Cara Supaya Anak Cepat Jalan Sesuai Yang Di Harapkan

0 49

Cara supaya anak cepat jalan bagi ibu muda yang baru saja memiliki anak berikut ini mungkin akan sangat berguna untuk anda dan sayang jika dilewatkan.

Bagi ibu yang memiliki bayi, baik anak pertama ataupun berikutnya pasti menjadi momen yang tidak ingin dilewatkan. Karena melihat si buat hati tumbuh sehat dan dapat berjalan dengan baik adalah keinginan dari setiap ibu.

Sang ibu pun pasti merasa cemas jika anaknya belum juga dapat berjalan apabila telah cukup umurnya. Umumnya anak akan dapat berjalan pada usia 11 – 18 bulan.

Jadi, jangan cemas apabila anak anda tidak mengalami gangguang otot saraf, dengan latihan yang teratur anak anda pasti dapat berjalan dengan baik.

Setiap anak memiliki waktu yang berbeda beda untuk bisa berjalan. jadi, jangan terlalu membanding bandingkan anak orang lain dengan anak anda.

Terlalu banyak digendong atau terlalu lama berada di kereta anak dapat menyebabkan keterlambatan karena anak menjadi kurang aktif bergerak dan kurang pemberian stimulasi.

Bisa juga karena anak kurang mendapat ruang gerak dan kurangnya kebebasan untuk memaksimalkan berbagai kemampuannya. Maka dari itu pelajarilah cara melatih anak berjalan yang benar.

Pada saat anak anda sudah siap untuk belajar berjalan. Anak anda akan mulai terampil menggunakan otot kaki manapun tangannya untuk meraih sesuatu.

Untuk pertama anak masih perlu bantuan untuk dapat berdiri tegak ataupun masih dapat berdiri selama beberapa detik saja.

Pada saat seperti ini perlu adanya pengawasan dari orang tua. karena anak akan mulai aktif dan kita tidak mau terjadi sesuatu yang dapat memberikan trauma pada anak kita bukan.

Nah, berikut sedikit tips cara supaya anak cepat jalan yang perlu anda ketahui untuk membantunya mengembangkan keterampilan berjalan.

Cara supaya anak cepat jalan

1. Berdiri Tegak

anak Berdiri Tegak
ilustation : pixabay

 

Cobalah untuk tidak memberikan bantuan untuk anak anda dan saat ia berdiri tegak dengan menggunakan telapak kakinya. Jika dia terjatuh cobalah rangsang agar anak Anda mau untuk belajar bangkit kembali.

2. Pegang tangannya

Pegang tangannya
ilustation : pixabay

 

Related Posts
1 of 3

Anda dapat membantunya berjalan dengan cara memegang satu atau kedua tangannya namun hanya untuk jarak dekat saja. Setelah itu lepaskan agar dia bisa berdiri sendiri. Kegiatan ini memang cukup melelahkan, tapi jangan patah semangat untuk membantu anak anda belajar berjalan.

3. Mengambil mainan

Mengambil mainan
ilustation : pixabay

 

Anda dapat meletakkan mainan yang disukainya dengan jarak yang cukup, namun jangan terlalu jauh karena nanti dia malah merangkak untuk mengambilnya. Cobalah membantunya agar dia mau berjalan untuk mengambil mainan tersebut.

4. Tidak menggunakan alas kaki

Tidak menggunakan alas kaki
Ilusatation : pixabay

 

Dengan cara ini anak anda akan dapat menggunakan indra peraba di kakinya dan membantu menguatkan indra tersebut.

5. Berdiri di boks bayi

Berdiri di boks bayi
Ilusation : pixabay

 

Anda dapat membiarkannya berdiri di salah satu sudut boksnya. Ajari dia berjalan menyelusuri boks dengan tangan berpegangan dipagar boks. Berilah perlindungan di sekeliling dalam dari boks tersebut.

6. Pindah barang

Pindah barang
ilusatation : pixabay

 

Berikan mainan yang dapat ditarik menggunakan tali seperti mobil mobilan dan pancing anak Anda agar meraihnya dengan mengubah-ubah letak mainan tersebut.

Nah demikian sedikit cara supaya anak cepat jalan. Namun usahakan ketika anda melatihnya pilihlah ruangan yang luas dan juga lantai yang bersih.

Baca Juga : Tips memilih kereta bayi

Jauhkan si kecil dari benda tajam ataupun pernak-pernik kecil yang ada dirumah. Dan juga jangan menggunakan baby walker, dikarena ketika menggunakan baby walker telapak kaki bayi akan cenderung menjinjit dan itu akan mengganggu perkembangan dari otot-otot kaki si kecil.

Kunjungi terus mandirisaja.com dan dapatkan tips-tips bermanfaat lainnya. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.