Wisata Kuliner Semarang dan Makanan Khas Semarang

0 41

Indahnya tempat wisata di yang ada dipulau jawa yang berjuluk Venetië van Java turut diiringi dengan kelezatan wisata kuliner semarang. Jadi sudah sepantasnya, jika para wisatawan yang berkunjung kesini, wajib menyempatkan untuk berburu makanan khas kota ini. Sebab di kota semarang ini sangat banyak aneka makanan khasnya atau wisata kulinernya.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner semarang atau makanan khas semarang yang wajib anda kunjungi.

Wisata kuliner semarang dan makanan khas semarang

1. Lunpia Gang Lombok

Lunpia Gang Lombok di semarang
sumber Image : Poskota News

 

Makanan khas semarang pertama yang patut anda coba adalah Lunpia, khususnya Lunpia Gas Lombok. Lunpia di tempat ini di sebut-sebut sebagai lunpiah legendaris kota ini.

Lunpia ini diciptakan oleh sepasang suami istri yang bernama Tjoa Thay Yoe dan Wasih dan resepnya diteruskan secara turun temurun. Tempat ini buka dari jam 08.00-17.00, Namun seringkali jika jam 14.00 sudah habis, maka akan ditutup lebih awal.

Ada dua macam lunpia yang ditawarkan disini, yaitu lunpia goreng dan Lunpiah basah. Kios ini selalu ramai dikunjungi dan biasanya kebanyakan dari mereka akan membungkus makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga : Resep Cara Mudah Membuat Soto Ayam Lamongan

Penjual disini menggunakan besek sebagai wadah lunpia yang dibawa pulang yang setidaknya muat untuk menampung 10 lunpia di dalamnya. Adapun sausnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

2. Soto Ayam Bangkong

Soto Ayam Bangkong di kota semarang
Sumber image : kampusmasak.blogspot.co

 

Soto bangkong merupakan soto legendaris yang paling enak di Semarang. Pemberian nama soto bangkong ini sesuai dengan lokasi tempatnya yang berada di kawasan perempatan bangkong. Tempat ini buka dari jam 07.00 pagi hingga jam 21.30 malam.

Soto ayam di tempat ini berisi nasi, mie soun, irisan tomat, tauge, irisan daging ayam, taburan seledri dan bawag goreng kemudian dituangkan kuah kaldu ayam yang kental.

Disini juga menyediakan beberapa variasi lauk yang bisa anda beli, seperti sate ayam, sate kerang, dan sate telur. Hmm tentunya sangat menggugah selera bukan? Jadi jika anda maen ke kota ini, jangan lupa untuk menyantap soto bangkong ini ya..

3. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memed di kota semarang
Sumber Image : Pinterest

 

Makanan ke tiga yang patut anda coba di kota ini adalah Nasi Gandul. Nasi Gandul ini sudah terkenal sejak tahun 1965.

Penamaan nasi gandul ini berasal dari cara penjual menjual nasi gandul ini pada saat itu, yaitu dengan cara dipikul sehingga makanannya akan gondal-gandul atau bergoyang-goyah. Nah dari sinilah kemudian disebut sebagai nasi gandul.

Dulu nasi gandul ini, dijual dengan pengemasan dipincuk, dan orang-orang memakannya dengan menggunakan suru.

Suru adalah sendok yang dibuat dari pelepah daun pisang. Rasanya cukup unik perpaduan antara gulai dan semur daging. Banyak orang akan jatuh cinta pada makanan ini.

Pak memed, sebagai salah satu penjual nasi gandul khas kuliner semarang ini menawarkan berbagai varian daging sapi lengkap dengan jeroannya.

Di samping itu juga disediakan lauk tambahan yang menemani makanan ini seperti telur bacem, tahu dan tempe goreng serta perkedel kentang.

4. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tahu Gimbal Pak H. Edy di kota semarang
Sumber Image : GoTravelly

 

Selain beberapa menu di atas, ada satu menu makanan khas semarang lagi yang selayaknya patut anda coba yaitu tahu gimbal.

Makanan ini terdiri dari campuran lontong, tahu goreng, irisan kol mentah, tauge dan telur ceplok yang disiram bumbu kacang yang khas.

Bumbu kacang yang digunakan bisa dikatakan khas karena dibuat dengan menggunakan petis udang. Menu ini semakin lengkap jika dimakan dengan di tambah krupuk udang.

Nama Gimbal yang tersemat pada makanan ini berasal dari penyajian lauk makanan yakni tahu yang digimbal atau digoreng dengan cara dibalur menggunakan tepung.

Di beberapa tempat makanan gimbal ini memiliki variasi pilihan menu lainnya yaitu gimbal udang, gimbal jamur, gimbal tahu gimbal cumi dan gimbal teri.

Nah salah satu tempat di semarang yang dapat anda kunjungi untuk memuaskan rasa penasaran anda terhadap cita rasa makanan ini adalah di warung Pak Edi yang berlokasi di Jalan Pahlawan, dekat dengan kawasan Simpang Lima Semarang.

5. Gulai Kambing Khas Asli Bustaman Semarang

Gulai Kambing Khas Asli Bustaman Semarang kota
Sumber image : JALANBARENG.COM

 

Di Semarang, terdapat sebuah kampung yang terkenal sebagai pusat pemotongan dan pengolahan kambing. Nama kampung tersebut adalah kampung Bustaman.

Nama kampung ini berasal dari nama seorang asisten Residen, kakek buyut dari pelukis legendaris Raden Saleh yang bernama Kyai Ngabehi Kartoboso Bustam.

Di kampung tersebut, kebanyakan warganya mengelola usaha yang berkaitan dengan kambing. Oleh karena itu, tak heran jika resep gulai kambing yang terkenal berasal dari tempat ini.

Bumbu Gulai disini berbeda dengan bumbu gulai kebanyakan yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga cenderung kuahnya kental. Di gulai bustan ini, kuah gulainya lebih cair dan jernih.

Ciri khas bumbu disini adalah bahan nya yang berasal dari campuran rempah-rempah yang merupakan perpaduan resep antara Jawa dan Gujarat yang sudah diwariskan secara turun temurun.

Bagaimana, sangat menggoda bukan, aneka wisata kuliner dan makanan khas semarang di atas?

Leave A Reply

Your email address will not be published.