Kisaran Harga Perumahan Murah di Bandung Paling Update (Juni 2018)

0 20

Sekian lama mencari perumahan murah di Bandung dan menabung sejak masih kuliah, akhirnya kamu siap untuk membeli rumah. Tapi, saat melihat harga di pasaran.Kamu sedih karena harga rumah saat ini berbeda dengan yang sebelumnya, alias melonjak drastis.

Tapi ingat, sedihnya jangan dibawa sampai berlarut-larut! Masih banyak jalan menuju Roma, alias masih banyak cara untuk menemukan perumahan murah Bandung.
Rumus sederhana adalah mecatat bahwa kisaran harga perumahan murah di Bandung akan selalu berbeda dari waktu ke waktu.

Hal itu terjadi karena harga properti, termasuk rumah, bakal terus naik setiap tahun. Makanya, selagi memungkinkan, segera beli hunian idamanmu dari sekarang.

Kisaran Harga Perumahan Murah di Bandung Saat Ini

Kisaran harga perumahan murah di Bandung yakni antara Rp100 juta hingga Rp300 jutaan. Patokan harga ini sudah termasuk murah dengan kondisinnya masing-masing.

Harga kisaran Rp100 juta biasanya adalah rumah subsidi alias hunian yang disediakan lewat program pemerintah.

Baca Juga : Tips Membangun Rumah Minimalis Bertingkat Untuk Keluarga

Buat kamu yang ingin mengambil rumah subsidi, simak syaratnya sebagai berikut:

1. WNI yang Belum Memiliki Rumah Pribadi

perumahan di bandung
Image : Pixabay

 

Masyarakat yang belum memiliki hunian pribadi dan belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah, menjadi target utama demi adanya pemerataan kesejahteraan.

2. Syarat Pekerjaan dan Penghasilan

Syarat Pekerjaan dan Penghasilan
Image : Pixabay

 

Kamu harus bekerja pada satu perusahaan minimal selama setahun. Syarat pendapatan maksimal telah ditentukan sebesar Rp4 juta.Selain itu, kamu juga harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

3. Kelengkapan Dokumen Pribadi

Kelengkapan Dokumen Pribadi
Image : Pixabay

 

Jenis dokumen pribadi yang patut dipersiapkan adalah fotokopi KTP dan KK pemohon, slip gaji terakhir, fotokopi NPWP dan SPT tahunan, fotokopi rekening koran selama tiga bulan terakhir, surat pernyataan belum memiliki rumah, dan surat pernyataan belum pernah menerima subsidi rumah.

4. Rekam Jejak Bank yang Baik

Rekam Jejak Bank yang Baik
Image : Pixabay

 

Kalau kamu pernah mendapat black list atau urusan apapun terhadap bank yang belum terselesaikan, maka hal tersebut akan menjadi kendala saat hendak melakukan pengajuan.

Sementara itu, kisaran harga rumah lainnya di Bandung tergantung lokasi. Semakin dekat dengan pusat kota, biasanya akan semakin mahal harga yang dipasang.
Beli Rumah, Pilih Cicil Atau Bayar Tunai?

Baca Juga : 16 Cara Mengusir Tikus Di Rumah Yang Terbukti Ampuh

Sudah mendapatkan pilihan perumahan murah di Bandung? Jika sudah, maka kamu tinggal memikirkan metode pembayaran yang akan diambil.

Mau membayar tunai? Silakan. Biasanya, metode pembayaran ini akan memberi kamu cash back tergantung dengan penawaran pihak pengembang.

Jika dihitung secara rinci, membeli tunai juga dapat mengurangi biaya pembelian rumah karena adanya uang kembali tersebut.

Terus, bagaimana kalau uangnya belum cukup untuk membayar tunai? Gampang, ‘kan bisa dicicil!

Metode pencicilan kerap diambil oleh banyak orang yang masih memiliki uang pas-pasan. Langkah awal yang biasa dia lakukan adalah melakukan pemesanan, lalu membayar DP.
Besaran DP tergantung pada pihak pengembang. Rata-rata pembayaran DP berkisar antara 15 sampai 20 persen.

Sudah terbayang ‘kan, kisaran harga perumahan murah di Bandung? Selain itu, biar enggak salah kaprah, ikuti tips membeli rumah meski penghasilan kamu pas-pasan sebagai berikut:

– Over Kredit

Kamu bisa membeli rumah dengan sistem cicil, namun pemilik tersebut menjualnya dengan alasan tertentu saat masa cicilan belum usai.

Baca Juga : Rumah Unik Berwarna Dari Fashion Blogger Diana Rikasari

Over kredit sendiri bisa dijadikan alternatif karena harganya jauh lebih murah daripada harus mencicil rumah dari awal.

– Cari Rumah di Pinggir Kota

Harga tanah di pusat kota saja sudah sangat mahal, bahkan melebihi rumahnya.
Sebagai saran, carilah rumah yang lokasinya tidak berada di pusat kota, melainkan di daerah penyangga atau daerah pinggiran kota.

– Mencari di Pameran Properti

Cobalah pergi ke pameran properti. Biasanya harga rumah yang ditawarkan diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah, bahkan terkadang ada juga diskon yang cukup menggiurkan.

Yuk, pahami kisaran harga perumahan murah di Bandung dengan membaca infomasi yang ada. Setelah mengetahui harga, saatnya membayar dan miliki hunian idamanmu!

Leave A Reply

Your email address will not be published.