Rekomendasi Drama Korea Tahun 2018

oleh -19 views
Rekomendasi Drama Korea

Apa Rekomendasi K-Drama Bulan Ini?

Hai drama lovers sudah tidak sabar mengulik drama korea terbaru yang wajib ditonton bukan? Sebelumnya K-drama adalah istilah yang umum digunakan untuk menyebut drama televisi ala Korea Selatan. Beda dengan sinetron tanah air, biasanya K-drama dibuat dengan format miniseri dengan jumlah episode belasan. Meski beberapa memang ada yang dibuat sedikit lebih panjang, seperti drama bergenre mellow drama keluarga atau sejarah Korea yang sampai puluhan episode.

Tiap episode K-drama dibuat begitu berbobot. Bila lupa menonton satu episode saja bisa kehilangan jalan ceritanya. Jadi wajar kalau drama lovers sampai rela mengunduh file drama di internet agar tidak melewatkan cerita menariknya.

Bukan rahasia lagi, demam K-drama sukses menyebar hampir ke seluruh Asia termasuk Indonesia. Konsep menarik cerita K-drama mampu menarik semua lapisan masyarakat mulai dari remaja hingga dewasa suka menonton drama seri Korea. Bahkan konon demam drama ini juga sudah merambah sampai benua lain, yakni Amerika dan Eropa. Banyak judul drama disiarkan di saluran TV mancanegara. Sebut saja contoh yang paling fenomenal ada Dae Jang Geum yang dirilis tahun 2003 lalu sukses terjual ke 91 negara lebih.

Agar lebih mengenal tentang drama korea kali ini juga mau diberikan sekilas info menarik sebelum fokus ke rekomendasi K-drama wajib tonton bulan ini. Secara umum K-drama dibagi menjadi 2 genre yaitu kontemporer dan sejarah korea. Berikut ulasannya:

Kontemporer

Genre pertama ini memiliki plot pendek dengan akhir cepat seperti opera sabun ala film barat. Drama bergenre ini sebagian besar melibatkan konflik hubungan percintaan, hubungan antar anggota keluarga, relasi bisnis, atau lainnya. Seringkali tokoh utama terlibat cinta segitiga yang cukup kompleks. Drama genre ini berlangsung rata-rata 16 episode sampai 100 episode.

Sejarah Korea

Genre sejarah Korea juga disebut sa geuk. Drama dengan konsep ini dibangun dengan dramatisasi fiksi sejarah Korea. Umumnya alur cerita dibuat begitu kompleks dengan set latar, kostum, dan efek khusus yang cukup rumit. Tidak jarang juga dibutuhkan seni bela diri, kemampuan menggunakan senjata pedang atau panah, dan menunggangi kuda.

Cerita yang diangkat merujuk tokoh sejarah yang berlatar belakang historis. Dari perkembangannya, kini istilah saeguk tidak melulu tentang drama bergenre sejarah Korea kuno. Tetapi juga merujuk drama modern dengan latar sejarah Korea.

Ini K-Drama Wajib Tonton

Untuk mengisi waktu luang beberapa orang ini punya hobi baru, yakni nonton drama korea secara rapel. Bahkan ada yang bisa menghabiskan satu judul drama hanya dalam selang waktu 1 sampai 2 hari saja. Mungkin drama lovers salah satunya.

Dari hasil rating yang dihimpun Good Data Corperation ada beberapa judul drama yang sukses menyabet perhatian masyarakat selama tahun 2018 ini. Masing-masing memiliki alur cerita menarik. Mungkin drama lovers sudah menonton beberapa diantaranya. Yuk cek rekomendasi K-drama wajib tonton akhir tahun ini! Berikut diantaranya:

The Last Empress

Sumber gambar : brilio.net

The Last Empress adalah drama TV SBS. Proses pembuatan drama ini melibatkan beberapa nama aktor terkenal seperti Jang Na Ra, Shin Sung Rok, Choi Jin Hyuk, dan tidak ketinggalan ada si cantik Lee Elijah. Drama ini diketahui mulai tayang tanggal 21 November 2018. Sejak awal penayangannya The Last Empress sukses menempati peringkat atas dengan rating tertingginya 8,11%

Baca Juga  Investasi Aman melalui Bonds Link Investment dari Bank DBS

The Last Empress mengisahkan Jang Na Ra yang memerankan tokoh Oh Ssu Ni, artis musical yang memiliki kepribadian baik. Karena suatu hal yang tidak terduka Oh Ssu Ni harus menikah dengan seorang kaisar bernama Lee Hyuk yang diperankan Shin Sung Rok. Kondisi di istana sungguh menegangkan, dimana Oh Ssu Ni harus melawan kekuasaan yang ada.

