Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

0 79

Tentunya pembaca setia mandirisaja.com sudah tahukan tentang artikel sebelumnya seputar manfaat buah sirsak nah kali ini saya akan memberikan dan share kepada teman-teman tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan dan pastinya harus disimak dong.Buah pisang merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang populer karena rasanya yang enak dan yang paling penting manfaatnya baginya kesehatan. Buah yang bentuknya menyerupai bulan sabit ini diyakini para ahli botani adalah tanaman pertama yang tumbuh di bumi.

Koeppel dalam bukunya ; The Fate of the Fruit That Changed the World berpendapat bahwa buah pisang berasal dari surga, tidak sesuai dengan penafsiran mainstream bahwa buah yang dimakan oleh Nabi Adam dan Hawa adalah buah apel, melainkan buah pisang. Yah…percaya nggak percaya bergantung pada persepsi pembaca. Selain rasa dan manfaatnya, banyak orang yang melihat dari sisi komersilnya. Lebih dari 107 negara telah membudidayakan tanaman pisang. Pada tahun 2013 buah pisang berada pada peringkat ke-empat komoditas paling populer.

manfaat buah pisang
images : pixabay

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Related Posts
1 of 13

Satu buah pisang (kurang lebih 126 gram) terhitung dalam satuan saji. Takaran per saji mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Buah pisang tidak menganduk lemak jenuh dan sodium.Buah pisang mengandung vitamin dan mineral sebagai berikut :

  • Vitamin B6 – .5 mg
  • Manganese – .3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Potasium – 450 mg
  • Dietary Fiber – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Asam Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – .1 mg
  • Niacin – .8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Zat Besi – .3 mg

*Konsumsi potasium yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari

Berikut dibawah ini Manfaat Buah Pisang

  • 1 Memelihara Kesehatan Jantung

    Buah pisang dapat mengoptimalkan kinerja jantung. Kandungan potassium atau mineral elektrolitnya menjaga sirkulasi darah yang mengalir dalam tubuh. Tingginya kadar potassium namun kandungan sodiumnya yang rendah dapat mencegah tekanan darah tinggi.

  • 2 Menghilangkan Stress

    Mengonsumsi buah pisang dapat membuat anda tertidur pulas karena vitamin B 6 yang terkandung di dalamnya serta magnesium yang membantu merilekskan otot

  • 3 Melancarkan Sistem Pencernaan dan Membantu Proses Diet

    Sama halnya dengan buah naga, buah pisang mengandung kadar serat yang tinggi. Mengonsumsi satu buah pisang saja sudah memenuhi kurang lebih 10 persen kebutuhan serat per hari. Kandungan vitamin B 6 dalam buah juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes (kadar gula darah yang tinggi) serta membantu menurunkan berat badan.

  • 4 Menjaga Kesehatan Mata

    Wortel sangat dikenali dan digemari karena manfaatnya untuk kesehatan mata sama halnya dengan pisang. Berdasarkan riset National Institutes of Health, kandungan vitamin A buah pisang yang meski sedikit tetapi memenuhi kebutuhan harian vitamin A per buah sangat penting dalam menjaga dan melindungi kesehatan mata serta meningkatkan penglihatan pada malam hari. Vitamin A mengandung zat yang menjaga ketahanan membran pada mata dan merupakan elemen protein penting yang menghantarkan cahaya pada kornea.

  • 5 Menguatkan Tulang dan Gigi

    Meskipun kalsium yang terdapat dalam buah pisang tidak banyak, menurut artikel dalam Journal of Physiology and Biochemistry tahun 2009, pisang mengandung zat fructooligosaccharides, elemen penting yang berperan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

  • 6 Mengobati Kanker

    Berdasarkan hasil riset, para ahli menyatakan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Penelitian yang berlangsung di Swedia mendapati pasien yang mengonsumsi empat sampai enam buah pisang dalam seminggu mengurangi pertumbuhan sel kanker hingga 40 persen. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan antioksidan buah pisang.

Fakta Unik Buah Pisang

Berdasarkan bukti yang ditemukan para arkeolog di Papua Nugini bahwa pengolahan tanaman pisang sudah berlangsung sejak tahun 8000 SM, mereka berpendapat bahwa buah pisang merupakan buah pertama yang dibudidayakan di dunia. Pada umumnya tanaman pisang dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis seperti di Afrika, Asia, Australia dan Amerika. India merupakan penghasil pisang terbanyak di dunia, menghasilkan sekitar 23 persen dari jumlah total produksi buah pisang di dunia.

Itulah tadi kandungan, manfaat serta fakta unik buah pisang. Buah yang kaya akan manfaat ini tentunya sangat mudah ditemukan di pasaran. Semoga artikel manfaat buah pisang bagi kesehatan bermanfaat bagi para pembaca mandirisaja.com

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.