Mengenal Kucing Anggora Dan Cirinya

oleh -20 views
Mengenal Kucing Anggora Dan Cirinya

Kucing anggora merupakan kucing ras yang berasal dari Angora, Turki yang sekarang lebih dikenal dengan Ankara. Kucing ini termasuk ras kucing alami yang sudah sangat tua dan cukup langka.

Baca Juga :

Sejak abad ke-16 kucing angora menjadi populer di Eropa, tepatnya pada saat Pietro Delle yang merupakan seorang berkebangsaan Italia membawa ras Anggora ke sebuah istana di Italia dan ketika raja Louis XV memelihara seekor Anggora di istananya. Banyaknya pedagang Eropa yang berbisnis di timur tengah menyebabkan kucing-kucing yang berasal dari Turki dan Persia semakin banyak di impor ke Eropa.

Pada tahun 1870 Kelompok kucing berbulu panjang sangat popular ketika kontes kucing mulai diadakan di Inggris . Sejak adanya kontes kucing, sifat-sifat genetik antara ras Persia dengan ras Anggora mulai berkembang menjadi lebih murni dan spesifik.

Kucing anggora memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dengan kucing ras lainnya. Adapun ciri fisik kucing angora adalah sebagai berikut: Pada bagian tubuh, kucing anggora ini memiliki postur tubuh yang sedang, tidak terlalu panjang dan tidak pendek. Kucing angora ini memiliki bobot yang cukup ringan dan terlihat langsing.

Baca Juga  Settingan Lovebird Paud Pakai Untulan Yang Terbukti Ampuh

Bagian wajah kucing anggora berbentuk lonjong atau panjang pada bagian hidungnya, dengan kepala berbentuk segitiga. Kucing anggora memiliki kuping yang cukup tinggi ke atas dan daun kuping yang cukup lebar.

Pada bagian kaki dan tangannya, cukup panjang sehingga akan terlihat tinggi. Walaupun badannya tidak terlalu panjang, tapi dia memiliki kaki yang tinggi. Bagian ekor kucing angora biasanya akan terlihat mengembang karena kucing anggora memiliki bulu cukup banyak yang terlihat seperti kipas.

Sedangkan pada bagian mata, kucing anggora bewarna putih memiliki warna mata yang berbeda yaitu sebelah kanan bewarna biru dan mata sebelah kiri bewarna kuning. Perbedaan warna pada bola mata kucing anggora inilah yang menjadi ciri khas.

Kucing anggora yang unik dan lucu harus terus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kucing angora kesayangan anda:

Mandi. Disarankan untuk memandikan kucing minimal 2 minggu sekali dan melakukan pemotongan kuku tiap seminggu sekali. Usahakan untuk menjaga bulu kucing tetap kering atau tidak lepek.

Kebersihan kandang. Kebersihan kandang dapat dijaga dengan menggunakan bahan almunium dan membersihkan kotak pasir di kandang 2 kali dalam satu minggu serta menyemprotkan desinfektan.

Makanan dan minuman. Dari segi makanan, usahakan membiasakan kucing untuk mengkonsumsi makanan kering khusus kucing karena makanan basah tidak baik untuk kesehatanya. Sedangkan untuk minum sebaiknya air putih yang matang saja sudah cukup.
Vaksinasi. Pada usia 3 bulan kucing harus segera divaksinasi untuk menjaga agar kucing tetap sehat.

Comments

comments