Meski sudah menikah dengan kaisar, Oh Ssu Ni terlibat cinta segitiga dengan pengawal istana bernama Na Wang Sik yang diperankan Choi Jin Hyuk. Kepada siapa cinta Oh Ssu Ni akan berlabuh? Jangan lupa nonton drama baru ini sampai habis ya!

The Hymn of Death

Satu lagi drama dari stasiun TV besar di Korea SBS. Tepat tanggal 27 November 2018 lalu SBS menayangkan drama baru berjudul The Hymn of Death. Drama ini menggandeng aktor ganteng Lee Jong Suk dan lawan mainnya yang cantik Shin Hye Sun.

Tidak seperti drama kebanyakan, drama ini mengusuh kisah cinta yang begitu tragis. Sang tokoh utama Kim Woo Jin yang diperankan Lee Jong Suk merupakan seorang dermawan yang jenius. Sementara itu ada pula Yun Sim Deok yang merupakan seorang sopran pertama Joseon yang dimainkan oleh Shin Hye Sun. Keduanya terlibat asmara tragis yang membuat siapa saja menjadi penasaran.

Children of Nobody

Children of Nobody merupakan drama terbaru dari MBC. Drama Korea ini tayang setiap hari Rabu dan Kamis sejak tanggal 21 November 2018 lalu. Drama ini mengisahkan tentang Kim Sun A yang berperan sebagai Cha Woo Kyung, seorang konselor anak di pusat anak-anak. Awalnya kehidupan Cha Woo Kyung begitu sempurna dan damai.

Cha Woo Kyung memiliki pekerjaan yang menyenangkan, dia sangat menikmatinya. Pada akhirnya Cha Woo Kyung menikah dengan seorang pria yang sangat hangat dan menyayanginya. Dari pernikahan tersebut Cha Woo Kyung hamil dengan anak keduanya. Namun, kehidupan Cha Woo Kyung berubah drastis pasca kecelakaan yang terjadi. Sejumlah tragedy mulai bermunculan yang menuntutnya harus mencari tahu kebenaran. Dalam kasus ini ada seseorang yang membantunya yakni Kang Ji Hun, seorang detektif yang diperankan oleh Lee Yi Kyung.

Kang Ji Hun bukan detektif sembarangan. Dia memiliki watak yang tegas dan memiliki prinsip bahwa setiap penjahat wajib dihukum. Sikap tersebut dimilikinya karena ternyata dia memiliki cerita masa lalu yang meninggalkan rasa sakit mendalam yang dia sembunyikan.

Mama Fairy and Woodcutter

Mama Fairy and Woodcutter sebenarnya merupakan remake dari webtoon terkenal berjudul sama. Adapun drama ini tayang di tvN sejak bulan November lalu. Beberapa nama aktor muda terlibat dalam pembuatan drama ini, sebut saja seperti Moon Chae Won, Yoo Hyun Min, dan juga Seo Ji Hoon.

Mama Fairy and Woodcutter mengisahkan tentang peri berumur 699 tahun. Ibu peri ini diketahui sudah hidup sejak era dinasti Josen. Namun sang peri tidak lagi bersayap karena kehilangan sayapnya. Hal tersebut membuat sang peri tidak bisa pergi ke surga.

Setelah tahun-tahun berlalu, kini sang peri hidup di jaman modern. Dia pun banyak belajar dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dia bekerja sebagai seorang barista. Dalam melakukan pekerjaannya itulah dia bertemu dengan dua reinkarnasi potensial dari mantan suaminya terdahulu. Sang suami dulu meninggal lantaran tidak sengaja jatuh ke jurang. Bagaimana keberlanjutan kisah si ibu peri? Untuk drama lovers yang penasaran jangan lewatkan menonton drama tvN ini.

Baca Juga  Perbandingan Harga Rental Mobil Lepas Kunci dan Plus Sopir

Memories of The Alhambra

Untuk yang ingin sedikit bersantai dengan cerita cinta, maka ada drama Memories of the Alhambra. Serial drama ini tayang di tvN sejak tanggal 1 Desember 2018 lalu. Aktor pemainnya tentu sudah tidak asing bagi drama lovers. Di drama korea terbaru ini drama lovers bisa menyaksikan kemampuan akting dari aktor ganteng Hyun Bin dan Park Shin Hye.

Hyun Bin berperan sebagai Yoo Jin Woo, seorang CEO perusahaan investasi. Suatu waktu untuk urusan bisnis Yoo Jin Woo harus pergi ke Barcelona, Spanyol. Yoo Jin Woo mendapat telepon dari seseorang yang tidak dikenal yang bermaksud menjual game virtual reality yang dibuatnya. Orang tersebut belakangan diketahui seorang programmer handal dan jenius Jung Seo yang diperankan Chanyeol. Game virtual itu diberi nama Memories of Alhambra.

Yoo Jin Woo tertarik, tetapi karena suatu tragedy dia harus mencari keberadaan sang programmer. Setelah melakukan penyelidikan Yoo Jin Woo mendapat informasi bila Jung Seo memiliki seorang kakak bernama Jeong Hee Joo yang diperankan Park Shin Hye. Jeong Hee Joo mengelola Hostal Bosnia di Granada, Spanyol. Perjalanan Yoo Jin Woo pun dimulai.

Where Stars Land

Sumber gambar : kumparan.com

Dibanding beberapa judul K-drama yang disebutkan sebelumnya, drama ini sebenarnya sudah tayang lebih dulu. Where Stars Land adalah drama yang tayang di SBS setiap hari Senin dan Selasa sejak 1 Oktober 2018. Drama ini melibatkan beberapa nama aktor seperti Lee Je Hoon dan Chae Soo Bon.

Where Stars Land mengisahkan cerita yang unik dan terbilang baru. Lee Je Hoon memerankan tokoh Lee Soo Yeon, seorang lulusan dari KAIST yang dikenal cukup bergengsi. Tidak sembarang orang bisa mengenyam pendidikan dan lulus dari KAIST.

Setelah lulus Lee Soo Yeon bekerja di Bandara Internasional Incheon. Awalnya dia berencana bekerja untuk 6 bulan sebagai usahanya beradaptasi. Meski bekerja dengan orang banyak, nyatanya sosok Lee Soo Yoen termasuk pria yang misterius yang mampu membuat orang-orang menjauhinya. Hingga suatu waktu Lee Soo Yeon bertemu dengan seorang karyawan baru.

Karyawan baru yang dimaksud bernama Han Yoe Reum yang diperankan oleh Chae Soo Bin. Han Yoe Reum mendapat posisi di tim pelayanan penumpang. Sebenarnya Han Yoe Reum termasuk orang yang perfeksionis. Akan tetapi, ternyata apa yang terjadi cukup berbeda. Dimana Han Yoe Reum melakukan banyak kesalahan. Bagaimana kisah Lee Soo Yeon dan Han Yoe Reum selanjutnya?

Fates and Furies

drama korea Fates and Furies
sumber gambar : hellokpop.com

Bagi drama lover yang haus dengan judul baru, masih ada Fates and Furies dari SBS. Drama ini juga belum lama tayang, tepatnya baru tanggal 1 Desember 2018 kemarin. Drama ini mengisahkan tentang seorang bernama Goo Hae Ra yang dimainkan oleh Lee Min Jung. Goo Hae Ra adalah gadis yang cantik dan juga cerdas. Sayangnya jalan kehidupannya tidak berjalan mulus. Dia memiliki kondisi keluarga yang miris, dimana sang kakak melakukan percobaan bunuh diri dan ayahnya pun meninggal.

Adapun satu hal yang dilakukan Goo Hae Ra untuk sejenak melupakan bebannya adalah dengan sibuk mencari uang. Untuk melancarkan tujuannya Goo Hae Ra mulai mendekati seorang pria tampan bernama Tae In Joon yang diperankan oleh Joo Sang Wook. Tae In Joon tidak lain adalah putra kedua dari pemilik perusahaan sepatu. Usaha Goo Hae Ra berbuah manis, Tae In Joo benar-benar dibuat jatuh cinta kepadanya. Bagaimana keberlanjutan kisah mereka berdua?

