10 Gaya Hidup yang bisa Menangkal Depresi Atau Stres

0 68

Setiap orang pasti mengalami stress di dalam hidupnya. Sebenarnya depresi atau stres sendiri bukanlah sesuatu yang berbahaya, bahkan sebenarnya stres adalah stmulan yang merupakan bagian terpenting di dalam hidup kita.

Yang bisa berbahaya sebenarnya adalah bagaimana kita bereaksi terhadap stress itu sendiri. Ada orang yang bisa mengatasinya dengan baik, ada juga yang tidak.

Nah, bagi orang-orang yang tidak bisa mengatasinya dengan baik, stress bisa menjelma atau mengambil bentuk sebagai masalah baru;

Tentang depresi secara singkat

depresi
pixabay

 

Penyakit depresi, meskipun bisa jadi merupakan akibat masalah kesehatan yang dialami fisik, seperti beberapa penyakit otak dan lain peyakit lain, juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat bagi fisik maupun mental.

Parahnya lagi, penyakit ini tidak mengenal belas kasihan. Ia bisa menyerang siapa saja, tidak peduli berapa umurnya atau apa pekerjaan dan bagaimana statusnya.

Apalagi di zaman sekarang, di mana banyak hal bisa menjadi sangat rumit dan sangat gampang bagi orang untuk berputus asa atau kehilangan tujuan hidupnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara-cara melawan depresi. Karena jika dibiarkan, bisa membawa dampak yang sangat buruk nantinya.

Berikut adalah 10 gaya hidup yang bisa diterapkan untuk melawan penyakit ini secara alami:

Tips-tips yang bisa diaplikasikan untuk gaya hidup sehat bebas depresi.
gaya hidup sehat bebas depresi
Pixabay

 

1.  Carilah rutinitas baru.

Carilah rutinitas baru
pixabay

 

Ketika sesorang stres, sangat mungkin ia kehilangan arah dan tujuan hidupnya karena tenggelam di dalam struktur hidup yang sama terus menerus.

Kuncinya adalah, cobalah rutinitas baru. Aturlah jadwal di mana anda selalu memiliki kesibukan untuk mengalihkan anda dari pikiran-pikiran negatif, namun juga tidak menyiksa anda.

2. Buat tujuan.

buat tujuan
pixabay

 

Buatlah tujuan-tujuan yang bisa anda capai. Cobalah dari hal-hal yang terkecil, misalnya bangun tepat waktu atau berjanji tidak menangis untuk sehari saja.

Hal ini bisa membantu anda untuk melawan depresi karena ada sesuatu yang bisa anda nanti dan selesaikan.

Jika anda merasa bahwa hidup anda tidak memiliki tujuan dan bahwa anda tidak memiliki tempat di dunia ini, maka ciptakanlah tujuan dan tempat anda sendiri.

Tidak perlu hal-hal rumit, yang simpel-simpel saja. Jika anda memulai dari yang terkecil; mencoba untuk tetap hidup, maka pastinya hal-hal yang besar pun akan tercapai juga nanti.

3. Olahraga.

berolahraga
pixabay

 

Jangan kira apa yang menjadi masalah bagi pikiran bukan menjadi masalah bagi tubuh. Olahraga sebenarya sangat ampuh untuk melawan depresi karena secara biologis pun, ia mampu menghasilkan hormon endorphin, yaitu adalah hormon yang bisa membuat kita merasa senang.

Melakukan olahraga dengan teratur setiap hari bisa membantu anda untuk melawan depresi yang menggerogoti, bahkan menghilangkannya.

Tidak usah sulit-sulit, jalan kaki pun bisa menjadi olahraga yang bagus.

4. Makan sehat dan teratur.

Related Posts
1 of 23
makanan sehat
pixabay

 

Jika stres membuat anda susah makan atau malah terlalu banyak makan, maka mengatur asupan makan anda setiap hari mungkin bisa sangat berguna.

Cobalah makan seimbang dengan prinspi 4 sehat 5 sempurna. Memakan makanan yang memiliki omega 3 asam lemak seperti ikan tuna dan salmon, beserta makanan yang mengandung asam folat seperti bayam dan alpukat bisa membantu meringankan penyakit.

5. Tidur cukup.

tidur cukup
pixabay

 

Depresi bisa membuat kita susah tidur atau malah kebanyakan tidur. Oleh karena itu, mengatur pola tidur kita bisa menjadi antidot ampuh untuk melawan penyakit yang menggangu ini.

Orang lelah cenderung memikirkan yang macam-macam, oleh karena itu, tidur yang cukup dan sesuai bisa mengalihkan pikiran dari berbagai macam hal negative yang ada di pikiran. Bahkan bisa menjernihkan.

6. Terlibatlah dengan tanggung jawab.

tanggung jawab
pixabay

 

Pasif atau tidak memiliki apapun untuk dilakukan adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan depresi. Manusia merasa senang ketika berhasil mencapai sesuatu, oleh karena itu, jika anda mengalami stres, cobalah untuk terlibat dalam hidup anda sendiri buatlah diri anda memiliki tanggung jawab untuk ditanggung. Hal ini bisa memberikan ‘makna’ dan ‘nilai’ di hidup anda.

7. Tantang pikiran-pikiran negatif anda.

Tantang pikiran-pikiran negatif anda
pixabay

 

Depresi bisa membawa pikiran-pikiran negatif yang membahayakan, untuk melawan depresi, tantanglah pikiran-pikiran negative itu dengan logika.

Jika anda merasa tidak berguna dan tidak dicintai di seluruh jagad alam semesta, cobalah berpikir, “Apakah itu mungkin? Mana buktinya?” Bersyukur juga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk melawan depresi.

Daripada menghitung hal-hal yang kurang pada diri anda, hitunglah hal-hal yang telah anda miliki, dan bersyukurlah. Memang sulit, namun jika dibiasakan pasti akhirnya bisa.

8. Konsultasi dokter.

Konsultasi dokter
pixabay

 

Terapi dari psikiater atau psikolog merupakan salah satu solusi medis yang bisa dicoba, terutama jika anda merasa bahwa sulit menanggungnya sendiri.

9. Lakukan hal-hal baru.

Lakukan hal-hal baru
pixabay

 

Entah itu hobi atau atau rutinitas, hal-hal baru bisa membantu menjernihkan mental dan pikiran anda

10. Cobalah bersenang-senang.

Cobalah bersenang-senang
Pixabay

 

Depresi bisa merenggut salah satu hal yang paling berharga di hidup kita; kesenangan dan kebahagiaan.

Baca Juga dibawah ini :

Ketika anda depresi, cobalah tutup mata anda dan bayangkan hal-hal apa yang dulu anda senangi. Lalu cobalah lakukan hal-hal tersebut, cobalah belajar lagi bagaimana caranya bahagia.

Melawan depresi mungkin sangatlah sulit pada awalnya, namun dengan mengubah pola pikir dan gaya hidup kita, harapan baru bisa lahir untuk melawan depresi tersebut.

Ingatlah, bawa harapan selalu ada dan satu-satunya cara untuk menemukannya adalah dengan terus hidup. Jangan kehilangan harapan dan jangan menyerah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.