Yuk Kita Berkenalan dengan Kucing Chantilly

0 40

Kucing Chantilly, merupakan ras kucing domestik asal negara Amerika Serikat, yang dulu disebut dengan nama kucing Tiffany. Ciri khas dari kucing Chantilly ialah warna bulunya yang cokelat, sehingga terkesan unik, cantik, dan menarik. Diperkenalkan untuk pertama kalinya dengan nama Tiffany, yaitu oleh seseorang bernama Sigyn Lund, pemilik Sig Tim Hil Cattery. Karena di wilayah Britania Raya terdapat ras kucing dengan nama Tiffanie, maka kucing tersebut diubah namanya oleh para peternak kucing dari Kanada menjadi kucing Chantilly.Tepatnya pada tahun 1967, seorang bernama Jennie Robinson, telah membeli sepasang kucing dari Neotype Cattery di New York, yaitu Thomas (kucing jantan) dan Shirley (kucing betina).

Diartikel sebelumnya mandirisaja.com sudah memberikan pengetahuan tentang apa sih Kucing Somali Dan Kucing Ragdoll Pasangan kucing tersebut mempunyai ciri khas pada warna bulunya yang cokelat, dengan panjang bulu yang sedang, dengan jenis tubuh semi-foreign. Tahun 1969, Shirley melahirkan 6 ekor anak kucing yang sangat mirip dengannya.Ketertarikan Jennie Robinson membuatnya lekas melakukan pengembangbiakkan pada ras kucing ini. Kemudian, Jennie mendaftarkan ras kucing ini pada ACA (American Cat Association) pada tahun 1970, dengan nama Foreign Longhair. Oleh para peternak kucing, Chantilly sempat diduga merupakan keturunan dari ras kucing Burmese. Namun, ciri khas warna cokelat muda pada Chantilly merupakan tanda bahwa ia bukan keturunan dari ras kucing Burmese yang berbulu cokelat tua.

Kucing ChantillyKemudian, beberapa kucing milik Jennie dijual kepada Sigyn Lund, yaitu seorang wanita peternak kucing, yang mengembangbiakkan kucing ras Burmese. Oleh Sigyn Lund, kucing Chantilly diperkenalkan kepada dunia dengan nama kucing Tiffanie. Tak lama kemudian, populasi kucing Chantilly berkurang menjadi semakin dikit. Menurunnya populasi Chantilly membuat ACA menghapusnya dari daftar ras kucing. Mengetahui hal tersebut, kemudian Jennie, Sigyn, serta peternak kucing lainnya melakukan kerja sama untuk mengembangkan ras kucing ini supaya bertambah lagi, tepatnya pada sekitar tahun 1973. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melestarikan ras kucing Chantilly agar tidak mengalami kepunahan. Kemudian pada tahun 1980, ras kucing Chantilly mulai populer dan dikenal kembali oleh mayarakat.

Related Posts
1 of 4

Mengapa Diberinama Kucing Chantilly

Chantilly merupakan jenis kucing yang memiliki ukuran tubuh yang sedang. Berat tubuh kucing Chantilly adalah sekitar 4-5 kilogram. Tentunya kucing jantan bertubuh lebih besar daripada kucing betina. Kepalan Chantilly berbentuk menyerupai segitiga, terlihat unik dengan moncongnya yang pendek dan lebar, namun memiliki dagu yang kecil. Selain itu, tulang pipi Chantilly cukup lebar. Chantilly memiliki telinga yang berukuran sedang, namun lebar di bagian bawahnya, serta mengarah ke depan. Keistimewaannya juga terlihat pada warna matanya yang jingga, bahkan terkadang dihiasi dengan garis hijau yang mengelilingi pupil matanya. Selain memiliki surai pada lehernya, Chantilly memiliki bulu yang halus dan lembut.

Selain warna cokelat, ditemukan juga Chantilly dengan warna bulu hitam, putih, dan pola tabby. Selain mudah menyesuaikan diri, Chantilly merupakan kucing yang setia dan mudah berinteraksi dengan manusia. Perilakunya tenang, tidak terlalu aktif namun juga tidak terlalu malas. Kucing yang tidak senang jika ditinggalkan terlalu lama ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.800.000 – Rp 2.000.000,-/ ekor.

Deskripsi: Kucing Chantilly merupakan ras kucing domestik asal Amerika Serikat yang terkenal dengan ciri khas warna bulu cokelatnya yang terlihat unik, cantik, dan menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.