Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

oleh
manfaat madu
image : pixabay

Siapa yang tidak mengetahui akan bahan alami yang diberi nama madu ini? Madu merupakan salah satu bahan alami yang dihasilkan secara natural oleh alam, bahkan mendapatkan reputasi yang baik dalam Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh yang terkenal dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Madu adalah suatu bahan yang berupa cairan berwarna emas kecoklatan yang merupakan kumpulan dari nektar tanaman yang telah tercampur dengan air liur dari lebah.

Madu sendiri tersusun atas glukosa, fuktosa dan air. Selain itu, ternyata madu juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya bagi tubuh seperti vitamin, protein, dan mineral, termasuk kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, potassium, niasin, dan zinc.

Tidak hanya itu kandungan dan manfaat dari madu, ternyata di dalamnya juga terkandung asam fenolat dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan, layaknya Vitamin C yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas.

Berikut Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

 

  • Mengatasi Masalah Jerawat

Mengatasi Masalah Jerawat
image : pixabay

 

Seperti bahan-bahan yang ada dalam cara mengatasi jerawat membandel, ternyata madu juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Jerawat sendiri muncul oleh karena adanya infeksi pada wajah yang disebabkan oleh bakteri serta penumpukan sel-sel kulit mati pada pori-pori sehingga menimbun kotoran dalam wajah.

Madu disini dapat mengatasi masalah jerawat karena dalam madu terkandung suatu senyawa anti-bakterial yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, sekaligus berfungsi untuk mengurangi dampak peradangan dan kemerahan pada wajah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu secukupnya ke area wajah Anda selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilaslah dengan air hangat.

Untuk hasil yang optimal, Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes
Image : pixabay

 

Diabetes adalah suatu penyakit yang sudah banyak diderita oleh masyarakat kini oleh karena pola hidup dan makanan yang tidak sehat, terutama pada kasus diabetes tipe 2.

Penderita dari penyakit ini akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur tingkat kadar gula dalam darah oleh karena hormon insulin yang berfungsi tidak normal.

Hal ini dapat disebabkan oleh karena mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan manis.

Jika Anda ingin mengkonsumsi yang manis-manis, sebaiknya gula yang Anda gunakan harus Anda ganti dengan gula lainnya yang lebih aman, seperti madu.

Dalam madu terkandung senyawa gula yang alami dan lebih aman untuk dikonsumsi dibandingan dengan gula yang biasanya Anda gunakan.

Hal ini karena indeks glikemik pada madu lebih rendah dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

Dengan mengganti gula yang Anda biasanya konsumsi dengan madu, maka Anda akan menjauhi diri Anda dari bahaya dan masalah penyakit diabetes serta Anda dapat mengontrol kadar gula dalam darah supaya tidak melonjak.

  • Memperbaiki dan Menjaga Fungsi Kesehatan Saluran Pencernaan

Memperbaiki dan Menjaga Fungsi Kesehatan Saluran Pencernaan
image : hellosehat.com

 

Dalam sistem pencernaan seseorang, terdapat bakteri baik yang membantu sistem pencernaan dalam memproses makanan dalam usus.

Madu tidak hanya kaya akan nutrisi, ternyata madu juga kaya akan kandungan bakteri baiknya. Bifidobakteria dan Lactobacillus terkandung dalam madu, sehingga dengan mengkonsumsi madu secara rutin maka Anda akan menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Kedua bakteri ini juga bermanfaat dalam sifatnya yang dapat melindungi kesehetan saluran pencernaan dari bakteri penyebab diare dan Helycobacter pylori.

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Image : pexels

 

Telah banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa madu dapat berdampak positif pada kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan suatu penelitian, disebutkan bahwa madu dapat merangsang terjadinya pembentukan sel-sel imunitas seperti sel limfosit B dan T yang berfungsi sebagai penangkal serangan penyakit serta sel natural killer.

Selain itu, madu juga merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam proses penyembuhan ketika sedang terkena suatu penyakit.

Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan tubuh yang sehat dan kuat, konsumsilah madu secara rutin setiap harinya.

  • Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
image : pexels

 

Manfaat lain dari madu yaitu sifatnya yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Mengoleskan sedikit madu pada bagian tubuh yang terluka akan mempercepat proses penutupan dari luka tersebut.

Selain itu, kandungan antiseptik dalam madu akan membersihkan dan menghindari madu dari masalah bakteri dan infeksi.

  • Meredakan Gejala Batuk

Meredakan Gejala Batuk
image : howrid.com

 

Batuk adalah suatu masalah yang menyerang sistem pernafasan seseorang. Disini madu dapat berperan dalam meredakan dan menyembuhkan gejala batuk yang paling keras sekalipun.

Hal ini karena dalam madu terdapat kandungan senyawa aktif antiviral dan antibakterial yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab batuk.

Efek yang diberikan oleh madu pada penderita gejala batuk-batu sama dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan.

Ketika Anda atau orang-orang terdekat Anda terkena gejala batuk-batuk, maka usahakan untuk mengkonsumsi atau memberikan madu alami sebagai pengganti obat batuk.

  • Meningkatkan Stamina Tubuh

Meningkatkan Stamina Tubuh
image : pexels

 

Pada jaman dahulu, para atlit sering mengkonsumsi madu ketika mereka akan bertanding, hal ini memang telah terbukti oleh studi terbaru mengenai manfaat madu yang dapat meningkatkan stamina tubuh.

Jika Anda menginginkan stamina tubuh Anda untuk meningkat, maka Anda perlu untuk mengkonsumsi madu asli secara rutin sembari rajin berolahraga.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah
image : pexels

 

Mengkonsumsi madu murni dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kolesterol ini, jika telah menumpuk dalam darah, dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, akibatnya Anda beresiko untuk terkena serangan jantung dan stroke.

Selain untuk meningkatkan stamina dan manfaat lainnya, madu dapat juga Anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini karena dalam madu terkandung senyawa aktif serta antioksidan yang sangat berperan dalam proses penurunan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi madu secara rutin selama dua minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 8%.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
image : pexels

 

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam madu murni dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang berpotensi untuk merusak sel-sel jantung serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, madu juga banyak mengandung zinc dan potassium yang berperan dalam mengatur kecepatan detak jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Mengobati Penyakit Arthritis

Arthritis adalah suatu penyakit yang muncul dikarenakan terjadi peradangan pada daerah persendian yang menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam madu mampu untuk mencegah terjadinya peradangan pada daerah persendian dan dapat mengobati perasaan sakit yang timbul.

  • Melembabkan Kulit dan Bibir

Untuk menjaga kelembaban bibir dan kulit, Anda dapat menggunakan madu sebagai masker dengan cara mengoleskannya langsung secara merata ke area wajah Anda, setelah sekitar 30 menit, bilaslah dengan air hangat.

Untuk menjaga kelembabab bibir, oleskan madu pada area bibir sesaat sebelum Anda akan pergi tidur.

  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker dan Tumor

Ternyata madu yang rasanya manis ini dapat mencegah munculnya dan tumbuhnya sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Dalam madu terkandung suatu senyawa disebut antimutagenic yang mampu untuk mencegah zat-zat berbahaya masuk ke dalam jaringan serta menghindari terjadinya mutasi sel.

Suatu penelitian menyebutkan bahwa senyawa antimutagenic yang terkandung dalam madu dapat memicu apoptosis sel tubuh serta mencegah proses metastasis sel-sel kanker.

Apoptosis adalah suatu mekanisme dimana sel yang telah termutasi akan membunuh dirinya agar tidak berkembang menjadi penyakit kanker.

Sementara metastasis adalah suatu proses penyebaran sel-sel kanker dari organ yang satu ke organ yang lainnya melalui sistem peredaran darah.

  • Mampu Menyegarkan Nafas yang Tidak Segar

Mampu Menyegarkan Nafas yang Tidak Segar
image : pexels

 

Kebiasaan untuk berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan madu setiap pagi, dapat membantu untuk mengatasi masalah bau nafas yang kurang sedap.

Senyawa antibakterial dari madu dapat membunuh bakteri-bakteri dalam mulut yang menjadi penyebab nafas Anda tidak segar.

  • Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan Nafsu Makan
image : pixabay

 

Anda dapat mengkonsumsi madu untuk mengatasi masalah tidak nafsu makan yang menyerang Anda ataupun orang-orang terdekat Anda.

  • Manfaat Lainnya Dari Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Mengatasi masalah alergi m
Mengatasi masalah sakit perut
Mencegah datangnya stress
Mengurangi resiko terkena serangan jantung
Mencegah resiko terkena penyakit alzheimer
Mencegah datangnya penyakit kuning
Mencegah pertumbuhan sel tumor di berbagai bagian tubuh
Manfaat Madu Untuk Kecantikan
Selain manfaatnya untuk kesehatan, madu juga bermanfaat bagi kecantikan wajah dan kulit. Berikut manfaat madu untuk kecantikan wajah.

Madu telah dipercaya dan digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk menghilangkan masalah jerawat

Madu dapat menghilangkan komedo
Madu dapat menghilangkan flek hitam di wajah
Mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat
Mencerahkan wajah
Mengecilkan pori-pori di wajah
Sebagai bahan masker wajah
Digunakan sebagai bahan untuk membersihkan wajah dari masalah radikal bebas
Menghaluskan kulit wajah

Manfaat madu untuk kecantikan:

Mencegah proses penuaan dini
Mencegah kulit menjadi keriput
Mencegah munculnya kulit kehitaman saat tua
Mencegah munculnya jerawat
Mencegah alergi dan iritasi pada kulit
Manfaat Madu Untuk Rambut:

Madu dapat menghitamkan rambut
Madu mampu untuk membuat rambut menjadi lebih kuat
Madu dapat menghilangkan rambut yang bercabang
Madu dapat membuat rambut menjadi lebih lurus

Nah itu dia Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya seputar Manfaat Buah Pepaya Jika Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh ini bermanfaat bagi Anda, silahkan di share ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *