Makna, Penyebab dan Solusi Jantung Koroner

  • Whatsapp
arti dari jantung koroner

Kematian mendadak seringkali dikaitkan dengan sakit jantung karena sebelumnya tidak terdapat gejala yang mendahului. Sakit jantung tersebut datang tiba-tiba dengan cepat sekali dan membuat pembuluh darah menyempit serta aliran darah yang berada di dalam bilik kembali. Kembalinya darah tersebut akan mengakibatkan penurunan kesadaran dalam hitungan detik bahkan kondisi tidur sekalipun.

Makna Jantung Koroner
Arti dari jantung koroner yaitu sebuah penyakit yang datang bukan karena bawaan genetik dari orang tua terdahulu dengan kejadian bagian dalam pembuluh jantung yang semakin menyempit karena faktor penumpukan lemak. Kondisi tersebut akan mengakibatkan oksigen sulit mengalir dan menekan area pembuluh sehingga tekanan akan terjadi dan membuat pembuluh di jantung membengkak.

Penyebab Jantung Koroner
Banyak sekali faktor penyebab jantung koroner seperti:

Pola Makan yang Salah
Memang tidak bisa dipungkiri saat ini banyak sekali makanan dengan kandungan kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh yang tak terkontrol. Rasa yang dihasilkan juga lebih enak, tetapi membuat bumerang untuk tubuh sahabat ya.

Kolesterol jahat tidak hanya tersembunyi dalam daging hewani saja tetapi juga tersimpan dalam tubuh nabati (tumbuhan) seperti santan kental. Santan berasal dari perasan buah kelapa, rasanya gurih dan sedikit asin tetapi hanya boleh dikonsumsi dan mendapatkan manfaat maksimalnya 1 kali di awal masak. Ketika santan dimasak secara berulang akan menyebabkan ikatan jenuh pada rantai karbon di dalamnya.

Jadi, pola makan yang menyebabkan penumpukan lemak jahat itu bisa berasal dari lemak nabati dan hewani.

Merokok
Ada dua senyawa berbahaya dari rokok yakni nikotin dan gas karbon monoksida. Nikotin akan menjadikan pembuluh arterinya menyempit sedangkan gas CO menyebabkan pembuluh darah cacat atau rusak. Banyak sekali anggapan miring tentang merokok, untuk sebagian perokok aktif tidak pernah percaya dengan ketentuan tersebut dan mereka anggap sehat selalu. Namun, sebenarnya mereka tidak tahu bahwa di dalam tubuh sedang mengalami perebutan imunitas untuk melawan zat berbahaya nikotin.

Hipertensi
Merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah yang dipompa oleh jantung melebihi 120. Detakan jantung yang terlalu cepat akan mengakibatkan kerja menjadi lebih kuat memompa darah dan ekstra kesulitan untuk menstabilkan kembali.

Efeknya, jantung akan mengalami “sakit” karena terus menerus dipaksa kerja keras.

Tekanan Stress
Nah, ini dia faktor yang paling sering menyebabkan pria terkena jantung koroner. Tekanan stress dalam pekerjaan atau pikiran yang terlampau lama. Saat sahabat selalu memikirkan sebuah masalah, detakan jantung aka semakin meningkat. Dalam peningkatan inilah semua sistem metabolisme akan terganggu sehingga jantung akan ikut stress. Wajar jika semua orang mengalami stress tetapi usahakan untuk tetap tenang dan mulailah mengalihkan stress dengan sebuah kesenangan.

Usia Lansia
Semakin tua, organ tubuh semakin rapuh, tak perlu bagi sahabat (lansia) terlalu dalam memikirkan hal yang tidak perlu karena hanya akan menyakiti diri sendiri dan organ dalam.

Tanda Pasien yang Mengidap Jantung Koroner
Tanda umum jantung koroner yakni sakit dada, leher, tengkuk, mual, muntah, hingga keluar keringat dingin. Ada pula yang tidak merasakan gejala tersebut tetapi mengidap sakit jantung setelah dilakukan EKG. Sesekali sahabat bisa mengecek kondisi tubuh dengan metode tersebut sehingga ketika ada gejala sakit jantung karena kolesterol di dalam bisa diatasi dengan cepat.

Sakit jantung koroner lebih banyak diderita kaum pria daripada wanita karena pria cenderung pasif dalam mengungkapkan emosi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *