Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

0 40

Berjuta manfaat buah sirsak untuk kesehatan kita. Buah yang bernama latin Annona muricata L. ini sering dikenal dengan nama lain nangka belanda atau durian belanda merupakan tanaman yang berasal dari daerah Karibia, Amerika selatab dan Amerika tengah. Tanaman ini bisa tumbuh di dimana saja, direkomendasikan tanamah ini ditanam di tempat yang cukup berair. Buah sirsak memiliki semacam duri-duri dibagian kulit buahnya, dengan daging buah berwarna putih, memiliki biji berwarna hitam dan rasa asam.

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang manfaat buah naga,sekarang mandirisaja.com akan membahas tuntas seputar manfaat yang terkandung dalam buah sirsak, Buah sirsak mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh manusia, namun hindari bijinya. Perlu anda ketahui Biji sirsak mempunyai racun, akan tetapi mempunyai manfaat digunakan sebagai insektisida alami. Di dalam buah sirsak banyak mengandung kalium, air, fosfor, kalsium, lemak, karbohidrat terutama fruktosa dan serat. Sangat bergizi tinggi dengan kandungan vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C yang cukup banyak.

Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Kita :

Buah Sirsak Bermanfaat Sebagai Anti Oksidan

Kandungan vitamin C pada buah sirsak merupakan anti oksidan alami yang dapat melawan kerusakan akibat dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Vitamin ini sangat berguna bagi sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu tubuh kita dalam melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, serta menyembuhkan luka.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Mencegah Dehidrasi

Rata-rata kebutuhan air manusia adalah 8-9 gelas perhari atau setara dengan lebih kurang 2 liter air. Kandungan air dalam buah sirsak sangat tinggi, dalam satu cangkir buah sirsak terkandung 183 gram air. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah sirsak yang mempunyai kadar air tinggi dapat membantu mencegah dehidrasi.

Manfaat Buah Sirsak Dapat Menghambat Osteoporosis

Dalam buah sirsak terkandung mineral yang sangat penting untuk pembentukan massa tulang dalam tubuh kita yaitu fosfor dan kalsium. Kandungan fosfor dan kalsium pada buah sirsak dapat mencapai 27mg (fosfor) dan 14mg (kalsium) per 100gr buah sirsak. Kedua mineral ini berfungsi untuk membentuk dan memperkuat tulang kita sehingga dapat menghambat resiko terkena osteoporosis.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Mencegah Resiko Gula Darah Rendah

Kandungan kalium dalam buah sirsak dapat mencegah resiko terkena gula darah rendah karena kalium dapat membantu secara langsung untuk kondisi penurunan tingkat gula darah yang diakibatkan oleh penurunan kadar kalium dalam tubuh kita. Gejala yang sering muncul akibat kekurangan gula darah adalah berkeringat, sakit kepala, lemah, gemetar dan gugup.

Related Posts
1 of 12

Khasiat Buah Sirsak Dapat Mencegah Gangguan otot

Selain dapat mencegah resiko kekurangan gula darah, kandungan kalium pada buah sirsak dapat memelihara fungsi otot dan saraf secara optimal. Karena sebagian besar ion kalium pada tubuh manusia terletak di dalam sel-sel otot, sehingga konsentrasi kalium yang benar sangat berperan penting terhadap kontraksi otot yang teratur dan relaksasi otot pada tubuh.

Khasiat Buah Sirsak Untuk Mencegah Resiko Kram

Apabila masa dimana kita mengalami hipokalemia (otot kram karena tingkat kalium yang rendah dalam darah) terjadi, maka kita harus rutin mengonsumsi buah yang kaya akan kalium seperti buah sirsak ini. Karena jika asupan kalium untuk darah kita kurang kram otot kapanpun bisa terjadi.

Khasiat Buah Sirsak Mencegah Penyakit Stroke

Lagi-lagi khasiat kalium dalam buah sirsak yang berperan penting, kali ini kalium dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Mengapa? karena kalium mempunyai peran penting dalam menjaga kinerja otak agar tetap berjalan secara normal. Jika asupan kalium proporsional, maka kinerja otak kita akan berjalan dengan normal sehingga dapat mengurangi prosentase kemungkinan terkena penyakit stroke.

Khasiat Buah Sirsak Untuk Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kalium dalam buah sirsak berfungsi untuk mempertahankan kenormalan tekanan darah dalam tubuh. Dengan kinerja kalium dalam mempertahankan kenormalan tekanan darah inilah prosentase kemungkinan terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi akan semakin kecil.

Khasiat Buah Sirsak Untuk Membantu Metabolisme Tubuh

Serat dalam buah sirsak memfasilitasi gerakan pencernaan dan usus, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu kandungan kalium dalam sirsak dapat membantu proses metabolisme berbagai nutrisi seperti lemak, protein dan karbohidrat. Dalam mengekstraksi energi dari nutrisi yang dikonsumsi oleh manusia tersebut kalium mempunyai peran yang besar.

Manfaat Buah Sirsak Sebagai Sumber Energi Yang Baik Untuk Kesehatan

Dalam satu cangkir sirsak terkandung hampir 38gr karbohidrat, dimana karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam sirsak jauh lebih sehat daripada karbohidrat yang ditemukan dalam soda atau kue. Karena karbohidrat pada soda atau kue dapat memicu kenaikan gula darah. Selain itu kandungan lemak nabati pada buah sirsak hanya 0,3gr/100gr sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Berdasarkan kandungannya tersebutlah buah sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kita bisa mengonsumsi daging buahnya langsung ataupun dijadikan jus. Cek juga 10 manfaat buah naga, jangan berlebihan dalam mengonsumsi sesuatu, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik!!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.