Contoh Kata Pengantar Skripsi, Makalah, dan Laporan Kegiatan

oleh -94 views
contoh kata pengantar

Seringkali, kita membuat karya tulis untuk dinikmati sendrii atau orang lain. Dalam karya tulis tersebut (apakah itu buku, skripsi, atau makalah biasa) kita mengungkapkan banyak hal tentang karya kita.

Hasil tulisan kita, adalah buah dari kerja keras dan kerja yang tidak sebentar. Karenanya kita harus ikut berterima kasih pada mereka yang telah membantu kita dalam menyelesaikan karya tulis kita.

Selain itu, kita tentu tidak ingin jika banyak orang tidak memahami apa yang kita tulis. Sehingga, kita perlu untuk menjelaskan apa yang ada di dalam buku atau karya tulis kita.

Dengan begitu, pembaca menjadi tidak bingung dan bisa mengetahui apa yang bisa diharapkan setelah membaca buku atau karya tulis.

Baca Juga : 10 Tips Mengerjakan Skripsi Supaya Cepat Sidang Dan Diwisuda

Kata pengantar adalah tempat yang tepat untuk menuliskan itu semua. Terletak di bagian depan karya tulis atau buku, menjadikan ucapan terima kasih, penjelasan karya, dan tujuan ditulisnya karya tersebut tergambar jelas. Memudahkan para pembaca untuk mencari apa yang mereka cari.

Hanya saja, menulis kata pengantar ada caranya. Karena bagaimanapun juga, tidak bisa asal dibuat begitu saja. Dan kata pengantar sendiri bisa berbeda bentuknya di tiap karya tulis.

Kata pengantar buku misalnya, adalah pengantar sehingga banyak orang ingin membacanya. Sementara kata pengantar skripsi biasanya menjelaskan mengenai penelitiannya. Ada juga kata pengantar makalah yang menjelaskan tentang fenomena hal yang diteliti. Semuanya memiliki ciri khas tersendiri.

Walau begitu, kata pengantar paling tidak memiliki kerangka utama yang sama. Di dalamnya terdapat pembukaan, isi, dan penutup.

Pembukaan di kata pengantar biasanya diawali dengan ucapan syukur pada Tuhan yang telah memberikan kelancaran dan juga kesehatan sehingga tulisan bisa diselesaikan.

Baca Juga  10 Tips Mengerjakan Skripsi Supaya Cepat Sidang Dan Diwisuda

Pada bagian isi, biasanya dituliskan nama-nama pihak yang berjasa dalam penulisan karya tulis. Mereka semua yang berjasa layak mendapatkan apresiasi sehingga perlu disebutkan.

Penutup kata pengantar biasanya penulis akan meminta masukan, kritik, dan saran sehingga karya tulis ke depannya bisa menjadi lebih baik lagi bagi siapa pun yang akan melanjutkannya.

Semua kata pengantar memang memiliki ini semua. Tapi, setiap karya tulis memiliki isi yang biasanya berbeda.

Karena itu, berikut adalah contoh kata pengantar yang bisa dijadikan contoh untuk karyamu sendiri.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Puji syukur ke hadirat Allah Swt, berkat rahmat dan karunia-Nya yang melimpah penulis dapat menyelesaikan skripsinya yang berjudul, “Representasi Mitos Amerikanisasi di Internet Meme dalam Situs Komedi 1Cak”.

Skripsi ini ditulis untuk memenuhi syarat menyelesaikan studi dan memperoleh gelar Sarjana Strata Satu di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Bandung.

Karya ilmiah ini tidak akan terwujud dan selesai tanpa bantuan banyak pihak yang mendukung. Karena merekalah, penulis bisa menyelesaikan semua ini.

Penghargaan setulus-tulusnya penulis haturkan pada Ayahanda tercinta dan Ibunda tersayang yang telah memberikan bantuan baik semangat maupun materil sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dan menyelesaikan studi. Semoga Allah Swt selalu memberikan rahmat dan karunianya untuk mereka, orang tua penulis.

Ucapan terima kasih tulus juga penulis ucapkan kepada Bapak Drs. H. Asep Rhoma, M.Ed selaku Pembimbing I dan Ibu Mamiek, S.S, M.Pd selaku Pembimbing II yang telah membantu penulisan skripsi ini.

Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada:

  1. Ibu Prof. Dr. Kusmiati selaku Rektor Universitas Negeri Bandung
  2. Bapak Drs. H. Asep. Rhoma, M.Ed selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Humaniora Universitas Negeri Bandung
  3. Bapak Narkam S,Pd, M.Ed sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Bandung
  4. Teman-teman di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Bandung tahun masuk 2011
  5. Sahabat kampus terbaik (Budi, Bambang, Sitorus, Acong, Joko, Mela, Nino, dodo)
  6. Semua teman kost Rumah Baik-Baik Bandung.
Baca Juga  Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Script-Sweet Selesai Tepat Waktu

Akhir kata, penulis menyadari bahwa hasil karya tulis skripsi ini memiliki banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Karenanya, penulis mengharapkan banyak saran dan juga kritik yang bisa membangun demi semakin sempurnanya usaha dan niat yang telah dikerjakan.
Semoga skripsi ini bisa bermanfaat untuk banyak orang di kemudian hari.

Bandung, Oktober 2015

Contoh Kata Pengantar Makalah

Pertama, puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Swt, Sang Mahabesar, Sang Pencipta Alam, karena rahmat, karunia, dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini.

Makalah ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Hubungan Masyarakat Jurusan Komunikasi Institut Komunikasi Bandung. Dan dikumpulkan untuk memenuhi syarat kelulusan dari mata kuliah ini.

Penyusun ingin menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada dosen mata kuliah Hubungan Masyarakat Jurusan Komunikasi Institut Komunikasi Bandung, Jimmy Choo, S.Kom, M.Kom. Tidak ketinggalan juga seluruh rekan kuliah mata kuliah Hubungan Masyarakat Jurusan Komunikasi Institut Komunikasi Bandung.

Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak kekurangan dan juga terdapat sedikit kesalahan. Apakah itu dari sisi penulisan ataupun dari isi tulisan itu sendiri. Sehingga kami mengharapkan saran dan juga masukan positif untuk menyempurnakan makalah ini.

Akhir kata, semoga saja makalah ini bisa memberikan manfaat yang luas bagi para pembaca, dan khususnya bagi para penyusun sendiri.

Bandung, November 2018

Baca Juga  Beberapa Bahasa yang Bisa Kamu Gunakan Saat Conversation Dengan Teman Agar Terlihat Keren

Kata Pengantar Laporan Kegiatan

Ucap syukur tiada henti kita panjatkan kepada Tuhan YME yang telah memberikan karunya juga berkat-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan penyusunan Laporan Kegiatan Malam Puncak Perayaan 17 Agustus Komplek Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor. Karena nikmat, rahmat, dan juga kasih sayang-Nya kami bisa menyelesaikan laporan ini tanpa perlu menghadapi kendala yang terlalu serius.

Pada kesempatan ini, kami ingin pula menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut membantu, sehingga acara Malam Puncak Perayaan 17 Agustus Komplek Pondok Asri Sejahtera Kota Bogor dapat berjalan lancar. Beberapa pihak yang telah banyak berjasa dalam acara ini di antaranya adalah:

  1. Bapak/Ibu RW di Perumahan Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor.
  2. Bapak/Ibu RT di perumahan Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor.
  3. Warga perumahan Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor.
  4. Polrestabes Kota Bogor.
  5. Tim Keamanan perumahan Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor.
  6. Seluruh vendor.
  7. Para merchant peserta bazzar.
  8. Tim panitia Malam Puncak Perayaan 17 Agstus Komplek Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor.

Kesempurnaan hanya milik Tuhan YME. Karenanya, penulisan ini tentu memiliki banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan. Untuk itu, kami terbuka akan kritik dan juga saran sehingga bisa memperbaiki laporan ini.

Akhir kata, semoga saja laporan ini bisa menjadi sebuah standar baru dan menjadi acuan dari apa yang harus dilakukan untuk perayaan Malam Puncak Perayaan 17 Agustus Komplek Pondok Asri Sejahtera, Kota Bogor. Sehingga bisa menjadikan acara ke depan di waktu lain bisa menjadi sebuah acara yang lebih baik lagi dan lagi.

Bogor, September 2018

Comments

comments