Manfaat Pisang Buat Kesehatan Dengan Beragam Kandungan Nutrisi

oleh -31 views
manfaat pisang

Manfaat pisang yang matang tentunya sangat nikmat untuk disantap sebagai pencuci mulut. Namun, dibalik rasanya yang nikmat dan manis, buah pisang mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat pisang buat kesehatan ternyata sangat beragam dan bisa anda dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur dan rutin. Didalam pisang, terdapat beragam nutrisi yang bermanfaat dan vitamin B6 adalah nutrisi yang paling dominan. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium, potassium, serat, vitamin C, dan mangan.

Manfaat pisang buat kesehatan untuk kardioovaskular

Salah satu manfaat pisang buat kesehatan adalah mampu menjaga fungsi dari kardiovaskular. Selain itu, pisang juga mampu menguatkan sistem kardiovaskular. Hal ini karena pisang mempunyai kandungan zat potassium yang cukup tinggi. Potassium merupakan jenis mineral yang penting dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah supaya tetap berfungsi dengan baik dan normal. Untuk mendapatkan manfaat pisang buat kesehatan tubuh ini, anda cukup mengkonsumsi satu buah pisang yang berukuran sedang karena didalamnya mempunyai 400 mg potassium. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, pisang dapat melindungi tubuh dari aterosklerosis dan mencegah terkena resiko tekanan darah tinggi.

Manfaat pisang buat kesehatan untuk diet

Gambar : Pixabay

Pisang selain mampu menjaga kesehatan dan fungsi jantung, manfaat pisang buat kesehatan ternyata juga bisa dijadikan sebagai menu harian bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya, tujuan dari diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan namun juga mengatur pola makan demi kesehatan tubuh. Apapun tujuan diet yang sedang dilakukan, buah pisang adalah menu harian yang direkomendasikan. Pisang mampu melangsingkan badan karena mempunyai kandungan karbohidrat serta gula yang tinggi. Sehingga, buah yang satu ini mampu memberi rasa kenyang dan perut penuh dalam waktu yang cukup lama.

Alasan lain mengapa pisang dianjurkan untuk diet karena mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah. Meskipun mempunyai rasa yang relatif manis, pisang mempunyai kandungan gula hanya sekitar 15 gram. Hal ini tentunya membuat pisang aman untuk dikonsumsi karena indeks glikemik atau GI yang rendah. Indeks glikemik merupakan parameter untuk mengetahui seberapa cepat zat karbohidrat pada makanan mampu diserap tubuh. Dalam hal ini, manfaat pisang buat kesehatan karena melepas karbohidrat dengan lambat ke dalam tubuh dengan adanya GI yang rendah. Jika GI berskala rendah, maka kadar gula yang ada didalam darah tetap stabil. Berdasarkan penelitian, buah pisang mempunyai GI 51 dan merupakan nilai yang cukup rendah.

Saat menjalani program diet, sudah pasti anda akan memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Biasanya, makanan yang dikonsumsi adalah makanan berserat. Dalam poin ini, manfaat pisang buat kesehatan untuk menu diet sangat dianjurkan karena pisang mempunyai fiber atau serat yang cukup tinggi dan berkisar 3 gram. Untuk itu, manfaat pisang buat kesehatan dengan adanya serat dapat membantu kerja sistem pencernaan lebih optimal dan mencegah konstipasi.

Manfaat Pisang Buat Kecantikan: Perawatan Alami Kulit Dan Wajah

Dibandingkan dengan jenis buah yang lain, pisang merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan potassium. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menghindari otak yang berkabut atau foggy brain yang merupakan suatu jenis penyakit dimana seseorang tiba-tiba lupa saat ingin berbicara atau melakukan sesuatu. Hal ini memang dialami oleh banyak orang. Selain dimakan, buah pisang juga mempunyai beragam khasiat dengan kandungan didalamnya yang salah satunya yaitu manfaat pisang buat kecantikan. Untuk perawatan kulit dan wajah, pisang biasanya digunakan sebagai masker.

Manfaat pisang buat kecantikan untuk wajah cerah dan halus

Berbagai manfaat pisang buat kecantikan salah satunya adalah menghilangkan atau mengangkat sel kulit mati. Dengan banyaknya tuntutan pekerjaan serta aktivitas padat yang mengharuskan anda bekerja diluar kantor membuat anda harus berhadapan dengan kotoran dan debu setiap hari. Kotoran tersebut sebagian ada yang menempel pada kulit wajah yang kemudian menyebabkan adanya sel-sel kulit mati. Untuk itulah, manfaat pisang buat kecantikan untuk bahan perawatan alami bisa membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah. Dengan menggunakan masker pisang secara rutin dan teratur, wajah akan kembali terlihat cerah dan bersih.

