Pengertian Dan Contoh Sedekah Jariyah

  • Whatsapp
Pengertian Dan Contoh Sedekah Jariyah
Pengertian Dan Contoh Sedekah Jariyah

Islam aalah agama Rahmatan Lil Alamin yang mengajarka hambanya untuk selalu  beramal kebaikan kepada sesama. Kebaikan bisa dalam bentuk apapun, mulai dari harta, tenaga, ataupun jasa. Amal sholeh yang dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas akan memberikan kebaikan bagi pelakunya. Bukan hanya dapat menolak balak tapi juga menghapus dosa.

Biarpun kebaikan yang dilakukan terlihat amat sangat kecil, semuanya pasti akan dibalas oleh Allah. Hal ini sesuai dengan firman-Nya pada QS al-Zalzalah ayat 7:

“Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar Zarrah (biji sawi), niscaya dia akan melihat (balasan) nya”.

Di samping ayat tersebut, janji Allah itu pasti. Sehingga mereka yang berbuat baik akan mendapat kebaikan yang berlipat. Sedekah jariyah adalah suatu amal yang pahalanya tidak akan putus begitu saja. bahkan meski orang yang beramal sudah wafat sekalipun. Pahala tersebut akan tetap mengalir selama sedekahnya tetap digunakan untuk kebaikan oleh orang yang masih  hidup. sedekah juga dapat disalurkan melalui media apapun, misalnya infaq online.

Pengertian Sedekah Jariyah

Secara bahasa sedekah adalah mengeluarkan sebagian harta di jalan Allah. Apabila di sambung dalam kata sedekah jariyah artinya adalah ketaatan atau amal yang dilakukan untuk mencari ridho Allah. Dimana amal tersebut juga dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sedekah jariyah juga tidak habis seketika, tapi manfaatnya berkelanjutan atau kontinu.

Orang yang bersedekah jariyah akan terus merasakan manfaatnya berupa pahala yang mengalir terus menerus selama sedekahnya dimanfaatkan oleh orang lain dengan cara yang baik. Seperti halnya sedekah pada umumnya, amal jariyah dapat berupa apa saja, kapanpun dan dimanapun. Bahkan kini sudah tersedia platform sedekah online yang bermanfaat. Salah satu contoh sedekah jariyah adalah mewakafkan tanah untuk lahan masjid. Atau ada diantara seorang muslim yang mau menyisihkan sebagian hartanya untuk membangun lembaga perjuangan menyebarkan agama Allah.

Sedekah bukanlah sesuatu yang dipaksakan, namun lebih kepada panggilan hati atau jiwa seseorang untuk beribadah. Bahkan ketika Anda menyingkirkan duri yang ada di jalanan agar orang lain dapat berjalan tanpa terluka sudah termasuk sedekah. Selain itu, senyum tulus yang Anda berikan kepada saudara adalah sedekah.

Contoh Sedekah Jariyah

  1. Mengajarkan ilmu

Salah satu contoh sedekah jariyah yang pertama adalah mengajarkan ilmu yang telah diberikan Allah. Ilmu yangdiamalkan akan terus mengalir pahalanya. Ilmu tidak harus berasal dari seorang pendidik, memberikan pengetahuan apapun selama itu kebaikan pahalanya akan tetap ada. seperti memberi informasi yang bermanfaat mengenai cara melakukan sesuatu atau apapun.

Sekecil apapun ilmu yang Anda ajarkan akan selalu dibalas oleh Sang Pemilik Ilmu. Apalagi jika orang yang telah Anda ajari, memberikan olmunya pada orang lain. ANda juga akan mendapat transferan pahala. Oleh sebab itu, amalkanlah ilmu yang telah Anda ketahui atau miliki, sebab tidak akan ada ruginya.

  • Membangun masjid

Bersedekah yang paling dikenal sebagai amal jariyah yang tidak pernah putus adalah membantu mendirikan masjid. Baik itu berupa harta, jasa atau tenaga. Sedekah jariyah inilah yang juga tergolong berpahala besar. Sebab masjid adalah tempat ibadah seluruh umat muslim, mereka berbondong-bondong mendekatkan diri kepada Allah dengan berjamaah.

