in

5 Tips Ini Bisa Membantu Kalian Merawat Kelinci dengan Baik

Image : Pixabay

Kelinci merupakan peliharaan yang lucu, menggemaskan, dan sangat disukai hampir oleh setiap orang terutama anak-anak. Tetapi merawat kelinci tidaklah mudah melainkan terkadang cukup sulit. Banyak sekali yang harus diperhatikan dan jika kalian adalah pemula, maka kalian bisa menyimak terlebih dahulu Tips untuk memulai memelihara kelinci atau ternak kelinci yang bisa kalian lihat juga di mandirisaja.com .

Nah sekarang kalian sudah siap untuk mengetahui beberapa Tips yang perlu kalian ketahui untuk merawat teman kecil baru kalian.

5 Cara Merawat Kelinci Agar Lebih Baik

Cara merawat kelinci
Image : Pixabay

 

1.Kandang yang cocok dan nyaman

kandang kelinci yang baik
Image : Pixabay

 

Kelinci tidak bisa dibiarkan mengalami Stress oleh karena itu kita perlu menyediakan kandang yang cocok dan nyaman bagi mereka. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah kandang harus bisa mendapatkan sinar matahari setiap paginya. Ini penting untuk menjaga agar kandang tetap kering dan kuman penyakit akan terbunuh.

Kandang kelinci juga sebaiknya berada di tempat yang sejuk seperti dekat dengan sumber air dan jauh dari binatang lain seperti anjing dan lainnya. Jangan lupa agar kandang memiliki ventilasi udara yang baik. Kandang juga sebaiknya diletakkan atau didirikan lebih tinggi agar tidak tergenang air saat hujan.

Jika ada anggota keluarga yang tidak nyaman dengan bau kandang, maka sebaiknya diletakkan sekitar 10 meter dari rumah agar bau-nya tidak menganggu. Pastikan juga kebersihan kandang selalu terjaga dan sekitar kandang aman, tenang, dan damai supaya kelinci tidak merasa stress.

Baca Juga  Cara Merawat Bayi Kelinci Baru Lahir Sampai Dewasa

2. Kasih Sayang yang mencukupi

Kasih Sayang yang mencukupi untuk kelinci
Image : Pixabay

 

Setiap peliharaan pasti butuh kasih sayang dan pastinya kelinci juga membutuhkan. Hal sederhana yang bisa kalian lakukan adalah menggendong dan memeluknya. Tetapi harus kalian ketahui cara menggendong kelinci kalian yang benar jika tidak maka kelinci akan merasa terancam. Yang kita inginkan adalah mereka senang dan nyaman.

Ketika ingin menggendong kelinci yang berukuran cukup besar, angkatlah dari punggungnya atau bagian belakang lehernya dengan salah satu tangan kalian. Tangan kalian yang satu lagi digunakan untuk mengangkat pinggulnya. Jika kelinci masih berukuran kecil, angkatlah dari kulit bahunya tapi harus pelan dan hati-hati, jangan sampai kelinci meronta. Hati-hati juga dengan cakar yang ada di kaki belakangnya supaya tidak terkena tubuh.

Yang paling penting untuk diingat adalah jangan pernah mengangkat kelinci dari kedua telinganya. Ini akan menyakitinya dan lebih butuk lagi bisa membuatnya cacat.

3. Memandikan kelinci

Supaya kelinci selalu terlihat bersih dan tidak bau, perlu kalian mandikan pastinya. Selalu mandikan kelinci dengan air hangat karena kelinci tidak tahan dengan dingin. Tapi memandikan kelinci tidak harus setiap hari cukup dua kali dalam satu bulan. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya juga.

