Tips Membangun Rumah Minimalis Bertingkat Untuk Keluarga

0 83

Jika sobat mempunyai lahan dasar untuk membangun rumah minimalis yang tergolong sempit, sobat harus memunculkan ide – ide kreatif yang dapat memanfaatkan ruangan secara baik dan bisa menghasilkan rumah yang lain dari pada yang lain. Untuk lahan yang berukuran kecil sobat bisa membuat rumah tingkat dengan konsep yang minimalis. Seiring dengan perubahan zaman yang modern dan banyaknya pengaruh dari luar maka banyak sekali yang ingin membangun rumah tingkat atau berlantai dua apalagi untuk sobat yang mempunyai keluarga cukup banyak.

Membangun Rumah Minimalis

Membangun Rumah Minimalis
ilustation : pixabay

Membangun rumah minimalis itu akan lebih sempurna jika dibarengi dengan interior yang sebadan atau cocok dan disini Untuk pembentukan interior rumah harus disesuaikan dengan perencanaan konsep pada membangun rumah minimalis yang akan dibangun. Pada dasarnya jika konsep minimalis yang diterapkan pada sebuah rumah, maka tidak perlu menggunakan warna yang bermacam corak. Hanya dengan menerapkan warna yang sederhana akan memberikan kesan warna yang baik. Contohnya seperti warna abu – abu, hitam dan yang paling populer yaitu warna putih. Jangan sampai sobat memakai warna yang sangat mencolok karena jika itu sobat terapkan maka kesan minimalisnya tidak akan terlihat.

Barang dan furnitur yang sobat miliki harus ditempatkan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan barang tersebut agar terlihat lebih nyaman. Lebih baik sobat memilih furnitur yang berfungsi ganda agar dapat menghemat ruangan yang sempit, jangan memperbanyak furnitur yang mempunyai ukuran kecil karena akan terlihat rumah semakin sempit dan pastikan bahwa furnitur tersebut sesuai dengan fungsinya. Selalu perhatikan penyusunan tata ruang dengan interior yang dapat dikembangkan sewaktu-waktu, yang pasti jangan pernah memaksakan furnitur berada didalam ruangan terlalu banyak.

Mendesain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
ilustation : pixabay

Sebenarnya dengan mendesain atau membangun rumah minimalis bertingkat merupakan solusi yang tepat bagi sobat pemilik lahan sempit dimana harga tanah yang semakin tahun semakin mahal. Jika dilihat dari segi anggaran, rumah tingkat lebih hemat dibanding membangun rumah minimalis yang besar, selain itu juga menghemat lahan yang kita miliki. Untuk anggaran pembelian material bangunan juga bisa diminimalisir, memang jika dilihat sekilas khususnya pada konsep konstruksinya pembangunan rumah tingkat terkesan rumit, tapi jika konsep bangunan dibuat lebih mendetail.

Untuk penentuan konsep biasanya tergantung dari ide individu namun biasanya konsep rumah tingkat minimalis dengan tipe 45 ini mempunyai dua kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan dan ruang tamu pada lantai 1, sedangkan pada lantai 2 biasanya dapat dibangun dua kamar tidur, kamar mandi dan ruang khusus keluarga. Jadi pembagian suatu ruangan tidak perlu disusun yang rumit apalagi konsep rumah sobat adalah tingkat atau berlantai dua yang tentunya semakin mudah untuk mengatur ruangan tanpa pusing dengan keadaan bangunan yang sempit.

Namun sebaiknya sebelum sobat membangun alangkah baiknya juga melihat ukuran harga rumah minimalis bertingkat sobat banyak mencari referensi, baik dari majalah maupun dari internet sobat bisa mengumpulkannya dalam bentuk file kemudian dijadikan satu, selain itu jika sobat akan merancang rumah minimalis Jangan lupa untuk menentukan konsep ruangan yang sobat inginkan, bisa membentuk model ruang makan yang terbuka atau sebuah kamar yang berkonsep elegan.

Nah, jika semua ide dan referensi sudah sobat kumpulkan banyak-banyak, saatnya untuk merencanakan anggaran yang sesuai dengan budget dan ide rumah yang sobat inginkan. Jika sobat merasa kesulitan sobat bisa meminta bantuan pada seorang arsitek dalam memperhitungkan budget pada konsep rumah yang sesuai dengan keinginan sobat, hal ini untuk meminimalisir pada pekerjaan pembangunan rumah sobat nantinya supaya tidak berhenti ditengah jalan.

Demikian artikel dari mandiri saja kali ini yang berjudul cara membangun rumah tingkat minimalis, rencanakan konsep sematang mungkin sebelum sobat membangunnya agar hasilnya maksimal. semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.