Tips Agar Berhenti Menunda Pekerjaan Supaya Tidak Malas

0 53

Menunda pekerjaan adalah salah satu sindrom yang bisa dialami semua orang. Entah itu dialami oleh yang masih menduduki bangku sekolah maupun telah bekerja, semua orang pasti pernah pada suatu titik di hidupnya menunda pekerjaan.

Sebagai sesuatu yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyakit malas, kebiasaan menunda pekerjaan bisa berakibat buruk dalam jangka waktu panjang.

Apalagi, ketika sudah semakin dewasa dan harus menjajaki dunia professional, penyakit malas seperti ini bisa beresiko terhadap kredibilitas dan performa kerja Anda.

Memang tidak ada jalan yang pasti utuk menyembuhkan malas. Namun, ketika malas melanda, biasanya antithesis-nya, kerja merupakan cara yang paling ampuh untuk membasminya.

Begitu pula dengan kebiasaan menunda pekerjaan yang satu ini, satu-satunya cara untuk menyembuhkannya adalah dengan segera bertindak.

Artikel ini akan membahas beberapa tips berhenti menunda pekerjaan yang mungkin bisa membantu anda mengatur mindset agar segera bertindak dan tidak mengulur-ngulur waktu, selamat membaca.

Alasan-Alasan Umum Mengapa Orang Menunda Sebelum kita membahas mengenai tips berhenti menunda pekerjaan, ada baiknya terlebih dahulu, anda mengetahui apa alasan-alasan umum yang membuat orang sering menunda pekerjaannya.

1. Tugasnya tidak menyenangkan.

Tugasnya tidak menyenangkan.
pixabay

 

Ini adalah alasan paling umum kenapa orang suka menunda pekerjaan, semakin suli tugad atau kewajiban yang harus dikerjakan, semakin malas mengerjakan.

Hal ini masuk akal karena psikologi manusia mempunyai semacam mekanisme pertahanan yang bertugas untuk melindungi manusia dari mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan atau membebani.

Ya, manusia punya kecenderungan untuk lari dari hal-hal yang dianggapnya tidak menyenangkan dirinya. Oleh karena itulah kita, sebagai manusia memiliki dan memahami konsep ‘hiburan’.

Hiburan, yang bertujuan untuk mengalihkan manusia dari hal-hal yang tidak disenanginya, adalah contoh bagaimana manusia punya kecenderungan untuk lari dari hal-hal berat dan memusingkan.

Meskipun hal ini penting untuk kesehatan mental, namun kebanyakan penunda pekerjaan bisa terlalu berlebihan dalam mencarinya, hingga malah meninggalkan kewajiban yang seharusnya dikerjakan.

2. Tugasnya susah.

Tugasnya susah
pixabay

 

Tidak jauh beda dari di atas, semakin susah atau ruwet tugasnya, maka semakin akutlah malas biasanya melanda.

3. Susah memutuskan.

Susah memutuskan pekerjaan
pixabay

 

Terkadang, alasan kenapa seseorang menunda pekerjaan adalah karena bingung untuk memutuskan terlalu banyak pilihan. Sehingga ujung-ujungnya melalaikan pekerjaan.

4. Takut gagal.

takut gagal
pixabay

 

Perasaan takut adalah salah satu sebab yang bisa melumpuhkan produktivitas. Sebagian besar orang takut memulai karena takut gagal.

5. Banyak gangguan.

Banyak gangguan
pixabay

 

Terdistraksi, adalah Bahasa singkatnya. Kebanyakan orang menunda pekerjaannya karena terganggu oleh aspek lingkungan sekitarnya, entah itu karena teralu banyak hiburan atau memang lingkungan tidak mendukung.