Saat memandikan kelinci, basahi dengan perlahan menggunakan selang atau gayung. Selagi kalian siram, jangan lupa untuk mengusap tubuh kelinci dengan perlahan. Ini dilakukan agar air bisa terserap hingga kulit tubuhnya. Sabun yang lebih baik kalian gunakan adalah shampoo bayi. Sabuni perlahan tubuh kelinci kemudian bilas dengan air hangat kembali. Setelah selesai keringkan kelinci dengan handuk lembut. Jika bulu kelinci masih basah, kalian bisa gunakan hair dryer.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Kucing Somali Dan Kucing Ragdoll

Untuk lebih mempercantik penampilan kelinci, kalian bisa menyisir bulu mereka. Sebaiknya hal ini dilakukan 2-3 kali seminggu agar bulunya tidak lengket dan kusam.

4. Jaga Kesehatan dan Keamanan Kelinci

Jaga Kesehatan dan Keamanan Kelinci
Image : Pixabay

 

Ini hal yang penting untuk dijaga saat merawat kelinci. Jangan sampai kelinci sakit ataupun merasa dirinya terancam. Perlu diketahui juga kelinci adalah hewan malam jadi mereka lebih aktif di malam hari. Jadi porsi makan saat malam sebaiknya diberikan lebih banyak.

Makanan yang kalian berikan pada siang hari sebaiknya berupa konsentrat dan biji-bijian seperti padi, gandum, jagung, kedelai, dan lainnya. Pada malam hari, berikan kelinci makanan berupa pakan yang terbuat dari jerami dan daun-daun hijau segar. Pastikan pola makan kelinci juga benar agar kesehatan mereka terjaga.

Kalian juga bisa memberikan suplemen vitamin untuk meningkatkan kekebalan penyakit pada kelinci. Perhatikan juga kelinci kalian setiap harinya apabila ia terlihat sakit jangan sungkan untuk membawanya ke dokter hewan secepatnya.

Merawat kelinci juga perlu dijauhi dari bahaya pemangsa seperti anjing, burung hantu, dan musang. Pastikan kandang kelinci kuat dan kalau bisa di sekitar kandang diberi pembatas agar anjing dan musang tidak bisa mendekat. Sebaiknya kelinci dibawa masuk pada sore hari agar lebih aman.

5. Mengenal Sifat Naluri Kelinci

Mengenal Sifat Naluri Kelinci
Image : Pixabay

 

Membiarkan kelinci bermain di luar kandangnya memang baik untuknya. Tetapi terlalu sering maka akan menjadi masalah bagi kita dan juga si kelinci. Terlalu sering berkeliaran di luar kandang maka ia akan mulai sering menggali lubang. Jika dibiarkan maka akan makin sulit untuk menanganinya. Hal ini bisa menyebabkan kelinci tiba-tiba merasa ketakutan, sakit, luka, ataupun hal berbahaya lainnya.

Baca Juga  Settingan Lovebird Paud Pakai Untulan Yang Terbukti Ampuh

Yang bisa kalian lakukan adalah menaruh jerami di dalam kandangnya. Ini bisa memenuhi kebutuhan naluri alaminya. Jangan lupa juga untuk menempatkan jerami di bawah kandang agar menghalanginya untuk menggali. Merawat kelinci juga perlu dilindungi dari cuaca ekstrim seperti panas atau dingin sekali.

Nah sekarang kalian sudah tau apa saja Tips yang diperlukan untuk merawat kelinci kalian agar tetap sehat dan bahagia. Untuk melengkapi kebutuhan kelinci kalian, seperti makanan atau mainan kelinci, semua dapat kalian temukan di mandirisaja.com . Semoga bersenang-senang dengan teman kecil kalian!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Mandirisaja

Mandirisaja.com mencoba memberikan hal yang bermamfaat bagi penikmat pembaca artikel karena semakin banyak membaca ! ilmu pengetahuan otomatis semakin bertambah.

" Kasih saya masukan dan comentar yang bersifat positive"

tempat makan enak di bandung

Daftar 5 Tempat Makan Enak di Bandung yang Enak Dan Patut Di Kunjungi

gejala Glaukoma

Mengenal Gejala Glaukoma pada Kucing Kesayangan Kamu