Cara Merawat Jaket Kulit Supaya Tetap Awet Berkilau

0 37

Jaket kulit banyak sekali digemari oleh pria maupun wanita. Selain tampilannya yang bagus, jaket kulit menambah kesan elegan dan mewah saat dipakai. Tak heran banyak orang yang rela membelinya dengan harga yang relatif lebih mahal dari jaket biasa.

Jika anda seorang penggemar jaket kulit, tentunya tidak mau kan kalau koleksi jaket anda cepat rusak. Nah, pada artikel berikut ini kami akan berikan tips bagaimana cara merawat jaket kulit supaya tetap awet. Sebenarnya cara yang dilakukan hampir sama dengan cara merawat tas kulit. Silahkan disimak dibawah ini.

Cara Merawat Jaket Kulit

1. Berikan pelembab atau lotion

Cara Merawat Jaket Kulit
Ilustation : pixabay

 

Untuk menjaga jaket agar tetap lembab dan lentur kita perlu memberikan pelembab dengan cara mengoleskannya pada jaket dan biarkan selama satu jam dulu sebelum dibersihkan dengan menggunakan lap kering yang bertekstur lembut.

2. Jangan mencuci jaket

jangan mencuci jaket kulit
Ilustation : pixabay

 

Mencuci jaket kulit dapat membuat kulit jaket menjadi tidak rapi. Apalagi jika anda mencucinya dengan deterjen, sifat panas pada deterjen akan membuat kulit jaket anda menjadi kering dan mudah mengelupas. Jika ingin membersihkan, anda cukup menggunakan lap basah kemudian angin-ainginkan namun jangan terkena sinar matahari langsung.

3. Jangan gunakan saat hujan

Jangan gunakan saat hujan
Ilustation : pixabay

 

Jaket kulit jika digunakan saat hujan dapat membuatnya berjamur dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal itu terjadi karena jaket kulit tidak dapat menyerap air seperti pada kain. Namun apabila jaket anda terlanjur kehujanan, secepatnya keringkan dengan cara diangin-anginkan. Anda dapat menggunakan kipas angin agar lebih cepat kering.

Related Posts
1 of 11

4. Jangan gunakan parfum

Jangan gunakan parfum ke jaket kulit
ilustation : pixabay

 

Karena parfum mengandung bahan kimia, dikhawatirkan dapat merusak tekstur dari jaket kulit.

5. Gantung jaket dengan hanger

Hang a leather jacket
Ilustation : pixabay

 

Jika sedang tidak dipakai jangan menempatkan jaket anda disembarang tempat karena dapat membuatnya kusut. Gunakan hanger namun jangan tempatkan pada lemari yang lembab karena dapat menimbulkan jamur.

6. Jangan dilipat

jaket kulit Jangan dilipat
ilustation : pixabay

 

Jangan melipatnya karena dapat membuat bekas lipatannya terlihat sehingga kulit cepat rusak. Apabila terlajur terlipat, anda dapat mengoleskan pelembab pada bagian yang terlipat kemudian gosok menggunakan lap yang halus.

7. Bersihkan bagian resleting

Bersihkan bagian resleting jaket kulit
Ilustation : pixabay

 

Jika jaket anda menggunakan resleting, maka jangan lupakan bagian resletingnya agar dapat membuka dan menutup dengan baik. Cara merawatnya yaitu cukup dengan mengolesi lilin pada resleting kemudian coba buka dan tutup resleting.

Seperti itulah cara merawat jaket kulit yang baik dan benar. Kedisiplinan anda merawat jaket kesayang anda akan membuatnya dapat lebih awet. Namun apabila anda malas merawatnya tentu akan membuatnya cepat rusak. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.