Pleci susah ngalas ngerol, coba perawatan ini

0 753

Pleci susah ngalas ngerol disini saya akan memberikan tipsnya, Memelihara seekor burung Pleci bakalan  tentunya membutuhkan waktu yang lumayan panjang dan lama. Membutuhkan kesabaran dalam perawatan yang konsisten dan juga rutin tidak berubah-ubah.

Bahkan tidak jarang, sudah memelihara dan merawat hingga berbulan-bulan sampai hampir 1 tahun burung hanya mau ngeriwik saja dan ngalas hanya waktu-waktu tertentu saja dan tentunya itu kendala besar bagi seorang pemula atau baru terjun ke pemeliharaan burung pleci.

Rasanya kok membosankan dan seperti putus asa ketika sudah merawat lama, pakan yang terjaga dan terkontrol tapi pleci susah ngalas ngerol, Pleci hanya sering ngeriwik aja. Jika itu yang Sobat alami, coba perawatan ini untuk diterapkan pada Pleci yang susah ngalas dan ngerol.Akhirnya karena merasa perlu bertanya dan sharing dengan teman-teman yang sesama mengurus burung kecil tapi bagus ini mandirisaja.com, akhirnya mendapatkan pencerahan juga dan di bawah ini.

Tips Pleci susah ngalas ngerol

Related Posts
1 of 3

Menurut pengalaman dari Sobat Pleci mania, hal yang sering membuat Pleci bakalan susah ngalas dan ngerol lebih diakibatkan oleh salah perawatan dan pakan. Biasanya teman-teman pemula hanya terkesan ikut-ikutan saja dan kurang bisa mendalami lebih seluk beluk karakter, pakan dan juga pola perawatan Pleci kacamata.

Hal tersebut menjadikan pemain Pleci pemula banyak yang menyerah dan berakhir dengan menjual burung tersebut, karena merasa sudah merawat lama namun tidak kunjung membuahkan hasil. Jadi jangan menjualnya dahulu namun perlu Sobat teruskan perawatannya, jika Sobat merasa seorang Pleman sejati.Menurut Pleman senior, jika Sobat  ingin Pleci hasil ombyokan Sobat cepat ngalas ngeroll.

  • Beli lebih dari 1 ekor, kemudian pilihlah burung yang terlihat sering saling mengikuti. Biasanya burung yang sering bersama-sama dan terbang mengikuti, burung tersebut masih 1 koloni ketika di alam liar.Hal tersebut dilakukan karena Pleci merupakan burung koloni, jadi membeli lebih dari satu ekor sebagai koloni di rumah merupakan salah satu cara membuat Pleci ombyokan jadi cepat ngalas ngeroll.
  • Perhatikan pakan kesukaan burung.

    Seperti halnya manusia, setiap Pleci juga memiliki sifat karakter dan kesukaan yang berbeda-beda terkait pakan dan tingkah lakunya. Memperhatikan pakan kesukaan juga mendorong burung lebih nyaman dan menyukai lingkungan barunya.

  • Berikan pakan buah Karena burung yang nyaman dan menyukai lingkungan barunya dianggap lebih cepat bunyi dan berkicau. Jadi ketika Sobat memiliki Pleci yang susah ngalas ngeroll, coba perhatikan pakan kesukaannya dengan cara coba-coba.Berikan pakan buah apa yang paling burung sukai, jika pisang berikan selalu pisang di dalam sangkarnya, jangan sering ubah-ubah pakan secara mendadak.

Terkait pakan EF, Sobat bisa coba memberikan pakan-pakan EF pada burung seperti Kroto, UH dan Ulat kandang. Perhatikan pakan mana yang Pleci sukai dan dimakan habis, jika Kroto saja maka Sobat bisa berikan Kroto setiap pagi dan sore sesuai porsinya, sedangkan jika burung menyukai UH maka Sobat bisa berikan UH dalam perawatan harianya.

Perawatan pada Pleci yang susah ngalas ngerol.

Bukan hanya pakan yang penting Sobat perhatikan ketika merawat burung yang susah ngalas ngerol, namun pola perawatan harian juga wajib Sobat terapkan secara konsisten setiap hari. Berikut ini caranya :

Lakukan secara rutin pengembunan di pagi hari, bisa dilakukan dengan cara dijejer jika Sobat memiliki banyak burung Pleci.Ketika matahari sudah terasa hangat, burung bisa dijemur dan sangkar dipisahkan satu dengan lainnya agar burung terangsang berbunyi memanggil-manggil koloninya.

Lakukan terus perawatan tersebut di atas, sampai burung terpancing mau mengeluarkan suara ngalas ngerolnya.Setelah selesai perawatan pagi, saat burung dimasukkan ke dalam rumah dan disimpan secara dijejer, letakkan burung yang susah ngalas ngerol di tengah-tengah koloninya.

Sobat selain pemberian pakan yang tepat, perawatan yang rutin. Pleci juga harus sering diajak jalan-jalan untuk melatih mental burung dan juga bisa lebih terangsang bersuara ngalas ngerol. sekian artikelnya semoga bisa jadi manfaat buat anda,jangan lupa untuk share terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.