Ternyata Jalan Kaki Bisa Buat Tubuhmu Lebih Sehat Lho

oleh
jalan kaki
Image : Pixabay

Murah dan sederhana, tapi entah kenapa jarang ada orang yang mau melakukan olahraga ini.Tambah lagi, olahraga ini juga bisa diperoleh dengan gratis. Jalan kaki adalah olahraga yang dimaksud. Biarpun olahraga ini termasuk sepele, tapi ada manfaat besar yang bisa kamu dapat.

Enaknya, olahraga ini juga bisa kamu padukan sambil melakukan aktivitas yang lain, misalnya belanja.

Dengan kita hanya berjalan saja itu memang biasa, tapi ada banyak hal yang bisa tubuhmu dapat saat mulai melangkah.

Apalagi buat kamu yang punya masalah dengan berat badan lebih. Akan terasa susah kalau kamu harus lari atau treadmill.

Selain itu, manfaat hanya sekedar jalan jalan doang juga cocok buat mereka yang punya masalah diabetes. Lalu manfaat apalagi dari jalan kaki yang bisa kamu dapat, simak penjelasan berikut.

Jalan Kaki Olahraga Yang Menyehatkan

1. Langkah Pertama

olah raga 1. Langkah Pertama
Image : Pixabay

 

Saat kamu mulai langkah pertama, sel tubuh akan bekerja memproduksi energi untuk bahan bakar yang diambil dari karbohidrat dan lemak.

Akan terjadi peningkatan aliran darah hingga otot jadi sedikit panas. Efeknya, kaku otot dan sendi akan reda karena keluarnya cairan pelumas. Jalan kaki membakar 5 kalori tiap semenit dan denyut jantung naik 70-100 bpm tiap menit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia Yang Menggangu Waktu Tidurmu

2. Berjalan 6-10 Menit

olahraga jalan kaki
Image : Pixabay

 

Saat jalan kaki sudah sampai menit ke-6, denyut jantung meningkat dari 100-140 bpm. Kalori yang terbakar naik jadi 6 kalori tiap menit.

Pada momen ini, tekanan darah akan meningkat karena bahan kimia yang dilepas menyebabkan pembuluh darah melebar.

Hasilnya, aliran darah jadi lebih lancar sehingga bisa membawa oksigen dan darah ke semua bagian tubuh.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pipi Tembem Paling Efektif Dan Simple

3. Berjalan 11-20 Menit

jalan kaki baik untuk kesehatan
Image : Pixabay

 

Memasuki menit 11, akan terjadi peningkatan suhu hingga tubuh mengeluarkan keringat. Panas tubuh lalu dikeluarkan lewat pori-pori yang sudah membesar di bagian kulit.

Saat kecepatan jalan naik, tubuh membakar 7 kalori tiap menit. Kebutuhan oksigen juga naik sehingga nafas kamu lebih keras. Untuk melepas bahan bakar ke otot, produksi hormon epinefrin dan glucagon naik.

Baca Juga : 5 Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anda

4. 21-45 Menit

jalan kaki sangat baik loh
Image : Pixabay

 

Mulai menit 21, secara fisik dan psikologis tubuh merasa lebih santai dan segar. Perasaan tenang ini dipicu keluarnya hormon endorfin atau yang biasa disebut hormon penggembira.

Pada tahap ini, cadangan lemak akan ikut terbakar sehingga menyebabkan penurunan tingkat insulin. Nah, inilah kabar baik buat kamu yang ingin lepas dari masalah berat badan dan diabetes.

5. 46-60 Menit

olahraga faforit jalan kaki
Image : Pixabay

 

Kalau aktivitas jalan kaki yang kamu lakukan sudah mencapai menit 46, pasti tubuhmu sudah mulai merasa lelah.

Hal ini memang wajar karena cadangan karbohidrat dalam tubuh sudah mulai habis. Karena lelah, langkah kakimu mulai melambat, denyut jantung menurun juga nafas melambat. Jika sudah begitu, saatnya kamu menyudahi aktivitas sederhana tapi berharga ini.

Sekian informasi seputar manfaat jalan kaki untuk kesehatan semoga bisa bermamfaat bagi anda yang sudah mengunjungi blog mandirisaja,jangan lupauntuk terus menyimak yang menarik lainnya di blog ini yah,ditunggu update terbarunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *