Seperti Inilah Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB Yang Harus Anda Ketahui

oleh -128 views
Seperti Inilah Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB Yang Harus Anda Ketahui
Image : Pixabay

KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi yang pada umumnya digunakan untuk menunda kehamilan. Suntik KB itu sendiri memiliki kandungan hormone progestogen (progestin), yang dapat menghentikan proses ovulasi. Biasanya, metode suntik KB ini akan diaplikasikan pada bagian tubuh tertentu seperti paha, perut bagian bawah, hingga lengan atas.

Sesudah disuntikkan pada salah satu bagian tubuh, maka kadar hormone akan meningkat yang kemudian menurun secara bertahap sampai suntikan KB selanjutnya. Berdasarkan hitungan jangka waktu, di Indonesia terdapat 2 jenis suntik KB yang umum digunakan, yakni suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Jenis suntikan KB 1 bulan ini memiliki perpaduan kandungan hormone progestin dan hormone esterogen. Sedangkan jenis suntik KB 3 bulan hanya mempunyai kandungan hormone progestin saja.

Suntik KB 3 Bulan

Suntik KB 3 bulan biasanya akan disuntikkan pada bagian lengan atas dan bokong. Selain itu, ada juga yang disuntikkan pada lapisan kulit di area perut dan paha atas. Suntikan KB 3 bulan dapat mencegah kehamilan dengan cara melepaskan hormone progestin ke dalam pembuluh darah.

Progestin itu sendiri merupakan sebuah hormone yang sejenis dengan progesterone, yang sama-sama diproduksi oleh ovarium. Progestin dalam suntik KB 3 bulan akan berfungsi untuk menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim, sehingga dapat mencegah terjadinya pembuahan sel telur. Tak hanya itu, hormone tersebut juga mampu mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina, serta dapat mencegah pertumbuhan janin dengan cara mempertipis dinding rahimnya.

Baca Juga  Cara Supaya Anak Cepat Jalan Sesuai Yang Di Harapkan

Kelebihan Suntik KB 3 Bulan :

  1. Tidak akan berinteraksi dengan jenis obat-obatan lain.
  2. Relatif lebih aman bagi ibu yang menyusui.
  3. Sangat bermanfaat untuk wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang memiliki kandungan estrogen.
  4. Tidak akan repot, mengingat untuk mengonsumsi pil kontrasepsi setiap harinya.
  5. Tidak perlu menghitung lebih dulu saat akan melakukan hubungan intim. Tergantung pada jenisnya, suntikan dapat bertahan selama 8 sampai 13 minggu.
  6. Apabila ingin berhenti, anda tidak perlu repot lagi untuk pergi ke dokter. Anda hanya cukup mengentikan pemakaiannya saja.
  7. Dapat mengurangi resiko munculnya kanker ovarium dan kanker rahim.

Kekurangan Suntik KB 3 Bulan :

  1. Dapat memicu efek samping yang berupa naiknya berat badan, sakit kepala, rasa nyeri di payudara, pendarahan, dan haid yang tidak teratur. Efek samping ini akan terus berlangsung, selama jangka waktu penyuntikan dilakukan, sehingga kandungan suntikannya tetap terus berada dalam tubuh.
  2. Akan membutuhkan waktu sampai 1 tahun setelah dihentikan, jika anda ingin kembali subur. Hal tersebut dapat membuat metode suntik KB 3 bulan ini tidak disarankan, bagi mereka yang ingin segera mempunyai keturunan alias anak.
  3. Suntikan ini juga diperkirakan dapat sedikit mengurangi kepadatan tulang, namun hal tersebut akan kembali normal jika suntik KB dihentikan.
  4. Jenis suntik KB 3 bulan tidak bisa memberikan perlindungan dari penyakit menular seksual, sehingga anda harus tetap menggunakan kondom saat berhubungan intim.
Baca Juga  Hindari Unggah Foto Anak Anda di Medsos Tidak Baik

Kendati demikian, suntik KB 3 bulan ini tidak dapat digunakan oleh semua wanita, terlebih pada beberapa kondisi seperti di bawah ini :

  • Wanita yang merasa bahwa dirinya sedang hamil.
  • Wanita yang ingin siklus haidnya tetap teratur.
  • Wanita yang kerap mengalami migraine, gangguan hati, pembekuan darah, memiliki penyakit jantung, pendarahan diantara masa haid, diabetes dengan komplikasi, kanker payudara, dan beresiko tinggi untuk penderita osteoporosis.

Suntik KB 1 Bulan

Dari namanya saja sudah sangat jelas, bahwa jenis KB ini hanya akan disuntikkan tiap 30 hari sekali. Namun tak berbeda jauh dengan jenis suntik KB 3 bulan tadi, dimana tujuan suntik KB 1 bulan ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Baca Juga : ASI di Awal Kelahiran Bisa Selamatkan Bayi

Tapi, suntik KB 1 bulan memiliki tingkat resiko yang jauh lebih rendah ketimbang suntik KB 3 bulan. Tak hanya itu, efek kesuburan setelah melakukan penyuntikan dapat diberhentikan sehingga kembali lebih cepat, yakni dalam kurun waktu 3 bulan saja. Meski demikian, terdapat pula beberapa kekurangan dari suntik KB 1 bulan seperti di bawah ini :

  1. Adanya pendarahan yang tidak normal.
  2. Kurangnya tingkat kesadaran dan himbauan yang terkait dengan penggunaan suntik KB 1 bulan, sehingga dapat menyebabkan seseorang melupakan jadwal penyuntikkan, yang lebih cenderung malas untuk melakukannya.
  3. Dapat menimbulkan pusing kepala serta payudara akan terasa lebih sensitive, yang diikuti dengan rasa nyeri.
  4. Bisa menimbulkan perubahan tingkat mood.
  5. Tidak dapat melindungi tubuh dari infeksi penyakit seks menular.
  6. Selain itu, wanita yang mempunyai atau menderita migraine tidak diperbolehkan untuk melakukan suntik KB 1 bulan.
Baca Juga  Ini Loh Usia Yang Cocok Mengenalkan Bayi Olahraga

Dengan kata lain, kedua jenis suntik KB diatas tadi bisa kita dapatkan di dokter kandungan, dokter umum, bidan, rumah sakit, dan puskesmas. Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan suntik KB, yang semoga saja bisa anda jadikan bahan pertimbangan.

Comments

comments