Tips Aman Merawat Murai Batu Bakalan Tangkapan Dari hutan

0 31

Membeli burung Murai batu bakalan tangkapan hutan seolah menjadi tantangan dan daya tarik tersendiri bagi penghobi burung kicauan di Tanah air, mungkin atas pertimbangan harga yang miring dan juga merawat murai bakalan memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Menjadikan burung murai tangkapan hutan cukup banyak diminati oleh penghobi burung di Indonesia.

Namun perlu juga Sobat mandirisaja.com ketahui, bahwa memelihara dan merawat burung Murai bahan tangkapan hutan merupakan hal yang cukup sulit dan memiliki tantangan tersendiri, apalagi jika burung tersebut burung agak dewasa tangkapan dari hutan.

Cerita tentang kegagalan merawat burung Murai bahan dari hutan sepertinya merupakan hal yang sering kita dengar, mulai dari burung yang drop, kemudian stress dan paling tragis justru berakhir dengan kematian burung tersebut.

Kira-kira faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan merawat Murai bakalan dari hutan, mari kita bahas satu persatu di bawah ini :

Tips Aman Merawat Murai Batu

tips merawat murai batu bakalan
Image : ekonomi.inilah.com

 

Kurangi Stress pada burung Murai bakalan.Burung-burung hasil perburuan dari hutan biasanya sangat rentan terhadap stress akibat perlakuan kasar dan buruk dari pemburu burung. Hal tersebut yang sering sekali menjadi faktor utama burung Murai tangkapan hutan cenderung mengalami stress, tidak mau makan dan minum.

Murai batu bakalan sebenarnya tergolong burung yang mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya, namun perubahan dan perlakuan yang drastis bagi burung tangkapan hutan menjadikan burung sangat kaget dengan kondisi lingkungan barunya tersebut.

Related Posts
1 of 5

Lantas faktor apa sajakah yang harus kita minimalisir untuk mengurangi tingkat stress pada burung Murai tangkapan hutan, supaya burung mampu bertahan hidup dan bisa berkicau di dalam sangkar rumah. Berikut ini hal yang perlu sobat perhatikan dalam merawat burung Murai batu bakalan hutan :

Merawat Murai batu bakalan tangkapan hutan.

merawat murai batu bakalan dari hutan
Image : Tipsburung.com

 

Langkah pertama yang perlu Sobat perhatikan adalah dengan memperlakukan burung bakalan dengan sebaik-baiknya, hindari perlakuan yang bisa mengakibatkan burung semakin stress dengan :

  • Gantung sangkar burung Murai baru tersebut di tempat yang sejuk, tenang, jauh dari kebisingan dengan sirkulasi udara yang baik. Akan lebih baik lagi jika sangkar diberi kerodong full terlebih dahulu selama 1 mingguan.
  • Berikan multivitamin dan obat antibiotik pada burung dengan dosis yang tepat, hal tersebut bertujuan menjaga kondisi burung sebagai langkah antisipasi jika ternyata burung kurang sehat atau sakit. Ganti dan bersihkan selalu air minum pada burung yang terdapat campuran vitamin dan antibiotik tersebut setiap hari.
  • Jangan paksa dan buru-buru mengenalkan burung dengan lingkungan kita yang ramai dengan aktivitas manusia dengan tujuan memaksa burung cepat mengenal lingkungan manusia. Memaksa kondisi tersebut akan berakibat justru burung semakin stress dan waktu penjinakkan justru semakin lama.
  • Manjakan dahulu burung dengan memberinya pakan seperti di alam semisal seperti jangkrik, kroto, belalang, Ulat hongkong, Ulat bambu dan juga yang lainnnya. Memaksa burung untuk mau makan voer justru berakibat burung semakin stress dan drop.
  • Satu minggu pertama, penjemuran bisa dilakukan namun cukup sebentar dan tetap dilakukan di tempat yang tenang.
  • Menyemprot dan memandikan burung juga jangan dilakukan dahulu selama masa pengenalan di rumah, biarkan burung tenang terlebih dahulu untuk meminimalisir stressnya.
  • Perhatikan tingkah laku burung, jika burung sudah terlihat lebih lincah, aktif dan terlihat tenang. Hal tersebut menandakan burung sudah mulai berkurang tingkat stressnya dan bisa mulai beradaptasi dengan lingkungannya.

Video Murai Batu Gacor Youtube

Jika tanda-tanda tersebut sudah mulai terlihat pada burung Murai bakalan Anda, maka tahapan perawatan selanjutnya seperti melatih burung berbunyi, melatih burung makan voer dan juga melatih burung mandi sendiri bisa mulai dilakukan. Semoga bermanfaat,dan jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya seputar burung Cucak Ijo Mini Agar Cepat Gacor,jika artikel ini bermamfaat jangan lupa untuk di share ke teman social media anda,Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.