Inilah Berbagai Jenis Turnbuckle Beserta Fungsinya

Turnbuckle

Pada proses pengangkutan muatan berat, pesawat angkat mempunyai peranan penting yang tidak dapat dikesampingkan. Alat pengangkut tersebut dapat membuat beban yang berat dapat dipindahkan dengan mudah.

Akan tetapi, pada beberapa kondisi diperlukan alat penunjang lain agar pekerjaan bisa diselesaikan. Salah satu yang umum digunakan adalah alat bernama turnbuckle atau spanskrup.

Pengertian Turnbuckle

Turn Buckle merupakan alat yang mempunyai fungsi untuk mengatur tingkat ketegangan dari sling.

Berbagai macam sling seperti webbing, rope, wire, ataupun chain sling bisa dikombinasikan dengan spanskrup ini.

Jenis dan ukuran dari alat tersebut juga sangat bervariasi sehingga bisa digunakan pada berbagai kondisi lapangan.

Jenis Turn Buckle dan Fungsinya

Seperti dikatakan di awal, peranan dari alat ini sangat penting terutama dalam pengangkutan/pemindahan benda berat. Pada penerapannya, ada cukup banyak jenis serta fungsi yang biasa digunakan.

Paling umum tentu perbedaan tersebut dapat dilihat dari bentuk matanya. Berikut adalah jenis spanskrup dilihat dari bentuk matanya.

Baca Juga : Mengerti Pentingnya Kegunaan Bearing Secara Umum

1. Eye

Jenis pertama adalah mata. Bentuk dari benda ini adalah bulat dan punya lupang di tengahnya.

Fungsi dari adanya lubang tersebut adalah agar sling dapat dimasukkan. Fungsi dari Eye Spanskrup tersebut umumnya untuk digunakan secara permanen.

Jadi, saat tipe Eye ini digunakan artinya alat tersebut akan terpasang selama alat tersebut masih digunakan.

2. Hook

Spanskrup atau turn buckle menjadi elemen penting dalam proses pengangkutan benda berat. Di lapangan, spanskrup ini umumnya dipergunakan untuk penggunaan secara non permanen ataupun permanen.

Untuk penggunaan secara non permanen, salah satu contohnya adalah jenis Hook. Pada tipe ini mempunyai mata seperti kail yang terletak di ujung.

Kekuatan dari mata hook ini dapat disesuaikan dengan benda yang diangkut. Pengaturan kekuatan dapat dilakukan dengan penggunaan ukuran dari spanskrup.

Jadi, bisa dikatakan bahwa benda ini termasuk fleksibel untuk diaplikasikan.

3. Jaw

Tipe yang terakhir ini adalah Jaw. Secara fungsi, jenis alat ini mempunyai kemiripan dengan tipe mata hook. Selain itu, Jaw juga dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan yang punya sifat tidak permanen.

Dilihat dari bentuknya, Jaw memiliki bentuk layaknya ketapel yang mempunyai kuncian di mulutnya. Kegunaan dari jenis Jaw ini juga fleksibel karena punya ukuran bervariasi.

Kombinasi TurnBuckle

Baik jenis hook, jaw, maupun eye semuanya adalah hal umum diaplikasikan dalam pengangkutan benda berat. Namun, karena spanskrup dibuat untuk dapat mengakomodasi semua kebutuhan dalam industri, maka umumnya produsen membuatnya dengan kombinasi mata.

Dengan adanya kombinasi tersebut, alat pengangkut bisa digunakan dengan lebih baik lagi.

Selain itu, alat turnbuckle juga fleksibel. Ukuran serta jenisnya sangat bervariasi. Dengan melakukan kombinasi mata yang tepat, alat tersebut dapat digunakan dalam berbagai macam kebutuhan secara spesifik.

Pada umumnya, Anda akan menemukan kombinasi antara eye + eye, Jaw + Jaw, Hook + Hook, Eye + Hook, Hook + Jaw, ataupun Eye + Jaw.

Tujuan dari melakukan kombinasi jenis mata tersebut tentu agar proses pengangkutan dapat berlangsung secara spesifik.

Namun, dalam memilih kombinasi tersebut balik lagi harus sesuai dengan kebutuhan pengangkutan.

Seperti itulah tadi ulasan tentang berbagai macam jenis dan fungsi dari turnbuckle. Penggunaan alat tambahan seperti ini memang sangat penting dilakukan terutama dalam industri berat.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang membutuhkan alat seperti itu ataupun berbagai kebutuhan alat angkut berat lainnya, maka dapat langsung saja kunjungi Asmarines di alamat asmarines.com.

Mandirisaja.com mencoba memberikan hal yang bermamfaat bagi penikmat pembaca artikel karena semakin banyak membaca ! ilmu pengetahuan otomatis semakin bertambah. " Kasih saya masukan dan comentar yang bersifat positive"