Manfaat Minum Kopi Yang Sangat Luar Biasa Perlu Di Ketahui

0 42

Manfaat Minum Kopi – Kopi adalah salah satu minuman yang difavoritkan banyak orang. Selain dipercaya dapat meningkatkan mood, minum kopi saat ini juga sudah menjadi bagian dari tren gaya hidup masyarakat urban.

Maka, tak heran dalam beberapa tahun terakhir, muncul banyak kafe minum kopi yang menghadirkan aneka kopi khas baik dari luar negeri maupun Tanah Air.

Tak hanya nikmat, bagi anda para pecinta kopi, besyukurlah karena kopi juga merupakan salah satu minuman yang menyehatkan. Hal ini karena kopi memiliki antioksidan dan nutrisi baik bagi tubuh.

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit serius.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengagumkan mengenai kopi bagi kesehatan tubuh dan telah dibuktikan berdasarkan studi sains

Manfaat Minum Kopi

Kopi dapat meningkatkan energi dan mencerdaskan

Kopi dapat meningkatkan energi dan mencerdaskan
Ilustation : pixabay

 

Secangkir kopi yang anda nikmati dapat membuat seseorang merasa lepas dari rasa lelah dan meningkatkan energi.

Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang dinamakan kafein, di mana mampu memengaruhi bagian otak seseorang menjadi lebih baik, seperti dalam mengingat, suasana hati, dan beberapa fungsi kognitif lainnya.

Kopi dapat membakar lemak

Kopi dapat membakar lemak
Ilustation : pixabay

 

Tahukah anda bahwa kafein dapat ditemukan di beberapa suplemen pembakar lemak? Beberapa studi menunjukkan, bahwa kafein juga dapat mendorong peringkat metabolis 3-11 persen.

Studi lain bahkan membuktikan, bahwa kafein dapat secara spesifik membakar lemak, sebanyak 10 persen pada orang gemuk, dan 29 persen pada orang ramping.

Kafein dapat meningkatkan performa fisik

Kafein dapat meningkatkan performa fisik
Ilustation : pixabay

 

Kafein juga dapat menstimulasi sistem jaringan, dan mengirim sinyak ke sel-sel lemak untuk memecahkan diri. Namun, perlu diingat pula, bahwa kafein bisa meningkatkan Epinephrine (Adrenaline) di dalam darah.

Ini merupakan hormon yang didesain membuat tubuh mampu menjalani kelebihan aktivitas fisik. Berdasarkan studi, kafein dapat meningkatkan performa tubuh rata-rata sampai 11-12 persen.

Nutrisi esensial ada di kopi

Kopi lebih dari sekedar cairan berwarna hitam kecokelatan. Tapi, begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam secangkir kopi. Di antaranya;

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% RDA.
  • Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% RDA.
  • Manganese dan Potassium: 3% RDA.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% RDA.
  • Kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang serius, di mana sebanyak 300 juta orang di dunia pernah mengalaminya.

Gejalanya adalah meningkatkan gula darah serta tidak mampunya tubuh mensekresi insulin.

Related Posts
1 of 23

Untuk beberapa alasan tertentu, para pecinta kopi bisa jadi memiliki risiko lebih rendah mengidap diabetes tipe 2 ini.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi memiliki 23-50 persen risiko lebih rendah mengidap diabetes.

Kopi melindungi anda dari Alzheimer

Kopi melindungi anda dari Alzheimer
Ilustation : pixabay

 

Alzheimer merupakan penyakit neurodegenerative dan penyebab utama demensia di dunia. Penyakit ini rata-rata diderita oleh orang lanjut usia 65 tahun ke atas.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat ampuh yang dapat menyembuhkan alzheimer secara total. Namun, beberapa studi menunjukkan, bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah 65 persen menderita alzheimer.

Kafein menurunkan risiko Parkinson

Kafein menurunkan risiko Parkinson
Ilustation : Pixabay

 

Selain alzheimer, penyakit lainnya yang merupakan gangguan neurodegenerative yang banyak diderita adalah Parkinson.

Hal itu disebabkan oleh kematian saraf dopamine di otak. Karena belum ada obatnya, memang jauh lebih baik agar anda mencegahnya dari sekarang.

Bagi anda pecinta kopi, beruntunglah karena anda memiliki risiko lebih rendah mengalami Parkinson, hingga 32-60 persen.

Kopi melindungi organ liver

Kopi melindungi organ liver
Ilustation : pixabay

 

Liver adalah salah satu organ penting tubuh yang memiliki banyak fungsi. Beberapa penyakit yang mengganggu liver di antaranya, hepatitis, liver berlemak, dan lainnya.

Dalam kondisi tersebut, liver seseorang sangat rentan mengalami luka jaringan. Di sinilah, manfaat minum kopi sangat dibutuhkan. Orang yang mengonsumsi 4 cangkir per hari memiliki 80 persen risiko lebih rendah.

Kopi mengatasi depresi ringan

Kopi mengatasi depresi ringan
Ilustation : Pixabay

 

Depresi merupakan gangguan mental yang bisa menjadi serius bila tak ditangani dengan baik. Tak hanya itu, depresi dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Dalam studi Harvard di tahun 2011, wanita yang minum 4 atau lebih cangkir kopi memiliki 20 persen risiko lebih rendah mengalami depresi.

Pecinta kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker

kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker
Ilustation : Pixabay

 

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan di dunia di mana ditandai dengan pertumbuhan tak terkontrol sel-sel dalam tubuh.

Kopi pun juga dapat menjadi lawan dua tipe kanker, yakni kanker liver dan kanker usus. Studi menunjukkan, pecinta kopi memiliki risiko 40 persen lebih rendah mengalami kedua jenis kanker tersebut.

Sekian informasi seputar manfaat minum kopi jangan lupa untuk menyimak artike lainnya seputar manfaat buah pir yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.