Kata Siapa Perawatan Mobil BMW itu Susah dan Mahal? Lakukan Cara Ini!

oleh -73 views
Kata Siapa Perawatan Mobil BMW itu Susah dan Mahal? Lakukan Cara Ini!

Mobil BMW—Anda para pecinta otomotif tentu sudah tidak asing lagi dengan brand mobil asal Jerman yang satu ini. Di tanah air, ini adalah salah satu brand mobil mewah yang tentunya saja di bandrol dengan harga yang tidak murah.

Dari fakta tersebut, lantas BMW di klaim sebagai kendaraan dengan cara perawatan yang tidak mudah dan memerlukan biaya perawatan yang besar. Klaim seperti ini rupanya sering dikaitkan dengan kendaraan produksi Eropa dan berpengaruh pada tinggi rendahnya daya beli masyarakat secara umum.

Faktanya tidak demikian, perawatan mobil BMW cukup mudah dan tentunya tidak mahal jika kita paham apa triknya. Ada beberapa hal mudah yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan mobil BMW baik itu baru maupun bekas. Diantaranya adalah:

Berpegangan pada manual book yang tersedia


Apa yang membuat perawatan yang kita lakukan tidak tepat sasaran? Salah satunya adalah karena ketidaksesuaian perawatan yang kita berikan dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh kendaraan itu untuk menjaga stabilitasnya.

Untuk itu, Anda bisa perhatikan manual book atau buku panduan perawatan kendaraan yang sudah Anda dapatkan saat membelinya. Perhatikan pada kilometer berapa Anda harus mengganti oli kendaraan dan lakukan penggantian secara rutin.

Baca secara jeli apa saja hal yang harus diperhatikan saat perawatan dan yuk simpan manual book-nya baik-baik. Jangan sampai hilang atau rusak ya.

Baca Juga  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Jenis City Car Bekas

Pilih jenis bahan bakar yang sesuai


Jenis bahan bakar yang disarankan untuk kendaraan dengan brand BMW adalah bahan bakar yang memiliki oktan tinggi.

Meski menggunakan bahan bakar beroktan rendah kendaraan tetap bisa jalan, namun tingkat kebersihan mesin ditentukan oleh tinggi rendahnya oktan pada bahan bakar itu.

Semakin tinggi oktannya, semakin bersih pula kondisi mesin BMW Anda.

Lakukan treatment yang tepat


Biasanya, salah satu perawatan yang kita lakukan pada BMW dan kendaraan lain adalah dengan cara menggebernya.

Baca Juga : Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Jenis City Car Bekas

Setelah itu, usahakan untuk tidak langsung mematikan mesin tersebut secara mendadak yang menyebabkan masalah pada ring piston. Ring piston akhirnya akan lebih mudah aus dan tidak berfungsi dengan baik.

Apa masalah yang sering terjadi pada mobil BMW?


Pada dasarnya, mobil BMW bukanlah mobil yang rewel. Masalah yang umum dihadapi oleh jenis mobil ini adalah sewaktu kendaraan tersebut terendam air.

Ini dikarenakan service yang digunakan adalah komputerisasi. Kalau saja terendam air, otomatis ECU-nya akan mengalami masalah. Dan harga ECU tersebut cukup mahal.

Secara umum, BMW adalah kendaraan yang cukup nyaman untuk dikendarai yaitu dengan cara mengganti busi secara teratur dan juga mengganti olinya secara periodik.

Pada dasarnya, tidak ada perawatan khusus yang memang dikhususkan untuk menjaga kondisi mobil BMW.

Comments

comments