Cara Merawat Tas Kulit Agar Terlihat Tetap Bagus Awet

oleh
Cara Merawat Tas Kulit
Ilustaition : pixabay

cara merawat tas kulit – Tas kulit banyak sekali disukai oleh kaum perempuan dan juga laki-laki karena tampilannya yang terlihat lebih elegan dan juga mewah.

Tak hanya dipakai orang dewasa, remaja pun kini banyak sekali yang menggunakannya untuk fashion. Namun, harga dari tas kulit biasanya tidak murah atau lebih mahal dari tas yang biasa.

Nah, karena harganya yang lebih mahal itu tentunya kita tidak mau kan kalau tas tersebut cepat rusak. Untuk itu perlu dilakukan perawatan khusus agar tas dapat bertahan lama dan juga dapat dipakai dilain waktu.

Tas kulit semakin lama umurnya semakin rentan pula terhadap minyak, debu dan kerusakan yang diakibatkan sinar UV dan kemudian dapat menghilangkan kelembabannya. Lalu bagaimana cara merawat tas kulit yang benar ? Berikut cara yang bisa dilakukan agar tas kulit anda lebih awet dan tidak cepat rusak.

Cara Merawat Tas Kulit

1. Simpan dalam kantong pembungkus / box / dush

Simpan dalam kantong pembungkus
ilustation : pixabay

 

Simpanlah tas kulit dengan kantong pembungkus /dush yang disertakan saat anda membelinya dan juga angin-anginkan setiap seminggu sekali.

2. Sirkulasi udara yang baik

Sirkulasi udara yang baik
Ilustation : pixabay

 

Apabila anda menyimpan tas di lemari, pastikan sirkulasi udaranya baik agar tidak apek dan berjamur. Anda bisa menambahkan produk anti lembab seperti kamper atau silica gel pada lemari.

3. Membersihkan noda

Membersihkan noda pada tas
Ilustation : pixabay

 

Apabila tas kulit anda terkena noda, maka jangan langsung disimpan. Bersihkan dulu noda tersebut dengan menggunakan alkohol dan air langsung pada bagian tas yang terkena noda dan kemudian bersihkan dengan kain yang lembut.

4. Hindari kontak dengan sinar matahari

Hindari kontak dengan sinar matahari
Ilustation : pixabay

 

Tas kulit apabila terkena sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rusaknya permukaan kulit seperti pecah – pecah atau retak karena kelembabannya hilang dan kemudian akan berkerut dan mudah sobek. Maka dari itu hindari kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu yang lama.

5. Bersihkan Resleting

Bersihkan Resleting tas
Ilustation : Pixabay

 

Selain merawat bahan, resleting juga perlu diperhatikan. Bersihkan kotoran yang terselip pada resleting agar dapat bergerak mulus saat membuka dan menutup tas.

6. Refresh tas

Refresh tas tas
Ilustation : Pixabay

 

Apabila anda memiliki tas tidak hanya 1, maka pakailah secara bergantian agar agar seluruh koleksi tas yang anda miliki dapat menghirup udara segar setelah lama disimpan.

Nah begitulah cara merawat tas kulit agar tidak cepat rusak. jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya tentang cara merawat jaket kulit yang sangat berguna supaya semakin awet, untuk ini apabila tas kulit anda sudah terlanjur berjamur, anda bisa menggosoknya dengan lap yang bertekstur lembut atau gunakan sabun khusus kulit (saddle soap ) atau krim pembersih khusus untuk kulit agar jamur hilang. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *