan berupa sayuran atau rerumputan yang terlalu segar. Sebaiknya diamkan terlebih dahulu hingga terlihat cukup layu dan berkurang kandungan airnya. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari mencret/ diare pada kelinci. Selain itu, rajin-rajinlah menyediakan air minum, bisa diletakkan dalam botol yang digantung pada dinding kandang. Selain sayuran, Anda juga bisa memberi makan kelinci berupa pellet khusus kelinci yang dijual di toko hewan atau para peternak kelinci lakukan seperti itu terus sampai kelinci sudah berumur 2 bulan sesudah cukup umur alangkah baiknya kelinci diberi makanan yang penuh dengan vitamin dan berikut ulasan lengkap tentang makanan terbaik untuk kelinci.

Membahas makanan kelinci tentu tidak ada habisnya. Banyak silang pendapat dan pengalaman makanan apa yang paling baik dan tidak menimbulkan mencret. Usus kelinci terkenal sangat rawan sehingga salah pemberian berakhir pada kematian. mereka tidak bisa memuntahkan kembali makanan yang susah dicerna sehingga beban usus menjadi berat. Karena itu hampir sebagian besar kematian kelinci berawal dari seputar masalah pencernaan. kali ini admin akan memaparkan makanan yang terbaik bagi kelinci kesayangan. Berikut ulasannya khusus untuk sahabat mandirisaja.com.

Sayuran Dan biji-bijian Untuk Kelinci

Sayuran untuk kelinci
Sumber Gambar : pixabay.com

Di alam bebas kelinci menyukai rumput, sayur dan biji. Tidak pernah ditemukan kelinci liar yang mati karena kembung dan mencret. Maka kita dapat mengadopsi menu mereka. Rumput timothy dikenal sebagai makanan terbaik untuk kelinci. Kadar airnya rendah, namun kaya akan serat. Rumput ini sering ditemukan di pinggi desa atau lapangan. Rumput ini tidak pernah dibudidayakan secara khusus, mereka tumbuh liar dimana saja. Ciri rumput timothi yaitu berdaun panjang, ruasnya tidak lebar dan memiliki bulu seperti ekor kucing di ujung. Dapat juga diberikan rumput legetan atau jerami yang telah difermentasi kemudian dikeringkan atau dikenal juga dengan istilah hay. Porsi rumput untuk seekor kelinci dewasa mencapai 70% dari total kebutuhan makanannya, atau sebanyak dua gulung sebesar tangan orang dewasa. Untuk mempermudah pencernaan, anda dapat memberikan sayuran hijau berupa daun caisim dan wortel untuk kelinci dewasa. Tetapi layukan dahulu dengan dijemur agar kadar airnya berkurang. Pemberian rumput bisa dilakukan pada sore hari sekitar pukul 15.00 hingga 17.00,

Pemberian Umbi Untuk Kelinci

ubi untuk kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

Untuk ubi anda bisa memberikan ketela pohon, ubi jalar dan jagung muda. Baik diberikan pada malam hari atau pagi hari. Pelet kering juga merupakan makanan terbaik untuk kelinci. Bisa dicampurkan ke dalam tempat makanan namun mengandalkan penggunaan pelet 100% mungkin kurang ekonomis untuk skala peternakan. Solusinya pelet dicampur dengan ampas tahu atau dedak yang telah dibasahi kemudian diperas. Ampas tahu kaya akan protein untuk memperbaiki kesuburan kelinci. Ampas tahu dapat bertahan hingga dua hari di tempat yang tertutup sedangkan dedak basah hanya baik hingga 4 jam. Kesalahan para peternak kelinci biasanya memberikan makanan yang sudah mulai berbau dengan alasan menghemat pengeluaran namun justru berujung pada kematian.

Buah buahan hanya berfungsi sebagai selingan. Buah manis seperti pir, semangka, melon, apel dan jeruk memiliki kadar gula tinggi dan kurang baik bagi kelinci. Beri secukupnya saja seminggu sekali. Hindari pemberian makanan dari sayuran bergetah pekat seperti kangkung, kubis dan kulit pisang . Sediakan juga air minum menggunakan botol gantung. Salah kaprah jika beranggapan kelinci tidak membutuhkan air minum sama sekali. Air minum akan membantu meringankan beban pencernaan pada perut kelinci dan mencegah dehidrasi terutama saat musim panas.nah seperti yang tertera didalam judul artikel yaitu cara merawat bayi kelinci baru lahir pada intinya harus diperhatikan dengan sebaik mungkin supaya kelinci dari mulai bayi sampai dewasa jarang terkena penyakit yang bisa membuat anda makin repot nantinya,maka wajib sekali untuk diperhatikan makanan yang tepat untuk kelinci.

Kandang Yang Bersih Untuk Bayi Kelinci

kandang untuk kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

Suhu kandang yang disiapkan untuk bayi kelinci juga harus diperhatikan. Usahakan untuk tidak terlalu lembab, namun juga tidak terlalu panas ketika siang hari, karena kelinci bisa mengalami stress. Udara yang terlalu panas tidak hanya mampu mengakibatkan stress namun juga kematian pada kelinci. Oleh karena itu, sangat penting memilih tempat yang cukup baik untuk meletakkan kandang, karena hal itu sangat berpengaruh pada kesehatannya. Sebaiknya kandang diletakkan di tempat yang masih dapat dijangkau oleh sinar matahari, namun tidak secara langsung. Selain itu, ventilasi dan sirkulasi udara juga harus diperhatikan. Jika kandang kelinci dibuat tinggi dan berkaki, sebaiknya alas/ lantainya dibuat dari kawat atau bambu dengan jarak yang cukup diperhitungkan. Jarak antar kawat atau bambu ditujukan untuk menghindari kaki kelinci yang mungkin saja terjepit.

Related Posts
1 of 4

Vitamin Menjadi Wajib Untuk Bayi Kelinci

vitamin untuk kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

Selain makanan dan kandang, pemberian vitamin juga sangat penting bagi kesehatan bayi-bayi kelinci,dan ini termasuk cara merawat bayi kelinci baru lahir yang efektif dengan pemberian vitamin apalagi ketika cuaca dan iklim sedang tidak menentu. Bayi kelinci yang kekurangan vitamin juga akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, berikan vitamin bagi bayi kelinci untuk menambah daya tahan tubuhnya, tentunya diberikan dengan dosis yang tepat. Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika merawat bayi kelinci.

Dan pada dasarnya cara Merawat bayi kelinci baru lahir memang gampang-gampang susah sih tergantung bagi anda yang ingin bayi kelincinya sehat,dan sebenarnya proses tidak akan mengkhianati hasil. Banyak hal yang sangat ataupun harus diperhatikan seperti yang dijelaskan diatas yaitu diantaranya suhu kandang untuk bayi kelinci, makanan & vitamin yang aman yang berguna untuk menambah daya tahan tubuhnya.

Nah dari tadi kita ngbahas tentang cara merawat bayi kelinci baru lahir nah sekarang bagaimana sih untuk cara memandikan kelinci dan tips ini bukan diperuntukan untuk bayi kelinci,akan tetapi jika kelinci sobat sudah berumur lebih dari 2 bulan supaya kekebalan tubuhnya sudah semakin kuat,karena disokong oleh makanan dan vitamin yang aman ketika saat merawat bayi kelinci.

Cara Memandikan Kelinci

Kelinci adalah mamalia yang lucu dan menggemaskan serta mudah dalam pemeliharaannya Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat ataupun membersihkan kelinci peliharaan kita agar terhindar dari penyakit serta tetap bersih sehingga aman diajak bermain bersama dengan anak-anak.Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memandikan ataupun membersihkan kelinci peliharaan anda agar bulu-bulunya indah serta wangi dan sehat.

1. Menyiapkan peralatan mandi Kelinci.

alat_alat mandi untuk kelinci
Sumber gambaR : http://kelinci-wongkito.blogspot.co.id/

Langkah pertama yang kita lakukan sebelum memandikan kelinci peliharaan kita yaitu menyiapkan segala keperluan mandi untuk kelinci : Siapkan 2 ember yang besar untuk tempat mandi sang kelinci, shampo khusus hewan kelinci dan air hangat. Shampo khusus untuk kelinci atau bisa diganti dengan sabun bayi, tetapi jangan menggunakan shampo yang biasa kita gunakan ataupun sabun cair mandi, karena dapat merusak bulu pada kelinci serta mengakibatkan iritasi pada kelinci anda. Siapkan juga handuk kering dan bersih, hairdryer untuk mengeringkan bulu kelinci, cotton bud, baby oil dan kapas, potong kuku dan yang terakhir bedak bayi berguna sebagai parfum. Jangan sekali-kali menggunakan parfum yang anda pakai karena dapat merusak bulu dan membuat iritasi pada kelinci kesayangan anda.

2.Langkah-langkah memandikan Kelinci

Setelah perlengkapan mandi kelinci telah kita persiapkan, maka kita siap untuk memandikan kelinci. Pertama, tutup telinga kelinci anda dengan kapas agar air tidak masuk saat akan dimandikan. Kemudian pegang kelinci anda pada posisi tangan kanan diatas kelinci dan tangan kiri berada dibawah perut kelinci, jangan terlalu kencang dalam memegang karena dapat membuat kelinci anda kesakitan dan stres. Masukkan kelinci kedalam ember yang telah diisi air hangat secara pelan-pelan agar kelinci tidak merasa kaget. Basahi tubuh kelinci lalu tuangkan shampo khusus kelinci atau sabun bayi secukupnya ketelapak tangan kemudian lumuri ke seluruh tubuh kelinci. Usahakan jangan mengenai mata kelinci dan mulut kelinci. Gosok seluruh bagian tubuh kelinci agar semua kotoran yang ada di tubuh kelinci bersih dan hilang.  Setelah selesai bilas kembali kelinci pada ember kedua menggunakan air hangat sampai busa sabun tidak ada.dan dibawah ini adalah video yang saya ambil di jeajaring social video youtube yang sudah ditonton oleh 65 ribu juta penonton.

Video Cara Memandikan Kelinci

3. Mengeringkan bulu kelinci

mengeringkan bulu kelinci
sumber gambar : https://www.hobinatang.com/

Kemudian angkat kelinci menggunakan handuk bersih atau kain kering agar kelinci tetap merasa hangat. Pindahkan keatas taplak bayi, setelah itu keringkan tubuh kelinci menggunakan hairdryer dan lepaskan kapas ditelinga kelinci anda. Pergunakan sisir untuk membuka helai demi helai bulu sehingga dapat  kering secara maksimal. Bersihkan kotoran telinga kelinci menggunakan cotton bud dan baby oil secara hati-hati agar tidak melukai telinga kelinci anda. Kemudian potong kuku kelinci namun jangan terlalu dalam karena dapat memotong atau melukai kelinci. Lanjutkan dengan menaburkan bedak bayi agar wangi dan harum. Sekarang kelinci anda siap kembali diajak bermain bersama keluarga. Beri jeda satu jam dan berikan makanan bergizi untuk mengganti kalor yang terbuang.

Video Cara mengeringkan Bulu Kelinci

Catatan: memandikan kelinci peliharaan cukup dilakukan 1 atau 2 bulan sekali. Proses memandikan kelinci jangan lebih dari 45 menit karena akan membuat kelinci anda kedinginan. Perlu diperhatikan pula usia kelinci yang bisa dimandikan adalah kelinci dengan umur 3 bulan ke atas. Kelinci muda dibawah usia 3 bulan, sebaiknya jangan dimandikan, cukup dibersihkan dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.

Sekian informasi seputar cara merawat bayi kelinci baru lahir semoga informasi ini bermamfaat bagi anda yang sudah mengurus kelinci ataupun yang baru saja terjun di ternak kelinci,dan jangan lupa untuk share artikel ini jika bermamfaat Terima kasih,ditunggu informasi menarik lainnya dari mandirisaja.com.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.