Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

0 61

Sangat besar sekali manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh kita. Buah berwarna merah dengan nama latin Licopersicum Esculentum ini sesuai sejarahnya merupakan buah asli dari benua Amerika tepatnya di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam keseharian, kita bisa menemukan buah tomat diolah menjadi berbagai menu masakan ataupun sebagai hidangan penutup berupa jus tomat. jangan lupa sebelum lebih dalam membahas manfaat yang terkandung dalam tomat alangkah baiknya membaca terlebih dahulu manfaat buah naga di artikel sebelumnya, Ya kita lanjutin yah, Buah tomat masuk ke dalam kategori buah yang berkerabat dekat dengan kentang, namun berwarna merah dalam keadaan masak. Buah merah ini banyak mengandung vitamin sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan dalam buah tomat yang sering kita dengar adalah vitamin A dan C nya. Namun apakah anda tahu kalo dalam buah tomat yang telah masak juga mengandung kalsium, protein, lemak nabati, karbohidrat dan kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Buah yang satu ini sangat aman dikonsumsi tiap hari dengan berbagai tipe cara mengonsumsinya, bisa langsung dimakan maupun setelah diolah menjadi bentuk lain.

Manfaat Buah Tomat

Berikut ini manfaat buah tomat bagi tubuh kita :

Manfaat Buah Tomat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan vitamin A dalam buah tomat sangatlah baik untuk mata kita. Vitamin A dibutuhkan oleh mata untuk membentuk sistem penglihatan yang baik.

Manfaat Buah Tomat Sebagai Anti Oksidan

Kandungan zat lycopene dalam buah tomat sangat baik untuk anti oksidan yang berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang sehari-hari kita dapati dapat berupa asap rokok dan polusi udara serta kemungkinan zat berbahaya lainnya yang dapat masuk ke dalam tubuh kita. Dengan antioksidan yang cukup akan tercipta sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga dapat menjaga kita dari berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Tomat Sebagai Anti Inflamasi

Related Posts
1 of 13

Bagi yang sering kena jerawat, kabar baik buat anda. Buah tomat merupakan buah yang dapat mengurangi resiko masalah dengan luka dan jerawat akibat inflamasi (radang akibat satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi). Dengan mengonsumsi buah tomat, kekebalan tubuh kita akan meningkat.

Khasiat Buah Tomat Mencegah Penyakit Wasir dan Sembelit

Buah tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan air dan serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan kita. Dengan komposisi air dan serat yang cukup, proses percernaan makanan di dalam alat pencernaan makanan akan menjadi lancar. Jika lancar, proses metabolisme juga akan lancar.

Khasiat Buah Tomat Dapat Menambah Jumlah Produksi Sperma

Bagi para pria yang bermasalah dengan kualitas spermanya, buah tomat dapat membantu anda. Buah tomat dengan kandungan lycopene yang dapat membantu peningkatan jumlah sperma. Pada awalnya telah dilakuakan percobaan oleh universitas All India Institute of Sciencces New Delhi yang meliputi 30 pria yang tidak subur dengan rata-rata usia sekitar 23-45. Para pria tersebut diberikan 20 mg lycopene dua kali dalam sehari selama 3 bulan. Hasilnya, mereka mengalami peningkatan jumlah sperma, peningkatan pergerakan sperma, dan juga adanya perbaikan struktur sperma.

Khasiat Buah Tomat Dapat Membantu Menurunkan Demam

Berdasarkan pengobatan tradisional Cina, buah tomat terbukti mempunyai khasiat untuk meredakan demam (antipiretik) dan penawar racun (detoksikan).

Khasiat Buah Tomat Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah tomat merupakan sumber vitamin B3 yang dapat digunakan sebagai penurun kolesterol dan sumber nutrisi dengan kandungan potasium yang tinggi yang sangat baik dan aman di konsumsi.

Selain tomat, banyak juga buah lain yang meyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya anda bisa baca manfaat buah sirsak dari website ini,jangan lupa untuk share artikel ini jika bermamfaat Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.