Baca Juga  Manfaat Sayur Toge Bagi Tubuh

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Selain ingin memiliki wajah yang bersih dan cerah, sudah pasti setiap wanita menginginkan wajah yang halus. Untuk mendapatkannya, anda tidak harus membeli produk kosmetik yang dibanderol dengan harga selangit. Belum lagi efek samping dari produk tersebut yang dapat membahayakan kesehatan wajah dimasa yang akan datang. Untuk itu, anda cukup menggunakan masker pisang untuk mendapatkan wajah yang halus. Manfaat pisang buat kecantikan tentunya sangat aman digunakan dan tanpa mengandung efek samping.

Manfaat pisang buat kecantikan: mengencangkan kulit dan obat jerawat

gambar : pixabay

Semakin lama, manusia akan semakin tua. Dengan bertambahnya umur, juga akan mempengaruhi kondisi kulit. Salah satunya adalah menurunkan intensitas kekencangan kulit. Untuk mencegah hal ini, anda bisa menggunakan masker pisang. Manfaat pisang buat kecantikan sebagai masker dapat mengencangkan kulit wajah saat bertambahnya usia. Hal ini karena buah pisang mempunyai vitamin E yang mampu membantu mengencangkan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat pisang buat kecantikan secara maksimal, anda sebaiknya melakukannya di malam hari dan membilasnya dengan air bersih keesokan harinya.

Selain mengencangkan kulit wajah, masker pisang juga bisa mengobati jerawat secara alami. Keberadaan jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang kerap kali muncul dan dialami banyak wanita. Meskipun berbentuk kecil, jerawat sangat menganggu. Selain memperburuk penampilan anda, jerawat terkadang juga terasa nyeri. Untuk itu, manfaat pisang buat kecantikan dapat anda gunakan sebagai obat alami pembasmi jerawat hanya dengan melakukan perawatan dengan masker pisang. Sudah pasti, masker ini lebih murah dan lebih aman jika dibandingkan dengan produk kosmetik yang ada di pasaran.

Manfaat Pisang Buat Ibu Hamil: Memenuhi Nutrisi Yang Dibutuhkan

Buah pisang ternyata mempunyai manfaat dan khasiat yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Dalam buah pisang mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, serat, kalsium, mineral, vitamin B, vitamin A, dan vitamin C. Jenis buah yang satu ini adalah buah yang paling sering ditemui dan mempunyai rasa yang lezat. Berikut adalah manfaat pisang buat ibu hamil.

Manfaat pisang buat ibu hamil: sumber tenaga dan obat anemia

gambar : pixabay

Salah satu manfaat pisang buat ibu hamil adalah meningkatkan sumber tenaga. Wanita yang sedang dalam masa kehamilan biasanya akan susah mengkonsumsi makanan karena setelah makan biasanya akan dimuntahkan kembali. Untuk itu, pisang bisa menjadi salah satu bahan makanan yang cocok untuk ibu hamil. Selain mempunyai rasa yang manis dan enak, pisang juga mudah dicerna usus. Bahkan, pisang juga dapat mengubah gula menjadi sumber energi yang diperlukan oleh ibu hamil. Sehingga, manfaat pisang buat ibu hamil muda bisa meningkatkan stamina supaya tidak mudah lelah.

Salah satu zat yang paling banyak dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi. Dengan kata lain, setiap ibu hamil harus memenuhi asupan makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk menjaga kesehatan janin dan dirinya sendiri. Faktanya, pisang mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Pada ibu hamil, zat bisa berfungsi untuk mengatasi dan mencegah anemia. Sehingga, untuk mendapatkan manfaat pisang buat ibu hamil yang bisa mengatasi anemia, setiap ibu hamil disarankan mengkonsumsi setidaknya dua buah pisang setiap hari.

Manfaat pisang buat ibu hamil: obat maag dan liver

Penyakit maag adalah jenis penyakit yang disebabkan karena produksi asam lambung yang berlebih. Ibu hamil juga rentan terkena penyakit ini karena sulitnya makanan masuk terutama di trimester pertama. Untungnya, manfaat pisang buat ibu hamil sebagai obat maag dapat mengatasi permasalahan ini. Ketika mengkonsumsi buah pisang, maka maag akan reda dalam seketika. Manfaat pisang buat ibu hamil selanjutnya adalah mengobati dan mencegah penyakit liver. Jika anda mempunyai penyakit liver yang tak kunjung sembuh, anda bisa mencoba pisang sebagai obat alami.

Baca Juga  14 Cara Berhenti Merokok Yang Aman Dan Permanen

Sebagai pengobatan alami penyakit liver, anda hanya cukup mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Selain itu, anda juga bisa mencoba cara yang lain yaitu dengan menyiapkan satu buah pisang yang sudah matang dan masih segar. Manfaat pisang buat ibu hamil untuk mengobati penyakit liver ini harus diblender terlebih dahulu dan ditambahkan ½ gelas air serta madu murni sebanyak 2 sendok. Minum jus pisang tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan secara teratur dan rutin agar terhindar dari penyakit liver yang juga kerap dialami oleh ibu hamil.

9 Manfaat Pisang Bagi Wajah

gambar : pixabay

Salah satu jenis buah yang memiliki rasa super lezat adalah buah pisang. Tidak hanya dikenal dapat mengatasi berbagai macam penyakit rupanya buah ini juga sangat bermanfaat dalam segi kecantikan. Tidak banyak yang mengetahui bahwa buah asia ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi segala masalah yang sering terjadi pada kulit wajah. Hal ini tentunya sangat penting dan berguna bagi wanita yang selalu memprioritaskan bagian wajah. Manfaat pisang bagi wajah memang sangat banyak sekali dan dengan menggunakan buah ini tentunya membuat banyak wanita dapat merawat wajahnya dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi anda yang ingin tahu apa saja kegunaan buah pisang untuk wajah, maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Perawatan Wajah Dengan Pisang

Manfaat pisang bagi wajah yang pertama yaitu untuk membuat kulit wajah nampak lebih cerah. Dengan begini tentunya para wanita tidak perlu lagi menggunakan krim wajah pencerah yang didalamnya terdapat banyak bahan bahan kimia berbahaya. Manfaat yang kedua yaitu untuk menghilangkan jerawat. Dengan begini tentu para wanita tidak perlu lagi mengonsumsi obat jerawat. Manfaat yang ketiga yaitu untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Ini adalah hal yang sangat penting agar wajah lebih terlihat bersih tanpa noda.

Manfaat pisang bagi wajah yang keempat yaitu untuk membuat kulit wajah nampak lebih halus. Memiliki kulit wajah yang halus adalah dambaan banyak wanita. Manfaat pisang untuk wajah yang kelima yaitu mengangkat sel sel kulit mati. Hal ini sangat penting sehingga wajah tidak terlihat kusam dan tentunya dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah. Manfaat yang keenam yaitu untuk menghilangkan adanya kutil pada kulit. Tentu hal ini adalah masalah yang sangat mengganggu bagi wanita.

Manfaat pisang bagi wajah yang ketujuh yaitu untuk mencegah terjadinya keriput atau dapat digunakan untuk penuaan dini. Ini adalah salah satu solusi yang sangat tepat bagi para wanita yang tetap ingin memiliki wajah awet muda. Manfaat yang kedelapan yaitu sebagai UV protection yang dapat menjaga kulit terhadap bahaya sinar matahari. Manfaat yang kesembilan yaitu untuk melembabkan wajah secara alami. Hal ini sangat penting bagi anda yang memiliki kulit wajah kering. Memiliki kulit wajah lembab dan kenyal adalah dambaan setiap wanita.

Dengan adanya ulasan diatas tentunya kini anda dapat mengetahui bahwa ternyata buah pisang ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Tidak hanya itu saja, namun buah ini juga dapat mengatasi segala masalah yang terjadi pada wajah. Terlebih jika harga jualnya sangat terjangkau membuat para wanita dapat lebih berhemat dalam melakukan perawatan wajah secara alami dengan pisang.

Salah satu jenis buah yang namanya sudah sangat dikenal di seluruh wilayah Indonesia adalah buah pisang. Buah yang berkulit kuning dan berdaging putih ini memiliki rasa yang sangat lezat yaitu manis dan ada yang sedikit asam. Buah pisang ini memiliki kandungan baik didalamnya yang sangat kaya akan manfaat baik itu untuk mengatasi segala macam penyakit serta mengatasi segala macam kecantikan. Namun siapa sangka bahwa buah pisang ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan vitalitas serta kesuburan para pria? Mungkin hanya sedikit yang mengerti akan hal ini dan oleh karena itu ulasan pada kali ini akan membahas penuh tentang manfaat pisang bagi pria. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai informasinya maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Pisang Untuk Vitalitas Pria

Manfaat pisang bagi pria yang pertama yaitu dapat membantu produktifitas kadar testosteron pada tubuh pria. Hal tersebut dikarenakan buah pisang ini memiliki kandungan kalium yang jika dikonsumsi secara teratur oleh pria maka dapat menaikkan libidonya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pria sebab dengan buah ini tentunya para pria dapat melakukan aktifitas berhubungan dengan pasangan dalam waktu yang lebih tahan lama.

Baca Juga  9 Cara Agar Kulit Putih Dengan Cepat Secara Alami Terbukti Ampuh

Manfaat pisang bagi pria yang kedua yaitu dapat meningkatkan peranan prostat pada tubuh pria. Hal tersebut dikarenakan buah pisang memiliki kandungan magnesium dan juga mangan yang dapat membantu proses penetralan fungsi organ tubuh pria. Kegunaan buah pisang bagi pria berikutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas sperma para pria. Dengan memiliki sperma yang berkualitas tentunya para pria dapat memperoleh keturunan yang juga berkualitas. Oleh karena itu, para pria harus memperbaiki kondisi kualitas sperma yang dimilikinya tersebut hanya dengan mengonsumsi buah pisang.

Manfaat pisang bagi pria yang ketiga yaitu untuk meningkatkan kegairahan para pria. Hal tersebut dikarenakan buah pisang memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan stamina kejantanan para pria. Manfaat yang keempat yaitu dapat dijadikan sebagai pelumas saat para pria sedang melakukan aktifitas berhubungan bersama dengan pasangannya. Tidak hanya itu saja, buah ini juga mencegah terjadinya kram otot saat para pria sedang melakukan hubungan dengan pasangan. Manfaat yang kelima yaitu dapat mencegah terjadinya disfungsi ereksi pada pria.

anda telah mengetahui bahwa buah pisang sangat bermanfaat bagi vitalitas para pria. Dengan mengonsumsi buah pisang maka manfaat yang dapat diperoleh oleh kaum adam sangat banyak sekali. Kaum pria juga dapat meningkatkan dan mempertahankan hubungan yang lebih harmonis bersama dengan pasangan.

Gambaran Pohon Pisang Yang Paling Popular Di Indonesia

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Gambaran pohon pisang sangat mudah kita temukan. Mungkin disekitar tempat tinggal anda, ada banyak sekali pohon pisang yang tumbuh. Pohon pisang memang dapat tumbuh dimana saja. Komoditas buah pisang di Indonesia juga sangat tinggi. Oleh karena itu banyak orang yang membudidayakannya. Di Indonesia jenis buah pisang sangatlah banyak. Mungkin anda akan bingung membedakannya. Oleh karena itu dibawah ini akan disebutkan jenis buah pisang di Indonesia yang paling popular.

Pisang Mas

Mungkin anda sudah sering mendengar nama pisang mas. Gambaran pohon pisang mas memiliki bentuk buah yang kecil dan warnanya kuning keemasan. Tekstur buahnya manis dan harum. Sering diolah menjadi pisang goreng. Pohonnya hampir sama dengan jenis buah pisang lainnya, perbedaannya pada tinggi pohon pisang mas. Tinggi pohon mas tidak terlalu tinggi. Lebar daunnya juga agak kecil. Jika sudah matang kulit pisangnya agak lengket dan tipis. Buah pisang mas sangat bagus dikonsumsi untuk bayi yang masih dalam masa pertumbuhan.

Pisang Raja

Pisang raja termasuk jenis pisang yang sangat popular di Indonesia. Ketika pergi ke rumah makan pasti banyak yang menyediakan pisang raja untuk pencuci mulut. Gambaran pohon pisang raja bentuknya agak melengkung dan kulitnya tebal. Ukuran pisang raja lebih panjang dibandingkan pisang mas. Jika sudah matang, buah pisang rajah berwarna kuning orange, rasanya manis legit dan tercium bau harum khas pisang. Buah pisang raja yang masih matang sering diolah menjadi keripik pisang. Manfaat buah pisang raja juga sangat bagus untuk kesehatan. Seperti menyembuhkan sembelit, melancarkan peredaran darah dan masih banyak lainnya.

Pisang Kapok

Pisang kapok sering dibuat menjadi pisang goreng atau pisang crispy. Hal ini dikarenakan tekstur buah pisang kapok yang lembut dan rasanya manis. Gambaran pohon pisang kapok dengan jenis buah pisang lainnya sedikit berbeda. Bentuk buah pisang kapok kecil, agak lebar dan padat. Kalau jenis buah pisang lainnya berbentuk agak bulat dan panjang. Pisang kapok pun dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Ada kapok kuning, kapok putih dan lainnya. Ini dibedakan dari bentuk dan bentuk pohonnya.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis buah pisang yang ada di Indonesia. Ada pisang ambon, pisang barangan, pisang Pontianak, pisang tanduk, pisang kapas dan masih banyak lainnya. Bagi orang awam memang sulit membedakan gambaran pohon pisang karena memang hampir sama. Biasanya dibedakan pada lebar daun, warna batang dan tinggi pohonnya. Ada beberapa jenis pohon pisang yang buah pisangnya tidak enak. Oleh karena itu anda harus membedakan dengan benar.

Sekian informasi seputar manfaat pisang yang mandirisaja.com berikan semoga bisa bermanfaat buat para pembaca jangan lupa untuk terus menyimak artikel menarik lainnya. ditunggu yah salam redaksi.

Comments

comments