6. Terlalu perfeksionis.

Terlalu perfeksionis
pixabay

 

Ada sebagian orang yang terlalu perfeksionis hingga menunda pekerjaan. Hal ini biasanya disebabkan ole berpikir terlalu banyak, terlalu idealis, namun aksinya tidak ada karena takut tidak sempurna.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Script-Sweet Selesai Tepat Waktu

Related Posts
1 of 11

Tips-tips agar bisa berhenti menunda pekerjaan

Nah, setelah mengetahui alasannya, sekarang artikel ini akan membahas solusi dan tips-tips yang bisa diterapkan agar tidak lagi menunda pekerjaan.

Namun harap diingat, kunci yang terpenting di sini adalah; segera bertindak.

Tips-tips di bawah ini mungkin tidak akan secara instan menghilangkan kemalasan anda, namun semoga bisa cukup membantu untuk mengatur ulang mind-set anda.

1. Solusi tugas tidak menyenangkan.

Solusi tugas tidak menyenangkan
pixabay

 

Itulah sifat alami dari tugas dan kewajiban; tidak menyenangkan. Kita senang atau tidak, mau tidak mau harus dilakukan.

Salah satu cara untuk mengakali mindset seperti ini adalah; semakin lama tugas dilalaikan, semakin lama selesainya, dan semakin lama hal yang tidak menyenangkan tersebut bertahan.

Oleh karena itu, kuncinya adalah segera bertindak!

2. Solusi tugasnya susah.

Solusi tugasnya susah
pixabay

 

Nah, yang satu ini juga sebenarnya obatnya adalah di tindakan. Tipsnya jika tugas terlalu sulit atau terlalu banyak, cobalah megerjakan dalam beberapa bagian.

Atur jadwal, dan usahakan anda setia terhadap jadwal tersebut. Misalkan deadline tugas adalah dalam waktu dua minggu. Semisal tugasnya membutuhkan membaca sebagai kunci utamanya.

Maka dedikasikan waktu seminggu untuk membaca dan memahami buku yang diminta, lalu seminggu yang lain untuk mengerjakan tugas, dsb.

3. Solusi susah memutuskan.

Solusi susah memutuskan
Pixabay

 

Tugasnya kebanyakan dan bingung mengerjakan darimana? Pilihlah dari yang paling gampang atau yang paling sedikit. Cobalah untuk segera bertindak dan tidak berhenti sampai tugas selesai.

4. Solusi takut gagal.

Solusi takut gagal
Pixabay

 

Hilangkan perasaan takut tersebut dengan segera bekerja. Kegagalan adalah proses belajar, mungkin pahit, tapi ia bisa menjadi obat yang baik untuk memperbaiki diri.

Makanya jangan terlalu khawatir masalah gagal atau berhasil, kerjakan saja tugasnya sampai selesai.

Baca Juga : 10 Gaya Hidup Yang Bisa Menangkal Depresi Atau Stres

5. Solusi banyak gangguan.

Solusi banyak gangguan
Pixabay

 

Identifikasi apa yang bisa mengalihkan perhatian anda. Entah itu laptop, game, novel, majalah, TV, da lain sebagainya. Lalu setelah itu, menjauhlah dari sumber-sumber distraksi itu.

Jika lingkungan tidak kondusif adalah apa yag menganggu anda, maka carilah tempat yang lebih nyaman untuk menyelesaikan tugas, rumah teman misalnya.

6. Solusi terlalu perfeksionis.

Solusi terlalu perfeksionis
pixabay

 

Jika anda punya kecenderungan untuk menjadi terlalu perfeksionis dalam pekerjaan anda, maka cobalah untuk tanamkan ini di dalam pikiran, “Kehidupan tidak menghargai orang yang sempurna, tapi menghargai orang yang melakukan sesuatu”. Kemudian segeralah bertindak.

Demikianlah tips untuk berhenti menunda pekerjaan. Sebenarnya kuncinya hanyalah satu; segera berkerja atau bertindak.

Namun penulis berharap semoga tips dan trik di artikel ini setidaknya bisa mengubah pola pikir kita dalam menghadapi tugas atau kewajiban. Semoga berhasil!

Leave A Reply

Your email address will not be published.