Baca Juga  Review Sera Astra sebagai Perusahaan Logistik Indonesia

Less Than Evil

Less Than Evil sudah tayang di MBC mulai 3 Desember 2018 lalu. Drama ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Woo Tae Seok yang dimainkan oleh Shin Ha Kyun. Woo Tae Seok adalah seorang detektif veteran yang hidupnya penuh kesepian. Hal ini karena selama masa mudanya dia selalu fokus memecahkan kasus.

Woo Tae Seok selalu berada di antara kebaikan dan juga kejahatan. Dia sempat bertemu dengan seorang wanita psikopat yang diperankan oleh Lee Seol. Akan tetapi, Woo Tae Seok memilih untuk tidak menangkapnya. Hal itu karena dirinya tidak memiliki cukup bukti. Namun, siapa sangka akhirnya wanita psikopat tersebut malah terus membantu Woo Tae Seok dalam membuka kasus-kasus kejahatan yang lain. Bagaimana kelanjutan kisah mereka berdua?

Dance Sports Girls

Drama Korea ini termasuk drama yang ramah dengan drama lovers remaja. Drama ini tayang setiap hari Senin dan Selasa di KBS2 sejak tanggal 3 Desember 2018 lalu. Drama ini mengambil latar di kawasan Geoje, provinsi Gyeongsang Selatan yang merupakan kawasan industri utama. Namun, di dalam drama dikisahkan industri pembuatan kapal di sana tengah mengalami penurunan.

Di suatu sekolah SMA ada sekelompok gadis yang juga menjadi anggota klub olahraga dansa. Kelompok gadis tersebut terdiri dari Shin Eun yang diperankan Park Se Wan, Hye Jin diperankan oleh Lee Jong Young, Do Yeon diperankan oleh Lee Yoo Mi, Na Young diperankan oleh Joo Hae Eun, Young Ji diperankan oleh Kim Soo Hyun, dan Yeji diperankan oleh Shin Do Hyun. Mereka berenam berencana mengikuti kompetisi dansa. Mereka pun terus berlatih dengan serius. Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

My Strange Hero

My Strange Hero merupakan drama romantis yang sudah tayang mulai 10 Desember 2018 kemarin. Drama ini ditayangkan di stasiun TV SBS setiap hari Senin dan Selasa. Ada si ganteng Yoo Seung Ho yang pastinya membuat para drama lovers sudah tidak sabar melihat aktingnya.

Yoo Seung Ho bermain sebagai Kang Bok Soo, seorang siswa SMA. Pada suatu kejadian Yoo Seung Ho dituduh sudah melakukan tindak kekerasan yang membuatnya dikeluarkan dari sekolah. Hal ini tentu bukan yang sebenarnya. Adapun yang ada dibalik kejadian ini ada Son Soo Jung yang diperankan oleh Jo Bo Ah cinta pertama Kang Bok Soo dan seorang siswa laki-laki bernama Oh Se Ho.

Tahun-tahun berlalu dan kini Kang Bok Soo sudah menjadi pria dewasa. Akan tetapi, kehidupan Kang Bok Soo tidak berjalan mulus. Dia masih memiliki dendam kepada cinta pertamanya dan teman laki-lakinya. Pada akhirnya Kang Bok Soo memutuskan untuk kembali ke sekolahnya dulu dan menyamar sebagai siswa. Ternyata lingkungan sekolahnya telah jauh berbeda dan lagi-lagi dia harus terlibat dalam sejumlah kasus yang tidak terduga.

Bagaimana, sudah tahu apa saja judul drama yang wajib ditonton menjelang akhir tahun ini bukan? Mungkin drama lovers belum memiliki agenda tahun baru. Tidak perlu khawatir karena ada banyak rekomendasi K-drama yang bisa ditonton guna memanjakan hati. Tapi hati-hati jangan sampai dibawa perasaan.

Tentu masih banyak lagi judul K-drama yang memiliki cerita apik. Kira-kira apa judul favorit pilihan Anda? Pastikan drama lovers tidak melewatkan drama korea yang memang recommended untuk ditonton!

Comments

comments