Ciri-ciri Hamil Muda dan Tanda Kehamilan Yang Wajib Diketahui

oleh
Hamil Muda dan Tanda Kehamilan
Pixabay

Hamil Muda dan Tanda Kehamilan adalah sesuatu yang banyak sekali dinanti-nanti terlebih lagi oleh pasangan muda yang baru saja menikah dan tidak sabar untuk memiliki momongan. Ciri-ciri orang hamil dapat kita lihat secara fisik ataupun nonfisik. Memang kadang agak sulit untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil muda atau tidak. Sehingga banyak sekali wanita yang tidak tahu bahwa dirinya sedang mengandung. Untuk itu kita perlu mengetahui tanda-tanda kehamilan agar kita dapat mengetahui lebih jelas apakah sedang hamil atau tidak. Kehamilan pada wanita normalnya adalah selama 9 bulan 10 hari. Pada masa ini normalnya akan terjadi gejala hamil yang dapat digunakan sebagai ciri-ciri orang hamil. Nah, apa saja ciri-ciri kehamilan pada umumnya akan kami jelaskan pada artikel ini.

Tiap orang kadang memiliki ciri-ciri awal kehamilan yang berdeda-beda. Kadang saat kita memang sedang menunggu nunggu kehamilan dan terjadi mual atau ingin muntah, Bahkan kita selalu bertanya-tanya apakah sedang hamil. Hamil muda dan Tanda kehamilan tidak menjamin anda sedang hamil. Kadang bagi sebagian calon ibu muda malah bingung. Untuk itu tidak ada salahnya kita mengetahui dulu bagaimana sih ciri-ciri orang hamil ? agar nantinya anda tidak ragu lagi apakah anda sedang mengandung bayi atau tidak. Silahkan simak ciri-ciri orang hamil muda dan tanda kehamilan dibawah ini.

Ciri-ciri Orang Hamil Muda dan Tanda Kehamilan

  • Terdapat Bercak Pemberitahu Tanda Awal Kehamilan

    Calon janin akan menempel pada dinding rahim perkiraan kurang lebih 6 – 12 hari setelah terjadinya pembuahan terbentuk. Kadang awal dari proses terjadi menempelnya calon janin di dinding rahim calon ibu suka terjadi adanya pendarahan yang dirasakan oleh wanita ataupun bisa juga kram pada perut. Dari beberapa wanita, hal ini dapat menyebabkan adanya bercak-bercak darah.

  • Terlambat Haid / Menstruasi

    Terlambatnya haid atau menstruasi adalah hal umum yang pasti terjadi pada saat anda sedang hamil. Tapi bukan berarti semua keterlambatan haid dapat diartikan sebagai tanda kehamilan. Karena keterlambatan datang bulan bisa juga terjadi karena gangguan hormonal, stress atupun diet. Namun tidak ada salahnya anda harus periksa atau test kehamilan dan konsultasi ke dokter jika terjadi demikian.

  • Terjadi Perubahan Pada Bentuk Tubuh

    Pada saat anda sedang hamil, tubuh anda akan mengalami perubahan bentuk pada daerah paha, dada, lengan, bokong dan tentunya perut anda akan membesar. Itu adalah hal normal yang dialami ibu hamil.

  • Payudara Membengkak dan Menjadi Lebih Lembut

    Tanda kehamilan lainnya yang biasa terjadi adalah terasa nyeri atau kesemutan pada daerah payudara, hal ini umum terjadi karena payudara mempersiapkan untuk menghasilkan ASI. Perubahan yang terjadi biasanya dihari ke 7 – 14 hari setelah adanya pembuahan.

  • Area Puting Payudara mengalami Penggelapan

    Ciri awal bahwa anda benar-benar sedang hamil bisa juga ditunjukkan dengan adanya penggelapan pada puting payudara selain payudara membengkak dan menjadi lebih lembut seperti yang telah dijelaskan diatas.

  • Sering Buang Air Kecil

    Penyabab sering buang air kecil dikarenakan janin yang tumbuh dalam rahim yang menekan kandung kemih. Hal itu akan membuat kandungan dalam kemih lebih cepat dipenuhi urine. Biasanya terjadi saat usia kandungan antara 6 sampai 8 minggu.

  • Sensitif Pada Bau

    Pada saat anda sedang hamil, kadang anda menjadi sensitif terhadap aroma dan kadang bisa membuat anda mual atau muntah karena tidak tahan dengan aroma tersebut.

  • Pusing / Sakit Kepala

    Pada ibu hamil biasanya sering pusing atau sakit kepala yang diakibatkan oleh perubahan hormon tubuh yang terjadi secara mendadak dan dalam jumlah banyak sehingga meyebabkan rasa lelah, mual, lapar atau tekanan darah rendah.

  • Sering Meludah

    Pengaruh perubahan hormonal estrogen yang biasanya terjadi pada trimester pertama menyebabkan ibu hamil merasa ingin meludah terus.

  • Sakit Punggung bagian Bawah

    Sakit punggung pada bagian bawah belum bisa menjadi suatu kepastian apakah anda telah hamil atau belum. Namun jika anda mengalami sakit punggung adalah salah satu tanda-tanda awal kehamilan karena terdapat beban lebih pada perut anda yang membuat punggung menjadi lebih banyak tegang.

  • Sembelit atau Susah Buang Air Besar

    Peningkatan hormon progesterone dapat menyebabkan sembelit karena hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim juga dapat menyebabkan mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan susah buang air besar atau biasa kita kenal dengan nama sembelit. Tapi ternyata ada keuntungan dari keadaan ini, karena memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik.

  • Ngidam / Ingin makan makanan tertentu

    Jika sedang hamil, kadang anda merasa ingin makan makanan tertentu atau melakukan sesuatu hal. Kadang bagi sebagian wanita juga bisa tiba-tiba menolak makanan tertentu walaupun makanan tersebut adalah makanan favoritnya. Ada juga yang setelah diberikan makanan yang diinginkannya malah tidak dimakan hanya ingin mencium baunya saja. Namun mengidam adalah hal yang sangat normal untuk wanita hamil karena disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh anda dan bisa terjadi selama 9 bulan penuh. Jadi untuk para suami lebih sabarlah jika istri anda meminta hal yang aneh-aneh.

  • Tes Kehamilan dengan hasil Positif

    Jika hasil uji test pack anda menunjukkan tanda positif maka besar kemungkinan besar anda sedang hamil.

Gambar Siklus Kehamilan

siklus kehamilan
pixabay

Mungkin demikianlah yang bisa menjadi pedoman untuk menentukan anda mengetahui tentang ciri awal kehamilan untuk supaya tahu bahwa anda adalah seorang wanita hamil muda. Dengan mengetahui ciri-ciri orang hamil muda diatas maka diharapkan anda akan semakin meningkatkan kewaspadaan pada calon buah hati anda. Karena tentunya kita tidak mau dong mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran. Karena banyak sekali ibu muda yang mengalami keguguran pada saat awal mengalami kehamilan.Dan Dibawah ini adalah video penjelasan tentang Ciri Hamil muda dan tanda kehamilan yang di ambil dari situ youtube.

Semoga berguna untuk kita semua dan bagikan artikel ini apabila menurut anda bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini,dan jika anda sudah mempunyai bayi dan ingin membeli kereta untuk bayi anda bisa baca artikelnya. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *