Ternak Kelinci Itu Mudah Dan Ini Caranya

0 99

Konsep ternak kelinci tidak terlalu berbeda dengan memelihara kelinci. Yang menjadi pembeda hanya jumlahnya saja. Memelihara identik dengan hobi dan mengisi waktu luang, berbeda dengan beternak. Ternak kelinci adalah salah satu usaha yang lumayan menguntungkan. Mengapa? Kelinci termasuk salah satu hewan peliharaan yang cukup terkenal dan banyak disenangi. Selain itu, daging kelinci bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi bagi yang menyukainya. Bagi Anda yang tertarik membuka usaha ternak kelinci, berikut adalah tips beternak kelinci.

Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula

Cara Ternak kelinci
Sumber Gambar : Pixabay.com

 

Diartikel sebelumnya mandirisaja.com sudah menjelaskan tentantang Berkenalan Dengan Kucing Chantilly ya tentu saja hewan ini sama lucunya dengan kelinci yang akan kita bahas yang berternaknya sekarang guys di simak yah.Cara Mudah Beternak Kelinci. Beternak kelinci memang gampang-gampang susah, apalagi bagi para pemula. Banyak hal yang harus disiapkan jika Anda ingin melakoninya. Mulai dari jumlah kelinci, pakan kelinci, kandang kelinci, obat-obatan, semua harus disediakan dalam jumlah yang cukup besar. Tak cukup itu saja, sebelum Anda memulai usaha ternak kelinci Anda, sebaiknya mencari informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang kelinci, bisa lewat internet ataupun buku panduan.

Hal sederhana yang bisa dilakukan misalnya mencoba memelihara beberapa ekor kelinci terlebih dahulu dan mengamatinya beberapa waktu. Karena beberapa jenis kelinci seperti kelinci hias memang perlu penanganan secara khusus baik ketika memeliharanya atau beternak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk ternak kelinci.

kandang kelinci
Sumber gambar: beternak.net

1. Kandang. Hal penting pertama yang harus dipersiapkan adalah tempat atau kandang kelinci. Usahakan kandang kelinci diletakkan di tempat yang tidak terlalu ramai, tenang, memiliki sirkulasi udara yang cukup bagus dan cukup sinar matahari. Usahakan kandang kelinci supaya tidak terkena hujan, karena kondisi kandang yang basah dan lembab memungkinkan banyak bakteri yang tumbuh dan berkembang sehingga kelinci berpotensi memiliki penyakit. Ukuran kandang yang dibuat dapat disesuaikan dengan jumlah kelinci yang akan dikembangbiakkan.

Related Posts
1 of 5
pakan kelinci
Sumber gambar : Hewan.id

2. Pakan kelinci. Hal penting berikutnya adalah mempersiapkan pakan kelinci. Biasanya, pakan yang diberikan pada kelinci tergantung dari para peternaknya. Ada yang memberi makan kelincinya hanya berupa pelet saja, ada juga yang memberi pakan pelet dengan dikombinasikan dengan sayur-sayuran. Pakan kelinci kemasan memang cukup mahal karena sangat bergizi dan berkualitas. Bila kelinci yang diternakkan adalah kelinci ras hias, sebaiknya berikanlah kualitas makanan yang terbaik karena hasilnya pun akan jauh lebih menguntungkan. Jika yang diternakkan adalah kelinci biasa atau pedaging, cukup kombinasikan pelet dengan sayur-sayuran. Pakan kelinci diberikan pada waktu pagi dan siang hari. Usahakan jangan mencampur pelet dengan sayuran ketika memberi makan di waktu yang sama.

memilih indukan kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

3. Indukan. Siapkan indukan kelinci yang akan dikembangbiakkan. Keberhasilan ternak kelinci tidak lepas dari peran indukannya. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya dengan matang supaya membuahkan hasil ternakan yang berkualitas. Usahakan memilih indukan dengan tepat dan jangan mudah tergiur harga murah. Indukan kelinci akan kawin jika memang ia sudah siap. Biasannya, perkawinan indukan kelinci dilakukan dengan cara menggabungkan satu indukan jantan dan satu betina, atau satu jantan dan tiga betina.

obat obatan kelinci
Sumber gambar : pixabay.com

4. Obat-obatan. Seperti layaknya manusia, kelinci pun juga bisa sakit. Oleh karena itu, siapkanlah obat-obatan yang tepat bagi kelinci saat sedang sakit. Jika kelinci sedang sakit, segera pisahkan dengan kelinci sehat lainnya supaya penyakit tidak menyebar.Tekun dan sabar. Jangan hanya memperlakukan hewan seperti “hewan” saja, namun perlakukanlah mereka dengan baik dan penuh perhatian. Karena cara Anda merawatnya akan berpengaruh pada kesehatannya.

Itulah beberapa tips ternak kelinci. Bagi Anda yang tertarik membudidayakannya, semoga informasi tersebut dapat membantu.Bagi pemula, ternak kelinci adalah hal yang gampang-gampang susah. Banyak hal perlu diperhatikan supaya budidaya kelinci yang dilakoni berjalan dengan lancar.jika artikel ini bermamfaat anda bisa share tulisan ini keteman-teman social media anda,Ditunggu informasi menarik lainnya yah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.