Dikiyaskan dengan masjid yang merupakan bangunan untuk perjuangan agama, maka siapapun yang membantu mendirikan sekolah, lembaga dakwah, rumah sakit, panti sosial, serta bangunan bernilai ibadah lainnya juga termasuk sedekah jariyah. Meskipun orang tersebut telah meninggal akan tetap sampai pahalanya. Membantu pembangunan masjid dapat berupa harta atau tenaga, untuk penyaluran donasi pembangunan lembaga atau masjid Anda bisa mencarinya melalui platform sedekah online.

  • Menulis buku

Ketika Anda menulis buku dan ada orang yang membaca, maka sama saja seperti orang yang membagikan olmu kepada orang lain. Perbuatan tersebut termasuk amal soleh yang pahalanya terus mengalir. Selain itu, buku yang ditulis tidak selamanya harus bertema keagamaan. Sebab buku dengan topik apapun selama itu baik akan sampai hikmahnya kepada penulis.

  • Menggali sumur

Mungkin menurut Anda menggali sumur adalah pekerjaan yang sepele. Jangan salah sangka, meggali sumur sama dengan mencari dan memberi sumber kehidupan yaitu air. Dimana air sangat dibutuhkan untuk bisa terus bertahan hidup. Dari galian sumur yang memancarkan air tersebut, setiap makhluk hidup dapat minum agar kuat beribadah kepada Allah.

Sumur juga sumber mata air yang dibutuhkan makhluk hidup. sekecil apapun manfaat yang Anda berikan Allah pasti akan memberi balasan yang lebih baik lagi. Sedekah jariyah menggali sumur ini pernah disabdakan Nabi yang artinya: “baranng siapa yang memindahkan sumur dan diselesaikan setiap yang memiliki ruh. Baik itu dari kalangan manusia, jin, atau burung yang mengambil manfaat darinya (sumur), Allah akan membalasnya kelak di hari kiamat.

  • Doa anak yang salih

Anak dapat menjadi sedekah jariyah bagi orang tuanya. Dimana pahalanya akan tetap terus mengalir meskipun orang tua tersebut telah meninggal. Anak salih yang terus mendoakan orang tuanya akan menjadi ladang pahala bagi orang tuanya.

Oleh sebab itu, antarkanlah anak Anda untuk menuntut ilmu, terlebih ilmu agama. Ajarkan mereka cara mendekatkan diri kepada Allah.

Manfaat Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah memiliki banyak manfaat apalagi untuk si pemberi sedekah. Sedekah aalah bukti bahwa Anda bersyukur atas nikmat Allah dan ingin berbagi kepada sesama.

  1. Sedekah memberikan keberkahan pada harta benda

Pada dasarnya setiap harta yang kita miliki ada hak orang lain di dalamnya, dengan begitu bukankah harusnya memberikan harta yang bukan milik kita adalah wajib. Agar harta tersebut bersih dan kita tidak dzalim, maka bersedekah adalah cara terbaik. Harta benda yang dipenuhi keberkahan akan lebih bermanfaat.

Selain itu, setiap sebagian harta yang Anda sedekahkan pada hakikatnya tidaklah hilang. Sebab suatu saat akan dikembalikan dengan berlipat ganda, baik itu berupa harta ataupun kebahagiaan lain yang tidak ternilai.

  • Surga untuk orang yang bersedekah

Untuk mereka yang mau menafkahkan hartanya di jalan Allah, surgalah tempat kembali. Maka dari itu mari bersedekah meski sedang dalam keadaan sulit. Seperti hadis riwayat Imam Bukhori yang artinya, “… jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu (surga) sedekah”.

Selain kedua manfaat di atas, sedekah dapat menolak datangnya balak. Dimana sedekah tersebut memberikan Anda peluang untuk membuka berbagai pintu kenikmatan lain.

Berlanjut dari pengertian dan jenis sedekah jariyah di atas, kami bermaksud mengajak Anda untuk menyisihkan sebagian harta, yang akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Terdapat banyak sekali cara untuk bersedekah jariyah. Proses penyalurannya pun kini sudah semakin canggih. Anda sudah tidak perlulagi mencari lembaga atau orang yang kiranya membutuhkan. Sebab platform sedekah online akan memberikan Anda rekomendasi tentang siapa dan dimana yang layak untuk menerima bantuan.

Melalui jalur sedekah online, harta yang Anda titipkan akan disalurkan secara aman dan terpercaya. Apalagi hukum sedekah online yang diperbolehkan meskipun masih ada pro kontra. Yang terpenting adalah Anda berniat dan akad dapat dilakukan lewat media digital. Yuk sedekah, agar hidup kita berkah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *