Museum Di Singapura Yang Wajib Anda Kunjungi

0
57 views
Museum Di Singapura
Sumber gambar : BreakingNews.co.id

Singapura, sebuah negara kecil di selatan Semenanjung Malaya. Dalam setahun, negara ini dapat meraup jumlah wisatawan sebanyak 11 juta per tahun.

Tentu saja, hal ini tidak lepas dari reputasi manajemen turisme Singapura yang bagus.

Negara kecil ini menawarkan begitu banyak objek wisata unikĀ  dan Museum Di Singapura untuk dinikmati pengunjungnya, sebut saja Universal Studio Singapore, Merlion Park, dan Adventure Cove Waterpark.

Bagi orang-orang Indonesia sendiri, Singapura lebih dikenal sebagai surga wisata belanja. Kebanyakan orang Indonesia mengunjungi Singapura untuk berbelanja, berobat atau mampir ke Universal Studio.

Padahal, negara ini memiliki banyak museum-museum yang dikemas dengan sedemikian rupa, sehingga stigma bahwa museum itu membosankan tidak lagi berlaku disini.

Lagipula rasanya, tidak lengkap juga kan rasanya kalau berwisata ke negeri lain tanpa mempelajari sejarah budayanya? Berikut ini adalah museum-museum yang harus anda kunjungi selama berwisata di Singapura.

Museum Di Singapura

1. National Museum of Singapore

National Museum of Singapore
sumber gambar : cpgcorp.com.sg

 

Museum yang dibangun pada tahun 1849 ini merupakan museum tertua yang ada di Singapura. Pada awalnya, museum ini dibangun sebagai bagian dari perpustakaan Institusi Raffles.

Museum ini lantas dibuka untuk umum pada tahun 2006. Museum ini terdiri dari dua bagian, yakni Galeri Sejarah Singapura dan Galeri Kehidupan Singapura Di bagian Galeri Sejarah Singapura, anda dapat mempelajari sejarah dan budaya Singapura melalui tayangan audio visual yang dikemas dengan menarik.

Baca Juga  Rumah Unik Berwarna Dari Fashion Blogger Diana Rikasari

Selain itu terdapat juga diorama yang menggambarkan peristiwa-peristiwa bersejarah tertentu. Sedangkan di Galeri Kehidupan Singapura, anda dapat melihat beragam koleksi barang yang menggambarkan perubahan gaya hidup orang-orang Singapura dari waktu ke waktu, mulai dari film, pakaian, hingga makanan.

National Museum of Singapore terletak di Stamford Road 93. Untuk mengetahui info lebih lanjut seputar harga tiket dan jam buka museum ini, anda dapat mengakses website resminya di www.nationalmuseum.sg.

2. Singapore Art Museum

Singapore Art Museum
sumber gambar : TripAdvisor

 

Selanjutnya, ada Museum Seni Singapura atau Singapore Art Museum. Museum yang berlokasi di Bras Basah Road ini tergolong agak baru, karena baru dibangun pada tahun 1996.

Di museum ini, anda bisa melihat koleksi karya seni yang berasal dari Singapura dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Anda juga bisa menemukan beberapa lukisan Affandi disini. Tak hanya lukisan saja, museum ini juga menampilkan karya instalasi dari seniman-seniman di Asia Tenggara.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal museum ini, anda bisa mengaksesnya melalui website resmi Singapore Art Museum di www.singaporeartmuseum.sg.

3. Museum Peranakan

meseum pernakan singapore
sumber gambar : peranakanmuseum.org.sg

 

Satu lagi museum yang wajib anda kunjungi di Singapura, yakni Museum Peranakan. Museum yang terletak di 39 Armenian Street ini berisikan informasi seputar sejarah dan budaya Peranakan di Singapura.

Museum yang dibangun pada tahun 2008 ini terbagi menjadi 10 galeri, masing-masing galeri menunjukan koleksi-koleksi barang Peranakan dan diorama kehidupan Peranakan sehari-hari, terbagi menjadi beberapa tema. Seperti pada Galeri 1 misalnya.

Baca Juga  Cerita Hantu Jepang Asli Alias Nyata Menyeramkan

Di galeri ini, tema yang diusung adalah Origin atau asal mula. Disini anda dapat menemukan sejarah awal mula kedatangan Peranakan ke Singapura, dan sejarah leluhur mereka.

Di galeri 9, tema yang diusung adalah Food and Feasting. sehingga di bagian ini, anda bisa menemukan koleksi perangkat makan khas budaya Peranakan dan makanan-makanan tradisional mereka.

Museum ini sangat cocok bagi anda yang ingin mempelajari sejarah budaya Peranakan. Informasi seputar museum ini dapat anda akses di peranakanmuseum.org.sg .

Nah, rekomendasi museum-museum diatas dijamin bisa membantu anda dalam mengenal Singapura lebih dalam lagi.

Baca juga :

Sepulangnya anda ke Indonesia, anda jadi punya cerita baru yang bisa dibanggakan selain pergi ke Universal Studio. Selamat menjelajahi Singapura!

Leave your vote

points
Upvote Downvote

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here